PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MEMBANTU KESULITAN BELAJAR ANAK SLOW LEARNER DI SMAN 3 BUKITTINGGI

Analita Nur Kamilah, Yeni Afrida, M Arif, Sri Hartati

Abstract


Salah satu peserta didik berkebutuhan khusus yaitu slow learner. Pendidikan di sekolah bagi peserta didik slow learner tentunya harus diberikan sesuai dengan kebutuhan peserta didik slow learner tesebut tanpa dibeda-bedakan dengan peserta didik normal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru bimbingan dan konseling dalam membantu kesulitan belajar anak slow learner di SMAN 3 Bukittinggi. Pendekatan penelitian ini yaitu kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara dan studi dokumentasi. Adapun yang menjadi informan utama yaitu 1 guru bimbingan dan konseling yang menangani kesulitan belajar slow learner, sedangkan informan kunci yaitu1 koordinator bimbingan dan konseling, dan informan tambahan yaitu 1 wali kelas yang siswanya teridentifikasi kesulitan belajar slow learner. Hasil penelitian menunjukkan beberapa peranan yang dilakukan guru bimbingan dan konseling dalam membantu kesulitan belajar siswa slow learner yaitu dengan melaksanakan identifikasi peserta didik, melaksanakan need assesmen siswa slow learner, merencanakan program bimbingan dan konseling, dan melaksanakan layanan bimbingan dan konseling dengan melaksanakan strategi layanan konseling individu, alih tangan kasus kepada guru mata pelajaran, kolaborasi dengan wali kelas, dan kolaborasi dengan orangtua. Hal ini menunjukkan bahwa guru bimbingan dan konseling berperan penting dalam membantu kesulitan belajar siswa slow learner.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Budiyanto. (2019). Merancang Identifikasi, Asesmen, Planing Matriks dan Layanan Kekhususan. Jakad Publishing.

Devanda, B., Suhaili, N., Mudjiran, & Nirwana, H. (2022). Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Melalui Konseling Individual. Jurnal Edukasi, 2(1), 48–54.

Hidayanti, I. (2019). Partisipasi Orang Tua Siswa Lamban Belajar (Slow Learner) Di Kelas II SD Negeri Margosari Pengasih Parents Participation of Slow Learner in Second Grade At SD Negeri Margosari Pengasih. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 1, 999.

Kartika, Y. D., & Siregar, A. (2023). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Brainstorming untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri pada Siswa Kelas X SMA di Kota Kisaran. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(2), 348-358.

Linuriya, E. (2022). Peran Guru BK dalam Mengoptimalkan Prestasi Akademik Anak Slow Learner di SMP N 13 Bayung Lencir. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 1349–1358.

Lisinus, R., & Sembiring, P. (2020). Pembinaan Anak Berkebutuhan Khusus (Sebuah Perspektif Bimbingan dan Konseling). Yayasan Kita Menulis.

Marh

eni, K. I. (2017). Art therapy bagi anak slow learner. Prosiding Temu Ilmiah Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 154–162.

Minsih. (2020). Pendidikan Inklusif Sekolah Dasar: Merangkul Perbedaan dalam Kebersamaan. Muhammadiyah University Press.

Mulyasa. (2021). Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar. Bumi Aksara.

Mutia Rafika Agustin, & Alfi Rahmi. (2023). Upaya Pengentasan Masalah Siswa Melalui Tindakan Alih Tangan Kasus di MTsN 5 Solok. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1(1), 87–96.

Mutmainah. (2017). Motivasi Belajar Siswa Slow Learner (Studi Kasus di Sekolah Dasar Negeri 4 Buana Sakti Lampung. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 3(1), 6–11.

Nurfatirah, S., Kamal, M., Afrinaldi, A., & Putra, D. P. (2022). Peranan Guru Bimbingan dan Konseling dalam Membina Interaksi Sosial Siswa di SMPN 1 Simpati Kabupaten Pasaman. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5).

Rahmawati, N. R., Izazi, S. Z., Muna, N., Ni’mah, U., & Fawzi, T. (2020). Bentuk Kolaborasi Guru Bimbingan dan Konseling dengan Guru Mata Pelajaran dalam Mengatasi Permasalahan Peserta Didik. Jurnal Al-Tazkiah, 9(2), 155–172.

Ratnawati, Muhajir, P., & Jaya, P. (2021). Studi Tentang Kesulitan Belajar Dan Penangananya Melalui Konseling Individu Pada Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan & Bimbingan Konseling, 2, 21–26.

Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan Dan Eksperimen. Deepublish.

Roosinda, F. W., Lestari, N. S., Utama, A. A. G. S., Anisah, H. U., Siahaan, A. L. S., Islamiati, S. H. D., Astiti, K. A., Hikmah, N., & Fasa, M. I. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Zahir Publishing.

Sari, N. (2016). Penyesuaian Diri Peserta Didik Slow Learner. STKIP PGRI Sumatera Barat.

Sepriana, K. F., & Yusri, F. (2023). Peran Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Mengatasi Siswa Yang Terlambat Di SMA N 1 Harau. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 3(1).

Septy Nurfadhilah, A. S. dan C. (2022). Analisis Assessment dalam Pendidikan Inklusi di SDIT Dauroh Assessment Analysis in Inclusive Education at SDIT Dauroh. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 2(07), 1116–1124.

Tohardi, A. (2019). Pengantar Metodologi Penelitian Sosial+Plus. Tanjungpura University Press.

Yanuswantoro, D. T. (2015). Peran Konselor Untuk Membantu Siswa Yang Mengalami Kesulitan Belajar Bahasa Inggris di SMPN 2 Wlingi Kabupaten Blitar. Jurnal Penelitian Pendidikan Bimbingan Konseling, 1–9.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v14i1.19706

Refbacks

  • There are currently no refbacks.