GAMBARAN PROFESIONALISME GURU BK DALAM PEMBERIAN LAYANAN BIMBINGAN KONSELING

Ade Chita Putri Harahap, Dinda Permatasari Harahap

Abstract


Tujuan penelitian ini yakni untuk melihat gambaran profesionalisme guru BK dalam memberikan pelayanan bimbingan dan konseling. Populasi dalam penelitian ini adalah guru BK di 17 sekolah di Kota Medan sebanyak 34 orang guru BK. Teknik pengambilan sampling menggunakan total sampling. Metode analisis menggunakan analisis kuantitatif deskriptif, Hasil penelitian menunjukkan bahwa profesionalisme guru BK berada pada kategori sedang (X̄=65,5). Indikator paling tinggi terlihat pada aspek memiliki kesadaran dan komitmen terhadap etika professional, sedangkan aspek paling rendah terdapat pada komponen menguasai konsep dan praksis assesmen untuk memahami kondisi, kebutuhan dan masalah konseli. Lima indicator lain berada pada kategori sedang yakni, menguasai kerangka teoritik dan praksis bimbingan dan konseling, merancang program bimbingan dan konseling, mengimplementasikan program bimbingan dan konseling, memiliki kesadaran dan komitmen terhadap etika professional dan menguasai konsep dan praksis penelitian dalam bimbingan dan konseling.


Full Text:

PDF

References


Nurmaulidya, A, dkk. 2021. Pengetahuan Konselor Dalam Etika Profesionalisme Pada Konseling Setting Komunitas. Jurnal Edukasi Jurnal Bimbingan Konseling. 07 (01)

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2008 tentang Standar kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor (Online).

Sukrihatiningrum, J. 2013. Guru Profesional Pedoman Kinerja Kualitas dan Kompetensi Guru. Jogjakarta: Arruz Media.

Tarmizi.. 2018. Profesionalisasi Profesi Konselor Berwawasan Islami. Medan: Perdana Publishing




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v11i2.10669

Refbacks

  • There are currently no refbacks.