Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Dampak Pernikahan Usia Dini Bagi Siswa Kelas X di SMA Negeri 7 Kota Jambi

rezika pratiwi, Rasimin Rasimin, Muhammad Zulfikar

Abstract


Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah mengembangkan media permainan ular tangga dampak pernikahan usia dini dan mengetahui kelayakan media permainan ular tangga. Metode penelitian yang digunakana dalam penelitian ini ialah research and development (R&D) dengan model pengembangan Borg and Gall yang disederhanakan oleh Akmal Sutja yang terdiri dari lima tahap yakni studi pendahuluan, pengembangan produk, validasi dan revisi, uji coba terbatas dan revisi, dan pembakuan dan publikasi. Dalam penelitian ini dibatasi pada tahap uji coba terbatas dan revisi produk. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 7 Kota Jambi. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 10 orang siswa perempuan. Teknik dan alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar penilaian validasi (ahli materi, ahli media, praktisi) dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian berdasarkan validasi ahli materi memperoleh persentase kelayakan 77% (layak), 83% (layak)  oleh ahli media, 93% (sangat layak) oleh praktisi/Guru BK dan hasil respon siswa memperoleh persentase 100% (sangat layak). Dengan demikian, artinya pengembangan media permainan ular tangga dampak pernikahan usia dini layak untuk diimplementasikan kepada siswa. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada guru Bimbingan dan Konseling agar media permainan ular tangga dampak pernikahan usia dini dapat diimplementasikan guna menunjang proses pemberian informasi kepada siswa .

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Badan Pusat Statistik. (2020). Pencegahan Perkawinan Anak. Jakarta: Badan Pusat Statistik

Haqiqi, A. (2017). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Untuk Layanan Bimbingan Dan Konseling Bagi Siswa Kelas Vii Developing of Snakes and Ladders Game As Media for Guidance and Counseling Services for Grade Vii Students. 3(6), 214–231.

Kementerian Pemberdaya Perempuan dan Perlindungan Anak.(2021). Profil Anak Indonesia 2021. Jakarta: Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan. (2016). Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Atas. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Miftah, M. (2013). Fungsi, Dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal Kwangsan, 1(2), 95. https://doi.org/10.31800/jkwangsan-jtp.v1n2.p95--105.

Nugraheni, N. (2017). Implementasi Permainan Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Cendekiawan, 3(1), 59–64. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v3i1.218.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian & Pengembangan. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sutja, A., & dkk. (2017). Penulisan Skripsi untuk Prodi Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta:Penerbit Wahana Resolusi.

Suyitno. (2018). Metode Penelitian Kualitatif:Konsep,Prinsip dan Operasionalnya. Tulungagung: Akademia Pustaka

Undang - Undang Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 1974 Pasal 1 Tentang Perkawinan.

Undang - Undang Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 1974 Pasal 6 Tentang Perkawinan.

Undang - Undang Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2019 Pasal 7 Tentang Perubahan Atas Undang - Undang Nomor 1 Tahun 1974 Tentang perkawinan.

Undang - Undang Republik Indonesia Pasal 28B Tahun 1945 Tentang Hak Warga Negara Indonesia.

Zaini, A., Dianto, M., Mulyani, Rila Rahma. (2020). Pentingnya Penggunaan Media Bimbingan dan Konseling dalam Layanan Informasi. http://conference.um.ac.id/index.php/bk/article/download/68/69




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v13i1.16973

Refbacks

  • There are currently no refbacks.