Pola Asuh Orang Tua Dalam Meningkatkan Minat Belajar Anak Pada Pembelajaran Online Masa Pandemi Covid-19 Kecamatan Merbau Kabupaten Labura

Zulkifli Tanjung

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). Cara orang tua meningkatkan minat belajar anak pada pembelajaran online masa pandemi Covid-19 di  Kecamatan Merbau Kabupaten Labura. 2). Apa media yang digunakan anak dalam melaksanakan pembelajaran online pada masa pandemi Covid-19 di Kecamatan Merbau Kabupaten Labura. 3). Cara orang tua menyusun keberhasilan dalam meningkatkan minat belajar anak pada pembelajaran online masa pandemi Covid-19 di  Kecamatan Merbau Kabupaten Labura. 4). Faktor yang mempengaruhi minat belajar anak dalam pembelajaran online pada masa Pandemi Covid-19 di  Kecamatan Merbau Kabupaten Labura. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu masyarakat  Kecamatan Merbau Kabupaten Labura khususnya pada 6 orang tua dan 6 anak. Instrumen penelitian diantaranya yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil yang di dapat peneliti mengenai cara orang tua meningkatkan minat belajar anak yaitu dengan menjadi pengganti guru dirumah, membimbing, mengarahkan dan memantau anak, terdapat juga orang tua yang membentuk kelompok belajar kecil agar suasana belajar seperti berada di sekolah. Media yang digunakan berupa media pembelajaran online seperti Whatsapp, Zoom, Google Classroom,dan E-Learning. Para orang tua menyusun keberhasilan dalam meningkatkan minat belajar anak dengan menanamkan sikap cinta belajar pada anak, membagi waktu belajar, memberikan nasihat, motivasi dan memberikan perhatian penuh. Adapun faktor yang mempengaruhi minat belajar anak yaitu faktor pendukung dan faktor penghambat belajar anak


Full Text:

PDF

References


Abdul Hafiz, Hasni Noor. (2016). Pendidikan Anak Dalam Perspektif Islam. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 1 (1), 188.

Adawiah, R. (2017). Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Anak : Studi Pada Masyarakat Dayak di Kecamatan Holong Kabupaten Balangan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7 (1), 34.

Apritia, C. K. (2015). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar Muhamadiyah Jogokariyan Yogyakarta. Jurnal Keluarga, 1 (2), 83.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

Arisanti, D. (2018). Pengaruh Media Internet Terhadap Minat Belajar Siswa Muslim di SMP Kota Pekan Baru. Jurnal At-Thariqah, 3 (2), 32.

Arnesi, N. (2015). Penggunaan Media Pembelajaran Online-Offline dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Teknlogi Informasi & Komunikasi dalam Pendidikan, 2 (1), 3.

Ayun, Q. (2017). Pola Asuh Orang Tua dan Metode Pengasuhan Dalam Membentuk Kepribadian Anak . Jurnal Thufulla, 5 (1), 115.

Ayuni, Y. R. (2019). Konsep Pola Asuh Orang Tua dalam Perspektif Islam Terhadap Tumbuh Kembang Anak dalam Keluarga. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4 (1), 56.

Bungin Bungin. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif : Aktualisasi Metodologis ke Arah Ragam Varian Kontemporer. Jakarta : PT. Rajawali Pers.

Cahyati, N. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran di Rumah Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Golden Age, 4 (1), 153.

Departemen Agama Republik Indonesia. Al-Qur'an Dan Terjemahannya, Toha Putra: Semarang. (2016)

Djunaidi Ghony, Fauzan Almanashur. (2012). Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta : Ar-Ruz Media.

Emilia, D. (2019). Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Anak di Sekolah Dasar 64 Bengkulu Selatan Desa Suka Nanti Kecamatan Kedurang.

Emzir. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Fuad Ikhsan. (2011). Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta : Rineka Cipta.

Jhonson, S. S. (2018). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserts Didik di SD Negeri Saribi. Jurnal Edu Mat Sains, 2 (2), 203.

Lestari, E. (2018). Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Anak di MIS Ikhwanul Muslimin Tumbang Desa Bandar Klippa Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang.

M. Sadirman A. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : CV Rajawali.

Marliana. (2017). Penguatan Peran Ibu dalam Pendidikan Anak. Jurnal Islam Al-I'tibar, 2 (2), 36.

Mekarisce, A. A. (2020). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data Pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat, 12 (3), 150.

Moleong, L. J. (2013). Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Mutmainah. (2012). Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Pribadi Anak yang Androgynius Melalui Kegiatan Bermain. Jurnal Pendidikan Anak, 1 (1), 116.

Nika Cahyati, Rita Kusumah. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran di Rumah Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Golden Age, 4 (1), 154.

Nisa, A. (2015). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2 (1), 5.

Pratiwi, N. K. (2015). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMK Kesehatan di Kota Tanggerang. Jurnal Pujangga, 1 (3), 14.

Putu Audina Sukma Cintya Dewi. (2020). Pola Asuh Orang Tua Pada Anak di Masa Pandemi Covid-19. Husnul Khotimah, 4 (1), 2434.

Ra'ufuatun, I. (2015). Pengaruh Perhatian Orang Tua, Kedisiplinan dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS, 9 (3), 1269.

Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif. Jurnal Alhadharah, 17 (33), 11.

Abu Bakar, Rosdiana. (2012). Pendidikan Suatu Pengantar. Bandung : Citapustaka Media.

Safitri, L. K. (2020). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Minat Belajar Anak Pada Pembelajaran Online di SD Negeri 5 Metro Pusat.

Sagala, S. (2015). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.

Sarwono, J. (2006). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta : Graga Ilmu.

Slameto. (2015). Belajar & Faktof-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta : Rineka Cipta.

Sugiono. (2013). Metode Penelitiian Managemen. Bandung : Alfabeta.

Umar, M. (2015). Peranan Orang Tua Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Anak . Jurnal Ilmiah Edukasi, 1 (1), 25.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v11i2.11154

Refbacks

  • There are currently no refbacks.