Pengaruh Tingkat Kecerdasan Spiritual Siswa Terhadap Kedisiplinan Shalat Fardhu di MTs Al-Washliyah Tanjung Pasir
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat kecerdasan spritual siswa terhadap kedisiplinan siswa terhadap Sholat Fardhu di MTs Al-Washliyah Tanjung Pasir. Jenis penelitian kuantitatif, metode yang digunakan adalah metode deskriptif ko relasional, desain penelitian ada 4 yaitu persiapan, pengumpulan data, pengolahan data, penyelesaian. Sampel penelitian adalah siswa/siswi kelas X MTs Al-Washliyah Tanjung Pasir. Waktu penelitian terhitung 2 bulan dari bulan september- Oktober. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh tingkat kecerdasan spritual siswa terhadap kedisiplinan sholat fardhu pada siswa di MTs Al-Washliyah Tanjung Pasir dengan hasil hipotesis (5,697) ≥ (1,684) sehingga signifikan. Sementara analisis varian diketahui (32,528) ≥ (4,06) maka signifikan.
Full Text:
PDFReferences
Agustian, Ary Ginanjar, 2001. Rahasia Sukses Memabangkitkan ESQ Power Sebuah Iner Journey Melalui Al-Ihsan, Jakarta: Arga.
Agustian, 2001. Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosional dan Spiritual ESQ Berdasarkan 6 Rukun Iman dan 5 Rukun Islam, Jakarta: Arga.
Al-Qurthubi, Syaikh Ahmad, 1993. Tafsir Al-Qurthubi, Jakarta: Pustaka Azzam.
Anshari, Hanafi, 1995. Kamus Psikologi, Surabaya: Usaha Kanisius.
Arikunto, Suharsimi, 2010. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.
Ar-Rumi Nahd Abdurrahman, 1994. Pemahaman Shalat dalam Al-Qur’an, Bandung: Sinar Baru Algesindo.
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v11i2.10571
Refbacks
- There are currently no refbacks.