PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF KH. AHMAD DAHLAN

Jessika Wulandari, Arbaiyah Yusuf, Jihan Althof, Kikan Sandiyus Tantri

Abstract


Penelitian ini mengkaji pandangan KH . Ahmad Dahlan tentang pendidikan khususnya di Indonesia. Metode yang dugunakan pada penelitian ini mengunakan metode studi literatur. Artikel mengeksplorasi dampak positif penerapan teori pendidikan Beliau terhadap masyarakat umum dan penerapan Bangsa. Dahlan untuk membangun generasi yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga etis dan bertanggung jawab, dalam bentuk integrasi nilai-nilai keislaman dalam sistem pendidikan. Hasil dari artikel ini secara ringkas menyoroti perlunya pemahaman mendalam mengenai perspektif pendidikan dari KH. Ahmad Dahlan agar efektif mengelola reformasi pendidikan. Prinsip dan standar pendidikan yang diikuti subjek, yang mencakup aspek agama, moral, dan perilaku. Ahmad Dahlan menjelaskan, pendidikan adalah tentang pengembangan karakter dan spiritualitas serta transfer ilmu pengetahuan.  Melihat perlunya pemahaman mendalam mengenai perspektif pendidikan dari KH. Ahmad Dahlan agar efektif mengelola reformasi pendidikan. Penilitian ini berimplikasi pada penguatan peran pendidikan sebagai sarana pembangunan bangsa.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Abdul, Maman, Majid Binfas, Mohd Syukri, Yeoh Abdullah, Ahmad Munawar, and Ismail Abstrak. 2014. “Mohd Syukri Yeoh Abdullah & Ahmad Munawar Ismail 65.” International Journal of the Malay World and Civilisation (Iman) 2 (2): 65–80.

Arofah, Siti, and Maarif Jamu’in. 2015. “Gagasan Dasar Dan Pemikiran Pendidikan Islam K.H Ahmad Dahlan.” Tajdida: Jurnal Pemikiran Dan Gerakan Muhammadiyah 13 (2): 114–24. http://journals.ums.ac.id/index.php/tajdida/article/view/1889.

Asman, Wantini, and Betty Mauli Rosa Bustam. 2021. “Filosofi Pendidikan K.H. Ahmad Dahlan Dan Implikasinya Pada Epistemologi Pendidikan Islam Kontemporer.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 6 (2): 262–81. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(2).6119.

Bagianto, Agus, Wandy, and Zulkarnaen. 2020. “Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Pembangunan Ekonomi.” Jurnal Ilmiah Mea VOL4 NO 1 (1): 316–32. www.journal.stiemb.ac.id/index.php/mea/article/view/263.

Dahlan, Ahmad. 1923. “Kiai Haji Ahmad Dahlan (1868–1923),” 1923.

Helwig, Nathaniel E, Sungjin Hong, and Elizabeth T Hsiao-wecksler. n.d. “No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title.”

Hermawanti, Yuliana, and Yuliana Hermawanti. 2020. “KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MENURUT K.H. AHMAD DAHLAN Yuliana Hermawanti 1 Nisrokha 2” 2 (September).

Huda, Syamsul, and Dahani Kusumawati. 2019. “Muhammadiyah Sebagai Gerakan Pendidikan.” Tarlim : Jurnal Pendidikan Agama Islam 2 (2): 163. https://doi.org/10.32528/tarlim.v2i2.2607.

Ilma, Naufal. 2015. “Modal Utama Membangun Karakter Bangsa.” Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 3 (1): 82–87.

Kartono, Drajat Tri, and Hanif Nurcholis. 2016. “Konsep Dan Teori Pembangunan.” Pembangunan Masyarakat Desa Dan Kota IPEM4542/M: 23–24.

Mayarisa, Diyah. 2018. “Konsep Integrasi Pendidikan Islam Dalam Perspektif Pemikiran Kh. Ahmad Dahlan.” Fitra 2 (1): 41. http://jurnal.staitapaktuan.ac.id/index.php/fitra/article/view/24.

Mu’thi, Abdul, Abdul Munir Mulkhan, Djoko Marihandono, and Tim Museum Kebangkitan Nasional. 2015. K.H. Ahmad Dahlan (1868-1923). Museum Kebangkitan Nasional Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. Vol. 10.

Mukhtarom, Asrori. 2015. “Menelusuri Rekam Jejak Amal Dan Perjuangan Kh. Ahmad Dahlan.” Jurnal Dinamika UMT 1 (1): 1. https://doi.org/10.31000/dinamika.v1i1.485.

Nugroho. 2014. “Pengaruh Pendidikan Terhadap Pertumbuhan Ekonomi.” Media Ekonomi Dan Manajemen 29 (2): 195–202. http://jurnal.untagsmg.ac.id/index.php/fe/article/view/229.

Nurhadi, Rofiq. 2017. “Pendidikan Nasionalisme-Agamis Dalam Pandangan K.H. Ahmad Dahlan Dan K.H. Hasyim Asy’ari.” Cakrawala: Jurnal Studi Islam 12 (2): 121–32. https://doi.org/10.31603/cakrawala.v12i2.1716.

Perspektif, Dalam, and K H Ahmad Dahlan. 1921. “Jurnal_Humaniora_Vol_1_No_2_September_20” 1 (2): 99–108.

Prasetyo, Yudik. 2015. “Kesadaran Masyarakat Berolahraga Untuk Peningkatan Kesehatan Dan Pembangunan Nasional.” Medikora 11 (2): 219–28. https://doi.org/10.21831/medikora.v11i2.2819.

Roybah, Roybah, and Abdul Munib. 2022. “Konsep Pendidikan Islam Perspektif KH. Ahmad Dahlan Dan Relevansinya Dengan Era Global Pendidikan Di Indonesia.” Jurnal Pemikiran, Pendidikan Dan Penelitian Ke-Islaman 8 (1): 86–99. http://journal.uim.ac.id/index.php/ahsanamedia.

Rusydi. 2015. “Peran Muhammadiyah Konsep Pendidikan Dan Tokoh.” Tarbawi Vol. 1 (2): 139–48.

Setiawan, Deny. 2013. “Peran Pendidikan Karakter Dalam Mengembangkan Kecerdasan Moral.” Jurnal Pendidikan Karakter 4 (1): 53–63. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.1287.

Sujana, I Wayan Cong. 2019. “Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia.” Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar 4 (1): 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v13i2.18214

Refbacks

  • There are currently no refbacks.