ANALISIS KORELASI ANTARA SENSE OF SCHOOL BELONGING DENGAN MOTIVASI AKADEMIK SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS

Farzana Carisa R, Rahmah Hastuti

Abstract


Sekolah merupakan ruang bertumbuh untuk siswa, maka dari itu penting untuk menanamkan rasa kepemilikan terhadap sekolah yang disebut dengan sense of school belonging. Saat siswa mempunyai rasa memiliki terhadap sekolah, maka akan termotivasi secara akademik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara sense of school belonging dengan motivasi akademik siswa SMA. Penelitian ini berjumlah 285 partisipan yang merupakan siswa kelas X dan XI berusia 14 – 17 tahun. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Alat ukut yang digunakan di dalam penelitian ini adalah Psychological membership scale yang dikembangkan oleh Goodenow untuk mengukur sense of school belonging dan academic motivation scale yang dikembangkan oleh Vallerand untuk mengukur motivasi akademik. Hasil uji korelasi sperman menunjukan nilai r = 0.533 dan signifikasi p = 0.000 < 0.05. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara sense of school belonging dengan motivasi akademik siswa SMA.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Afifah, S., Pratiwi, Y. M., Hariyati, T., & Ali, M. (2020). Metodologi penelitian kuantitatif dan penerapan nya dalam penelitian. Education Journal, 2(2), 2. https://ojs.stai-ibnurusyd.ac.id/index.php/jpib/article/download/86/27

Akbar, Z., Sudrajat, A., & Nurafifah, F. F. (2021). The effect of academic motivation and information literature self-efficiency on student academic achievement. International Journal of Multicultural and Multireligious Undrestanding , 8(8), 423. https://ijmmu.com/index.php/ijmmu/article/view/2952

Benitez, K. (2022). Academic motivation level and attitude toward social students among public school secondary students in Zamboanga Sibugay Philippines. Paedagogia: Jurnal Pendidikan , 11(1), 22. http://jurnalpaedagogia.com/index.php/pdg/article/view/238

Blum, W. R., Nonnemaker, M. J., & McNeely, A. C. (2002). Promoting school connectedness:Evidence from the national longitudinal study of adolescent health. Journal of School Health, 72(4), 139. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/12029810/

Boer de, H., Bruinsma-Fokkens, M., Canrinus, T, E & Korpershoek, H. (2020). The relationship between school belonging and students motivational, social-emotional, behavioral, and academic outcomes in secondary education: a meta-analytic review. Reseacrh Papers In Educational, 35(6), 644. https://doi.org/10.1080/02671522.2019.1615116

Brodrick, V., Craig, H., Gokmen, A., Slaten, D. C., & Allen, A. (2021). The palgrave handbook of positive education (L. M. Wehmeyer & L. M. Kern, Eds.; 1st ed.). https://link.springer.com/book/10.1007/978-3-030-64537-3

Cahyadi, A., Aryono, M, M & Dani, A, R. (2021). Analisi hubungan antara gratitude dengan sense of school belonging pada mahasiswa karesidenan Madiun. Psikodimensia Kajian Ilmiah Psikologi. 20(1), 108. https://journal.unika.ac.id/index.php/psi/article/view/2922

Chaudhry M & Shabbir F. (2019). Exploring gender differences in academic motivation among adolescents. Integrative Journal of Conference Proccedings,2(1),5. https://www.researchgate.net/publication/346911362_Exploring_Gender_Differences_in_Academic_Motivation_among_Adole

Dağlı, E., & Kalkan, F. (2021). The Relationship Between School Climate, School Belonging and School Burnout in Secondary School students. International Journal of Contemporary Educational Research , 8(4), 62. https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1330671.pdf

Dewi, K, D & Lestari, N, L. (2020). Perbedaan sense of school belongingness ditinjau dari tahun Angkatan pada mahasiswa Universitas Negri Surabaya. Jurnal Penelitian Psikologi, 7(2), 54. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/33696

