KORELASI ANTARA GRATITUDE DAN STUDENT ENGAGEMENT PADA SISWA SMA X YANG MENGGUNAKAN KURIKULUM MERDEKA

Prajwalita Kelly Guntara, Rahmah Hastuti

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya korelasi antara gratitude dan student engagement pada siswa SMA X yang melakukan pembelajaran dengan menggunakan kurikulum merdeka. Gratitude merupakan emosi positif yang ditunjukkan dengan perasaan berterima kasih atas segala sesuatu yang telah diberikan oleh orang lain. Sementara itu, student engagement merupakan partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran yang melibatkan keaktifan, emosi, motivasi, konsentrasi, serta strategi belajar. Student engagement diperlukan agar siswa dapat lebih aktif dalam melakukan kegiatan yang memerlukan keterlibatan siswa, seperti pelajaran Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang mulai diterapkan saat kurikulum merdeka. Penelitian ini dilakukan untuk melihat apakah terdapat korelasi positif antara gratitude dan student engagement pada siswa SMA X yang menggunakan kurikulum merdeka. Sampel pada penelitian ini merupakan siswa kelas 10 dan 11 dari SMA X yang menggunakan kurikulum merdeka. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan korelas Spearman yang menghasilkan nilai r(210) = 0.356 dan p = 0.000 < 0.05. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi positif dan signifikan antara gratitude dan student engagement pada siswa kelas 10 dan 11 SMA X. Semakin tinggi gratitude maka semakin tinggi tingkat student engagement.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Afifah, S., Pratiwi, Y. M., Hariyati, T., & Ali, M. (2020). Metodologi penelitian kuantitatif dan penerapan nya dalam penelitian. Education Journal, 2(2), 2. https://ojs.stai-ibnurusyd.ac.id/index.php/jpib/article/download/86/27

Bariyah, I. (2017). Keterlibatan siswa (student engagement) terhadap prestasi belajar. E-Societas: Jurnal Pendidikan Sosiologi, 6(1).

Emmons, R. A. & McCullough, M. E. (2004). The psychology of gratitude. New York: Oxford University Press.

Fikrie & Ariani, L. (2019). Keterlibatan siswa (student engagement) di sekolah sebagai salah sau upaya peningkatan keberhasilan siswa di sekolah. Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Banjarmasin.

Fredricks, J.A., Blumenfeld, P.C., & Paris, A.H. (2004). School engagement: Potential of the concept, state of the evidence. Review of Educational Research 74(1), 59-109. doi: 10.3102/00346543074001059

Fredricks J. A. & McColskey, W. (2012). The measurement of student engagement: a comparative anaylisis of various methods and student self-report instruments. Dalam Christenson, S. L., Reschly A. L., & Wylie C. (p. 763-782). Handbook of Research on Student Engagement.

Gibbs, R. & Poskitt, J. (2010). Student engagement in the middle years of schooling (years 7-10): a literature review. Ministry of Education.

Hikmah, M. (2020). Makna kurikulum dalam perspektif pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Pemikiran, 15(1), 458-463

Insani, F. D. (2019). Sejarah perkembangan kurikulum di Indonesia sejak awal kemerdekaan hingga saat ini. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 8(1), 43-64. https://doi.org/10.51226/assalam.v8i1.132

Jin, G. & Wang, Y. (2019). The influence of gratitude on learning engagement among adolescents: The multiple mediating effects of teachers' emotional support and students' basic psychological needs. Journal of Adolescence, 77, 21-31.

Junianto, M., Bashori, K., & Hidayah, N. (2021). Gambaran student engagement pada siswa SMA (studi kasus pada siswa MAN 1 Magelang). Jurnal Insight Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Jember, 17(1), 47-57. DOI: 10.32528/ins.v%vi%i.3615

King, R. B., Zhang, R., Wen, J., Xie, F., & Cai, Y. (2023). Gratitude is its own reward: how grateful students have better motivation and engagement. Educational Psychology, 43(4), 284-303, DOI: 10.1080/01443410.2023.2205069

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (n.d.). Kurikulum merdeka. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/kurikulum-merdeka/

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (n.d.). Latar belakang kurikulum merdeka. https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/6824331505561-Latar-Belakang-Kurikulum-Merdeka

Khoirurrijal, Fadriati, Sofia, Makrufi, A., Gandi, S., Muin. A., Tajeri., Fakhrudin A., Handani, & Suprapno. (2022). Pengembangan kurikulum merdeka. Literasi Nusantara.

Lenaini, I. (2021). Teknik pengembalian sampel purposive dan snowball sampling. Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah , 6(1), 34–35. https://journal.ummat.ac.id/index.php/historis/article/view/4075

Lam, S. F., Jimerson, S., & Wong, B. P. H. (2014). Understanding and measuring student engagement in school: the result of an international study from 12 countries. School Psychology Quarterly, 29(2), 213-232.

McCullough, M., Emmons, R., & Tsang, J. (2002). The grateful disposition: a conceptual and empirical topography. Journal of Personality and Social Psychology, 82(1).

Muda, I. A. (2022). Hubungan Gratitude dan Religiulitas Dengan Student Engagement Pada Siswa Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Muallimin Univa Medan. [Tesis Magister]. Universitas Medan Area.

Mustika, R. A. & Kusdiyati, S. (2015). Studi deskriptif student engagement pada siswa kelas XI IPS di SMA Pasundan 1 Bandung. Prosiding Psikologi, 244-251.

Pemerintah Pusat Indonesia. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Prabowo, A. (2017). Gratitude dan psychological wellbeing pada remaja. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 5(2), 260-270.

Rotkirch, A., Lyons, M., David-Barrett, T., & Jokela, M. (2014). Gratitude for help among adult friends and siblings. Evolutiontary Psychology, 12(4), 673-686. DOI: 10.1177/147470491401200401

Seligman, M. E. P. (2002). Authentic happiness: Using the new positive psychology to realize your potential for lasting fulfillment. The Free Press.

Watkins, P. (2014). What Are Grateful People Like? Characteristic of Grateful People. Dalam Gratitude and the Good Life (h. 73-100). Springer, Dordrecht. https://doi.org/10.1007/978-94-007-7253-3_5

Wilson, J. & Foster, R. (2018). The power, structure, and practice of gratitude in education: A demonstration of epistemology and empirical research working together. International Christian Community of Teachers Educators Journal, 13(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v13i2.18197

Refbacks

  • There are currently no refbacks.