Efektivitas Layanan Bimbingan Konseling Kelompok dengan Teknik Self-Regulation dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Hanun Qothrunnada Mudiantoro, Abdul Muhid

Abstract


Masa pandemi Covid-19 seperti PSBB dan PPKM memunculkan banyak perubahan pada sektor pendidikan, seperti kegiatan belajar-mengajar hingga layanan bimbingan sekolah dilaksanakan secara virtual. Kebijakan untuk sekolah dari rumah membuat siswa harus beradaptasi dengan situasi dan suasana baru. Ketidakmampuan siswa dalam beradaptasi menimbulkan problem akademik dan kesehatan mental, seperti stress dan menurunnya motivasi belajar siswa. Banyaknya problematika yang muncul selama pandemi ini menjadi tantangan baru bagi guru-guru layanan bimbingan dan konseling sekolah, salah satunya yakni menggunakan bimbingan konseling kelompok dengan teknik self-regulation demi meningkatkan motivasi belajar siswa. Riset ini memiliki tujuan guna melihat efektivitas layanan bimbingan konseling kelompok dengan teknik self-regulation demi meningkatkan motivasi belajar siswa, melalui metode kualitatif literature review. Hasil literature review menunjukkan bahwa layanan bimbingan konseling kelompok dengan teknik self-regulation  terbukti efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Akhwani, & Romdlon, M. A. (2021). Pendidikan Karakter Masa Pandemi Covid-19 di SD. Indonesian Journal of Primary Education. →Jurnal Online

Amira, R. D., & Muhid, A. (2020). Self Regulated Learning, Self-Esteem, Dukungan Sosial dan Flow Akademik. Indonesian Psychological Research. →Jurnal Online

Aprianti, C., & Abdi, S. (2021). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Positive Reinforcement Berbasis Online terhadap Peningkatan Minat Belajar Siswa pada Era Covid-19. Guidance:Jurnal Bimbingan dan Konseling. →Jurnal Online

Azhar, F. E., & Nurasyah. (2020). Implementasi Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Disiplin Mahasiswa BK. Jurnal Konseling Indonesia. →Jurnal Online

Aziza, F. N., & Yunus, M. (2021). Peran Orang Tua Dalam Membimbing Anak Pada Masa Study From Home Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Prosiding. →Jurnal Online

Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA Pada Pembelajaran Daring di Tengah Situasi Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Islam. →Jurnal Online

Carolina Mega, C., Ronconi, L., & De Beni, R. (2014). What Makes a Good Student? How Emotions, Self-Regulated Learning, and Motivation Contribute to Academic Achievement. Journal of Educational Psychology. →Jurnal Online

Efklides, A., Schwartz, B. L., & Brown, V. (2018). Motivation and affect in self-regulated learning: Does metacognition play a role? Handbook of self-regulation of learning and performance. →Jurnal Online

Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Journal. →Jurnal Online

Fatchurahman, M., Syarif, D. F., & Turohmi, S. (2018). Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Menggunakan Teknik Problem Solving dalam Menurunkan Perilaku Membolos Siswa. Indonesian Journal of Educational Counseling. →Jurnal Online

Fauziah, A., Rosnaningsih, A., & Azhar, S. (2017). Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Minat Belajar Siswa Kelas I SDN Poris Gaga 05 Kota Tangerang. Jurnal JPSD. →Jurnal Online

Handayani, H. (2019). Analisis Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Globalisasi Mata Pelajaran PKN Kelas IV SDN 4 Tapan Tahun Ajaran 2017/2018. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. →Jurnal Online

Izzatunnisa, L., Suryanda, A., Kholifah, A. S., Loka, C., Goesvita, P. I., Agatha, P. S., & Anggraeni, S. (2021). Motivasi Belajar Siswa Selama Pandemi dalam Proses Belajar dari Rumah. Jurnal Pendidikan. →Jurnal Online

Lilawati, A. (2021). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. →Jurnal Online

Listiyani, A. (2021). Layanan Bimbingan dan Konseling pada saat Pandemi Covid-19 di SMK Negeri 3 Pati. Jurnal Empati. →Jurnal Online

Muawanah, E. I., & Muhid, A. (2021). Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Selama Pandemi. JIBK Undiksha. →Jurnal Online

Ningtyas, A., & Wahyudi. (2020). Layanan Konseling Kelompok dalam Upaya Meningkatkan Percaya Diri Peserta Didik. IJoCE: Indonesian Journal of Counseling and Education. →Jurnal Online

Nurfaisal. (2021). Motivasi Belajar Siswa Selama Pandemi Covid-19 dalam Proses Belajar dari Rumah. JIMEA: Jurnal Ilmiah MEA (Manejemen, Ekonomi, dan Akuntansi). →Jurnal Online

Oyserman, D., Lewis Jr., N. A., Yan, V. X., Oliver, F., O'donnell, S. C., & Horowitz, E. (2017). An Identity-Based Motivation Framework for Self-Regulation. Routledge : Taylor & Francis. →Jurnal Online

Panadero, E. (2017). A Review of Self-regulated Learning: Six Models and Four Directions for Research. Frontiers in Psychology. →Jurnal Online

Pranoto, H., Atieka, N., Fajarwati, R., & Septora, R. (2018). Layanan bimbingan kelompok dengan teknik self-regulation untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Indonesian Journal of Educational Counseling. →Jurnal Online

Prawiratasari, I. (2020). Implementasi Pelakanaan Bimbingan dan Konseling di Masa Pandemi Covid-19 : A Literature Review. Jurnal Ilmu Komunikasi, Penyuluhan dan Bimbingan Masyarakat Islam, 123 - 130. →Jurnal Online

Puluhulawa, M., Djibran, M. R., & Pautina, M. R. (2017). Layanan Bimbingan Kelompok an Pengaruhnya terhadap Self-Esteem Siswa. Jurnal Ilmiah dalam Implementasi Kurikulum Bimbingan Konseling Berbasis KKNI. →Jurnal Online

Putro, H. E., Sugiyadi, & Pranoto, H. (2018). Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Layanan Bimbingan Konseling Kelompok dengan Teknik Self Regulated Learning. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia. →Jurnal Online

Sumantri, L., Rangka, I., & Fahmi, R. (2017). Role Play dalam Layanan Bimbngan Kelompok untuk Membina Self-Efficacy Siswa. Insight : Jurnal Bimbingan dan Konseling. →Jurnal Online

Teng, L. S., & Zhang, L. J. (2017). Effects of motivational regulation strategies on writing performance: a mediation model of self-regulated learning of writing in English as a second/foreign language. Metacognition Learning : Springer. →Jurnal Online

Usher, E. L., & Schunk, D. H. (2018). Social cognitive theoretical perspective of self-regulation. Handbook of self-regulation of learning and performance. →Jurnal Online

Winata, I. K. (2021). Konsentrasi dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran Online Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Komunikasi Pendidikan. →Jurnal Online

Yasdar, M., & Muliyadi. (2018). Penerapan Teknik Regulasi Diri (self-regulation) untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling STKIP Muhammadiyah Enrekang. Edumaspul: Jurnal Pendidikan. →Jurnal Online




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v12i1.12195

Refbacks

  • There are currently no refbacks.