Hubungan Lingkungan Sosial Dengan Kepercayaan Diri Siswa di MAN 1 Kota Jambi

Badriani Saputri, Nelyahardi Gutji, Freddi Sarman

Abstract


Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara lingkungan sosial dengan kepercayaan diri siswa MAN 1 Kota Jambi. Anak remaja umumnya lebih banyak menghabiskan waktu dengan berinteraksi, bergaul, dan berkomunikasi di sekolah. Selain sebagai tempat menimba ilmu, sekolah juga menjadi tempat pendidikan karakter bagi siswa dengan menanamkan nilai-nilai karakter pada siswa salah satu nilai dalam membangun karakteristik kepribadian dan sikap baik adalah memiliki sikap percaya diri yang tinggi. Hal tersebutlah yang menjadi dasar untuk melakukan penelitian ini yaitu dengan mengungkap apakah terdapat Hubungan Positif yang  Berarti Antara Lingkungan Sosial Siswa di Sekolah dengan Kepercayaan Diri Siswa Kelas X MAN 1 Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 1 Kota Jambi dengan jumlah sampel 87 siswa, penarikan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa terdapat hubungan positif yang berarti antara lingkungan sosial siswa di sekolah dengan kepercayaan diri siswa kelas X MAN 1 Kota Jambi dibuktikan dengan analisis korelasi dan uji hipotesis yaitu nilai r hitung 0.560 > 0.1765 sehingga Hipotesis yang diajukan diterima. Dengan r hitung 0.560 tersebut ditafsirkan bahwa korelasi sedang (memadai).

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Agustin, Nella, Dkk. 2021. Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa. ed. Dkk Mardiati, Asih. Yogyakarta: UAD Press.

Atina, Vivin Zulfa. 2021. A Guide To Survive In Thr Corona Virus Pandemic And The Society 5.0 Era. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Brotoraharjo, Soeparno. 2012. Mindset Sukses, Penentu Pribadi Sukses. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Dalyono, M. 2015. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Deni, Ifdil. 2016. “Konsep Kepercayaan Diri Remaja Putri | Denich | Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia.” Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia 2: Vol 2-No 2. https://jurnal.iicet.org/index.php/j-edu/article/view/72.

Febrianto, Yoga. 2018. Berdamai Dengan Kebiasaan Buruk. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia.

Ghufron, M.Nur & Risnawati, Rini. 2012. Teori-Teori Psikologi. ed. Rose Kusumaningratri. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Iskandar, Adnan. 2017. Breaking Your Criminal Minds. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Jaenuddin, Ujam & Sahroni, Dadang. 2021. Paikologi Pendidikan “Pengantar Menuju Praktik.” Bandung: Lgood’s Publishing.

Kristina, Helen. Sarman, Freddi. Rasimin. 2023. “Hubungan Kepercayaan Diri Dengan Motivasi Belajar Instrinsik Siswa Di SMAN 6 Kota Jambi.” Jurnal Pendidikan Tambusai 7(1): 347–52. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/3300071.

Lauster, Peter. 2008. Tes Kepribadian. ed. D.H.Gulo. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Mintawati, Hesri. 2022. Cara Cepat Berbicara Efektif Dengan Metode IBC. Sumatera Barat: Insan Cendekia Mandiri.

Nugraheni, Hermien Dkk. 2018. Kesehatan Masyarakat Dalam Determinan Sosial Budaya. Yogyakarta: CV. Budi Utama Penerbit Deepublish.

Purnomo, Halim. 2019. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Lembaga Penelitian, Publikasi, dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Rahmatullah, Ibnu Husen, Dkk. 2022. Sekuntum Essay Pendidikan Dasar. Jawa Tengah: PT. Nasya Expandin Management.

Suhadi & Zein, Siti Mudrika. 2022. Path Analysis Faktor Dominan Penentu Rasa Percaya Diri Teori Dan Riset. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.

Sujanto, Agus Dkk. 2009. Psikologi Kepribadian. Jakarta: Bumi Aksara.

Sutja, Akmal, Dkk. 2017. Penulisan Skripsi Untuk Prodi Bimbingan Konseling. Yogyakarta: Penerbit Wahana Resolusi.

Tamara, Riana Monalisa. 2016. “Peranan Lingkungan Sosial Terhadap Pembentukan Sikap Peduli Lingkungan Peserta Didik Di Sma Negeri Kabupaten Cianjur.” Jurnal Geografi Gea 16(1): 44.

Wibisana, Nufi. 2019. Jurus Ampuh Menjadi Pribadi Berpengaruh, Dihormati, Dan Disegani Dalam Segala Situasi Tancapkan Pengaruh Anda Mulai Sekarang. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v13i1.16881

Refbacks

  • There are currently no refbacks.