Dewi, K, D & Pramesty, M, A. ( 2020). Perbedaan sense of school belongingness ditinjau dari jenis kelamin pada mahasiswa Universitas Negri Surabaya. Jurnal Penelitian Psikologi, 7(2). 44. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/33695

Dou, S., Ma Lijun., Duan, P & Xu Ling. (2023). Professional identity and self-regulated learning: the mediating role of the intrinsic motivation and the moderating role of sense of school belonging. SageJournals, 13(2), 3. https://journals.sagepub.com/doi/10.1177/21582440231177034?icid=int.sj-full-text.similar-articles.8

Fauziah, M., Setyowati, A., & Ardini, M. F. (2020). Konseling kelompok eksistensial untuk meningkatkan Sense of School Belonging pada siswa SMK Se- Kota Yogyakarta. Indonesia Journal of Educational Cousenling , 4(2),

Fauziah, M & Setyowati, A. (2019). Profil tingkat sense of school belonging siswa SMK Negri Kota Yogyakarta. Journal of Innovative Counseling: Theory, Practice & Research. 3(1), 19. https://journal.umtas.ac.id/index.php/innovative_counseling/article/view/381

Karopit, N, A, K., Sari, P, M & Suryadi, D. (2023). School belongingness during COVID-19: study in private school students in Jakarta, International Journal of Application on Social Science and Humanities, 1(1),412.https://journal.untar.ac.id/index.php/ijassh/article/view/25823/15530

Koyuncuoğlu, Ö. (2021). An investigation of academic motivation and career decidedness among university students. International of Journal Research in Education and Science , 7(1), 127. https://doi.org/10.46328/ijres.1694

Lenaini, I. (2021). Teknik pengembalian sampel purposive dan snowball sampling. Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah , 6(1), 34–35. https://journal.ummat.ac.id/index.php/historis/article/view/4075

Rotty, J, N, V., Lumapow, R, H & Tintingon, Y, J. (2023). Problematika dan perubahan kebijakan pendidikan di Indonesia. Jurnal Educatio, 9(2), 799. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio/article/view/5088

Rondonowu, S, H, R., Sarimin, S, D., Sari, L, A., Irwandi & Maula, I. (2023). Pendidikan untuk pemrataan pembangunan: memperjuangkan hak semua anak. Journal on Education, 5(4), 13153. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/2316

Severiens, S., Veerman, Gert-Jan., Denessen, Eddie & Alink, K. (2023). Exploring the concept of school belonging: a study with expert ratings. Educational Psychology & Counseling , 10, 2. https://doi.org/10.1080/2331186X.2023.2235979

Subedi, R. K. (2022). Examining the psychological sense of school membership among the basic students. 4(2), 3. https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED622156.pdf

Suharti. (2021). Berhias menciptakan lingkungan sekolah sehat. Jurnal Pembelajaran Prospektif, 6(2), 76. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/lp3m/article/view/49563/75676590667

Suncaka, E. (2023). Meninjau permasalahan rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan. 2(3), 41. https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/fkip/article/view/765

Simiyu, C., Too J & Momayi, M. (2015). Effect of student’s age on academic motivation and academic performance among high school students in Kenya. Asian Journal of Education and e-learning, 3(5), 338-339. https://ajouronline.com/index.php/AJEEL/article/view/3130

Nieuwoudt, E. J., Willis, R., & Pedler, L. M. (2021). A sense of belonging at University : student retention, motivation and enjoyment. Journal of Furher and Higher Education , 8–9. https://www.tandfonline.com/doi/full/10.1080/0309877X.2021.1955844

Zagoto, L, F, S. & Laia, S. (2022). Hubungan kondisi lingkungan sekolah dengan aktivitas belajar siswa di SMP Negri 1 Onolalu. Jurnal Bimbingan Konseling, 2(2), 2 https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/Counseling/article/download/695/602




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v13i2.18198

Refbacks

  • There are currently no refbacks.