KESEHATAN PSIKOLOGIS DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING

Dedy Kurniady, Rezki Hariko, Yeni Karneli

Abstract


Riset Kesehatan Dasar pada tahun 2018 menunjukkan lebih dari 19 juta penduduk yang berusia lebih dari 15 tahun mengalami gangguan mental secara emosional dan lebih dari 12 juta penduduk berusia lebih dari 15 tahun mengalami depresi. Tujuan penelitian ini adalah memberikan pemahaman akan pentingnya menjaga kesehatan psikologis untuk meningkatkan kompetensi kepribadian bagi guru bimbingan dan konseling. Metode penelitian yang digunakan ialah library research. Sebagaimana jika guru bimbingan dan konseling yang sehat secara psikologis maka ia akan mampu mengembangkan serta menampilkan kompetensi kepribadian terpuji seperti jujur, bertaqwa kepada tuhan yang maha esa, bekerja secara professional, cerdas, memiliki nilai dan norma serta moral yang baik.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Aminati, A. Y., & Purwoko, B. (2013). Studi kepustakaan mengenai landasan teori dan praktik konseling resolusi konflik interpersonal. Jurnal BK Unesa, 3(01), 222–235.

Aswadi, H. (2018). Kompetensi Kepribadian Guru Bimbingan Dan Konseling Di Smk Bm Apipsu Medan. Universitas Islam Negeri Sumatea Utara Medan.

Bukhori, B. (2006). Kesehatan mental mahasiswa ditinjau dari religiusitas dan kebermaknaan hidup. Psikologika: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 11(22), 93–106.

Fatmawijaya, H. A. (2015). Studi deskriptif kompetensi kepribadian konselor yang diharapkan siswa. Dalam Psikopedagogia, Universitas Ahmad Dahlan, 4(2).

Hamalik, O., Tohirin, U., & Mahmud, M. (2007). Bimbingan dan konseling di sekolah dan madrasah berbasis integrasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Hamid, I. N. (2018). Kepribadian Guru Bimbingan Dan Konseling Yang Ideal Bagi Siswa Sma Se Kecamatan Gombong. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 4(1), 83–98.

Hidayat, D. R. (2013). Bimbingan Konseling: Kesehatan Mental Di sekolah.

Hikmawati. (2010). Bimbingan Konseling. Raja Grafindo Persada.

Husna, F. (2018). Aliran Psikoanalisis Dalam Perspektif Islam. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 5(2), 99–112.

Idrus, A., & Saudagar, F. (2009). Pengembangan Profesionalisme Guru. Jakarta: Gaung Persada.

Jalaluddin, H. (2016). Psikologi Agama, Memahami Perilaku dengan Mengaplikasikan Prinsip-Prinsip Psikologi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Lestari, S. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling ٥ م ل ع ي م ل ا م ن سن ل ۡ ِ ل ق ل ٱ ِ ب م ل ع ي ِ ل َّ ٱ ِ ٱ م ل ع ٤ م. 4, 1349–1358.

Lumongga, D. R. N. (2014). Memahami dasar-dasar konseling dalam teori dan praktik. Kencana.

Massuhartono dan Mulyanti. (2018). Journal of Islamic Guidance and Counseling Terapi Religi Melalui Dzikir Pada Penderita Gangguan Jiwa. Journal of Islamic of Guidance and Counseling, 2, 201–214.

Purwaningrum, R. (2020). Kesejahteraan Psikologis Guru Bimbingan dan Konseling: Implikasi Self Care dalam Peningkatan Profesionalisme. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling Universitas Negeri Malang, 99–104.

Saputra, M. (2017). Persepsi Siswa terhadap Kompetensi Kepribadian Guru Bimbingan Konseling di SMP Negeri 18 Banda Aceh. UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Sari, M., & Asmendri, A. (2020). Penelitian kepustakaan (library research) dalam penelitian pendidikan IPA. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 6(1), 41–53.

Soedarmadji, H. (2012). Psikologi Konseling Edisi Revisi. Jakarta: Kencana Predanada Group.

Subandi, M. A. (2013). Psikologi agama dan kesehatan mental. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suhaimi, S. (2015). Gangguan Jiwa Dalam Perspektif Kesehatan Mental Islam. Jurnal Risalah, 26(4), 197–205. https://doi.org/10.24014/jdr.v26i4.1277

Sukardi, D. K., & Kusmawati, D. (2008). Proses bimbingan dan konseling di sekolah: untuk memperoleh angka kredit. Jakarta: Rineka Cipta.

Tarmizi. (2017). Konsep Manusia Dalam Psikologi Islam. AL-Irssyad: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 7(2).

Zed, M. (2008). Metode penelitian kepustakaan. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v13i1.15147

Refbacks

  • There are currently no refbacks.