Efektivitas Layanan Bimbingan Konseling Kelompok dengan Teknik Self-Regulation dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa
Abstract
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Akhwani, & Romdlon, M. A. (2021). Pendidikan Karakter Masa Pandemi Covid-19 di SD. Indonesian Journal of Primary Education. →Jurnal Online
Amira, R. D., & Muhid, A. (2020). Self Regulated Learning, Self-Esteem, Dukungan Sosial dan Flow Akademik. Indonesian Psychological Research. →Jurnal Online
Aprianti, C., & Abdi, S. (2021). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Positive Reinforcement Berbasis Online terhadap Peningkatan Minat Belajar Siswa pada Era Covid-19. Guidance:Jurnal Bimbingan dan Konseling. →Jurnal Online
Azhar, F. E., & Nurasyah. (2020). Implementasi Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Disiplin Mahasiswa BK. Jurnal Konseling Indonesia. →Jurnal Online
Aziza, F. N., & Yunus, M. (2021). Peran Orang Tua Dalam Membimbing Anak Pada Masa Study From Home Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Prosiding. →Jurnal Online
Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA Pada Pembelajaran Daring di Tengah Situasi Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Islam. →Jurnal Online
Carolina Mega, C., Ronconi, L., & De Beni, R. (2014). What Makes a Good Student? How Emotions, Self-Regulated Learning, and Motivation Contribute to Academic Achievement. Journal of Educational Psychology. →Jurnal Online
Efklides, A., Schwartz, B. L., & Brown, V. (2018). Motivation and affect in self-regulated learning: Does metacognition play a role? Handbook of self-regulation of learning and performance. →Jurnal Online
Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Journal. →Jurnal Online
Fatchurahman, M., Syarif, D. F., & Turohmi, S. (2018). Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Menggunakan Teknik Problem Solving dalam Menurunkan Perilaku Membolos Siswa. Indonesian Journal of Educational Counseling. →Jurnal Online
Fauziah, A., Rosnaningsih, A., & Azhar, S. (2017). Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Minat Belajar Siswa Kelas I SDN Poris Gaga 05 Kota Tangerang. Jurnal JPSD. →Jurnal Online
Handayani, H. (2019). Analisis Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Globalisasi Mata Pelajaran PKN Kelas IV SDN 4 Tapan Tahun Ajaran 2017/2018. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. →Jurnal Online
Izzatunnisa, L., Suryanda, A., Kholifah, A. S., Loka, C., Goesvita, P. I., Agatha, P. S., & Anggraeni, S. (2021). Motivasi Belajar Siswa Selama Pandemi dalam Proses Belajar dari Rumah. Jurnal Pendidikan. →Jurnal Online
Lilawati, A. (2021). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. →Jurnal Online
Listiyani, A. (2021). Layanan Bimbingan dan Konseling pada saat Pandemi Covid-19 di SMK Negeri 3 Pati. Jurnal Empati. →Jurnal Online
Muawanah, E. I., & Muhid, A. (2021). Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Selama Pandemi. JIBK Undiksha. →Jurnal Online
Ningtyas, A., & Wahyudi. (2020). Layanan Konseling Kelompok dalam Upaya Meningkatkan Percaya Diri Peserta Didik. IJoCE: Indonesian Journal of Counseling and Education. →Jurnal Online
Nurfaisal. (2021). Motivasi Belajar Siswa Selama Pandemi Covid-19 dalam Proses Belajar dari Rumah. JIMEA: Jurnal Ilmiah MEA (Manejemen, Ekonomi, dan Akuntansi). →Jurnal Online
Oyserman, D., Lewis Jr., N. A., Yan, V. X., Oliver, F., O'donnell, S. C., & Horowitz, E. (2017). An Identity-Based Motivation Framework for Self-Regulation. Routledge : Taylor & Francis. →Jurnal Online
Panadero, E. (2017). A Review of Self-regulated Learning: Six Models and Four Directions for Research. Frontiers in Psychology. →Jurnal Online
Pranoto, H., Atieka, N., Fajarwati, R., & Septora, R. (2018). Layanan bimbingan kelompok dengan teknik self-regulation untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Indonesian Journal of Educational Counseling. →Jurnal Online
Prawiratasari, I. (2020). Implementasi Pelakanaan Bimbingan dan Konseling di Masa Pandemi Covid-19 : A Literature Review. Jurnal Ilmu Komunikasi, Penyuluhan dan Bimbingan Masyarakat Islam, 123 - 130. →Jurnal Online
Puluhulawa, M., Djibran, M. R., & Pautina, M. R. (2017). Layanan Bimbingan Kelompok an Pengaruhnya terhadap Self-Esteem Siswa. Jurnal Ilmiah dalam Implementasi Kurikulum Bimbingan Konseling Berbasis KKNI. →Jurnal Online
Putro, H. E., Sugiyadi, & Pranoto, H. (2018). Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Layanan Bimbingan Konseling Kelompok dengan Teknik Self Regulated Learning. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia. →Jurnal Online
Sumantri, L., Rangka, I., & Fahmi, R. (2017). Role Play dalam Layanan Bimbngan Kelompok untuk Membina Self-Efficacy Siswa. Insight : Jurnal Bimbingan dan Konseling. →Jurnal Online
Teng, L. S., & Zhang, L. J. (2017). Effects of motivational regulation strategies on writing performance: a mediation model of self-regulated learning of writing in English as a second/foreign language. Metacognition Learning : Springer. →Jurnal Online
Usher, E. L., & Schunk, D. H. (2018). Social cognitive theoretical perspective of self-regulation. Handbook of self-regulation of learning and performance. →Jurnal Online
Winata, I. K. (2021). Konsentrasi dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran Online Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Komunikasi Pendidikan. →Jurnal Online
Yasdar, M., & Muliyadi. (2018). Penerapan Teknik Regulasi Diri (self-regulation) untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling STKIP Muhammadiyah Enrekang. Edumaspul: Jurnal Pendidikan. →Jurnal Online
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v12i1.12195
Refbacks
- There are currently no refbacks.