Pengaruh Metode Quantum Learning Terhadap Hasil Pembelajaran Ipa Di Sd Negeri 3 Kutacane
Abstract
Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran quantum learning pada mata pelajaran IPA terhadap hasil belajar siswa di SD Negeri 3 Kutacane. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif metode eksperimen dengan desain quasi eksperimen (eksperimen semu). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 3 Kutacane yang berjumlah 29 orang. Desain penelitian yang digunakan adalah intact-group comparison. Berdasarkan teknik tersebut, dipilih satu kelompok sebagai kelas eskperimen (dengan menggunakan model quantum learning) dan satu kelompok sebagai kelas kontrol (dengan menggunakan model pembelajaran konvensional, ceramah). Adapun analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji-test.
Temuan penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan metode pembelajaran quantum learning terhadap hasil belajar IPA materi siklus air di SD Negeri 3 Kutacane. Hasil belajar IPA siswa kelas eksperimen memiliki rata-rata lebih tinggi dengan nilai 81,43 dibandingkan dengan kelas kontrol dengan nilai 50,00. Terdapat pengaruh yang signifikan Metode pembelajaran quantum learning terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan menggunakan uji-t dengan diperolehnya nilai signifikansi lebih besar dari 0,05 yaitu 0,402 > 0,05. Yang menyatakan diterimanya Ha dan ditolaknya HO. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran quantum learning berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dikelas V SD Negeri 3 Kutacane.
Full Text:
PDFReferences
Ardie, Romli. (2020). Meretas Kampus Masa Depan Gemilang. Banten: Desanta Muliavisitama.
Arifprabowo, Tri dan Musfiqon. (2018). Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.
Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Arsyi Mirdanda. (2018). Motivasi Berprestasi & Disiplin Peserta Didik. Kalimantan Barat: Yudha English Galery.
Asy’ari, Muslichach. (2006). Penerapan Pendekatan Sains-Teknologi-Masyarakat Dalam Pembelajaran Sains Di Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan.
Darmawati, Guru Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Negeri 3 Kutacane..
DePorter, Bobbi dan Hernacki. (1999). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan Terjemahan Alwiyah Abdurrahman. Bandung: Kaifa.
Efendi, Albert Pohan. (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Jawa Tengah: Sarnu Untung.
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia. Hermawan, Iwan. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan. Hidayatul Quran Kuningan: Kuningan.
Hisbullah dan Nurhayati. (2018). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Disekolah. Sulawesi Selatan: Aksara Timur.
Ilya, M Ismail. (2020). Asesemen dan Evaluasi Pembelajaran. Makassar: Cendekia Publisher.
Ismail, M Makki dan Aflahah. (2019). Konsep Dasar Belajar Dan Pembelajaran. Jawa Timur: Duta Media Publishing.
Lokaria, Eka dan Nopa Nopiyanti. (2018). Peningkatan Hasil Belajar IPA Dengan Menerapkan Model Quantum Learning Siswa SMPN O Mangunharjo. Jurnal Perspektif Pendidikan Vol 12 No 1.
M, Srini Iskandar. (1996). Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.
Marwiyah, dkk. (2018). Rencana Pembelajaran Kontemporer Berbasis Penerapan Kurikulum 2013. Yogyakarta: Perdana Publishing.
Mudikawaty, Meity dkk. (2018). Super Complete Kelas 4, 5, 6 SD/MI, Depok: Magenta Media.
Offrstson, Topic. (2014). AKtivitas Pembelajaran Matematikan Melalui Inkuiri Berbantuan Software Cinderella. Yogyakarta.
Pane, Aprida dan Muhamad Darwis Dasopang. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman Vol. 03, No. 2.
Sagala, Syaiful. (2010). Konsep dan Mankna Pembelajaran. Bandung: Alfabet. Salim & Haidir. (2019). Penelitian Pendidikan. Kencana: Jakarta.
Sanjaya, Wina. (2015). Penelitian PendidikanJenis, Metode dan Prosedur. Kencana: Jakarta.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Metode). Bandung: Alfabeta.
Sulaiman, Momo. (2018). Buku Ringkasan Materi dan Latihan BRILIAN Ilmu Pengetahuan Alam. Bandung: Grafindo Media Praatama.
Suprijono, Ague. (2011). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem.Yogykarta: Pustaka Belajar.
Suryani & Hendryadi. (2016.) Metode Riset Kuantitatif. Kencana: Jakarta. Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar.Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Syafaruddin dkk. (2019). Guru, Mari Kita Menulis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yogyakarta: Budi Utama.
Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan pembelajaran. (2017). Kurikulum dan Pembelajaran. Depok: RajaGrafindo Persada.
Tobari. (2015). Evaluasi Soal-Soal Penerimaan Pegawai Baru Dilengkapi dengan Hasil Penelitiannya. Yogyakarta: Deepublish.
Umi, Cristiana. (2016). Cepat Kuasai IPA SD/MI Kelas IV, V, VI. Jakarta: Grasindo.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional & Undang-Undang No 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. (2008). Jakarta: VisiMedia.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. (2008). Jakarta: Vicimedia.
Wawancara Pribadi Pada Survey Awal. Kutacane: Selasa 23 Februari 2021
Wedyawati, Nelly dan Yasinta Lisa. (2019). Pembelajaran IPA Disekolah Dasar.Yogyakarta: Deepublish.
Wijaya, Hengki. (2018). Analisis Data Kualitatif Ilmu Pendidikan Teologi.Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.
Wiratna, V Sujarweni. (2014). SPSS untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Zahran, Ma’ruf. (2019). Quantum Learning: Spesipikasi, Prinsip, Dan Faktor Yang Mempengaruhinya dalam JournalOf Researrch And Thought Of Islamic Education Vol 2, Nomor 2 (halaman 141-157). Kaliman Barat : Institut Agama Islam Negeri Pontianak.
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v11i2.11073
Refbacks
- There are currently no refbacks.