Nafkah Dalam Perspektif Qawa'id Fiqhiyyah
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Anjar Nugroho. (2023). Pengaruh Pemikiran Islam Revolusioner Ali Syari ’ Ati. Jurnal Muhammadiyah Purwokerto, 15(2), 190–206.
Zuhaili, Wahbah. Al-Fiqh al-Islami wa Adillatuhu, Vol. 5. Damaskus: Dar al-Fikr, 2003. 3878
Bahri, S. (2015). Konsep Nafkah dalam Hukum Islam. Kanun Jurnal Ilmu Hukum, 17(2), 382.
Bukhārī, Muḥammad ibn Ismāʿīl. Ṣaḥīḥ al-Bukhārī, vol. 9 (Beirut: Dār Ibn Kathīr, 1987), 89.
Dasopang, N. S. (2024). Keseimbangan antara tanggung jawab keluarga dan karir wanita dalam membentuk keluarga sakinah mawaddah warahmah menurut teori gender dan hukum islam. 3(1), 100–112.
Departemen Agama RI. 2005. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Jakarta: Lajnah
Pentashihan Mushaf Al-Qur’an.
Dr. H. A. Kumedi Ja’far, S.Ag., M. H. (2020). HUKUM KELUARGA ISLAM DI INDONESIA. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1). http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Ernawati. (2015). Kewajiban Anak Memberi Nafkah Kepada Orang Tua Menurut Hukum Islam. Kewajiban Anak Memberi Nafkah Kepada Orang Tua Menurut Hukum Islam Forum Ilmiah, 12, h.16-22.
Fāris, Ahmad Ibn. Muʿjam Maqāyīs al-Lughah, Vol. 5 (Beirut: Dār al-Fikr), 188.
Fauzan, Shalih bin Fauzan. Al-Mulakhkhas al-Fiqhi, Vol. 1 (Riyadh: Maktabah al-Ma‘arif, 2004), 107–110.
Hardini, F. D., Faudina, R. I., & Salsabila, A. (2024). Tantangan Implementasi Hukum Islam Di Era Digital. Tashdiq: Jurnal Kajian Agama Dan Dakwah, 4(3), 51–60. https://doi.org/10.4236/tashdiq.v4i3.3727
Jaṣṣāṣ, Abū Bakr Aḥmad ibn ʿAlī al-Rāzī. Aḥkām al-Qur’ān, vol. 2 (Beirut: Dār Iḥyāʾ al-Turāth al-ʿArabī, n.d.), 69.
Karim, A., Marluwi, M., & Ardiansyah, A. (2022). Implementasi Pemenuhan Nafkah Terhadap Keluarga Para Pengajar Pondok Pesantren Darul Khairat Perspektif Kompilasi Hukum Islam. Al-Usroh, 2(1), 304–320. https://doi.org/10.24260/al-usroh.v2i1.668
Kāsānī, ʿAlāʾ al-Dīn Abū Bakr ibn Masʿūd. Badā’iʿ al-Ṣanā’iʿ fī Tartīb al-Sharā’iʿ, vol. 4 (Beirut: Dār al-Kutub al-ʿIlmiyyah, n.d.), 18-19.
--------, ʿAlāʾ al-Dīn Abū Bakr ibn Masʿūd. Badā’iʿ al-Ṣanā’iʿ fī Tartīb al-Sharā’iʿ, vol. 4 (Beirut: Dār al-Kutub al-ʿIlmiyyah, n.d.), 23.
--------, ʿAlāʾ al-Dīn Abū Bakr ibn Masʿūd. Badā’iʿ al-Ṣanā’iʿ fī Tartīb al-Sharā’iʿ, vol. 4 (Beirut: Dār al-Kutub al-ʿIlmiyyah, n.d.),24.
Khoerunnisa, A., Arif, S., & Mukri, S. G. (2022). ANALISIS PUTUSAN HAKIM TENTANG PEMBEBANAN NAFKAH DALAM PERKARA CERAI GUGAT (Studi Pada Putusan Perkara Nomor: 1128/Pdt.G/2021/Pa.Bgr). 5(2), 103–134.
M.Afandi. (2021). Nafkah produktif Perspektif Maqasid Al-Syariah. Al-Manhaj: Journal Indonesian Islamic Family Law. 3(1), 40–53.
Marghīnānī, ʿAlī ibn Abī Bakr. al-Hidāyah fī Sharḥ Bidāyat al-Mubtadī, vol. 2 (Beirut: Dār al-Fikr, n.d.), 286.
Muhajir. (2022). KONSEP KAFĀ’AH DAN NAFKAH DALAM HUKUM KELUARGA DI SYRIA. 4, 1–23.
Mustofa, M. B. (2021). HUKUM NAFKAH TERHADAP KELUARGA PADA GERAKAN TRANSNASIONAL KEAGAMAAN. 7, 1–23.
Nabil Birry, K., & Nahidloh, S. (2024). Analisis Hukum Islam dan Hukum Positif Tentang Pemenuhan Nafkah Non Materi Pada Keluarga Tenaga Kerja Indonesia. Jurnal Hukum Islam, 10(1), 2548–5903.
Nasir, M., Rizki, A., & Anzaikhan, M. (2022). Pembaharuan Hukum Keluarga Islam Kontemporer. TAQNIN: Jurnal Syariah Dan Hukum, 4(02), 226–241. https://doi.org/10.30821/taqnin.v4i02.12137
Nawawi, Yahya bin Sharaf. al-Majmu’ Syarh al-Muhadzdzab (Beirut: Dar al-Fikr, 2001).182
Ngainun Naim. (2021). Pendekatan Interdisipliner dalam Studi Hukum Islam Perspektif M. Atho Mudzhar. 6(1), 41–56.
Nur Aziz, S., & Anwar, M. (2022). Istri Pencari Nafkah Perspektif Hukum Islam. Jurnal Syariah Dan Hukum Islam, 1(1), 1–23.
Pambudi, D. (2023). Tinjauan Khusus Nafkah Anak Terhadap Orangtua ( Tinjauan Aspek Hukum Positif dan Komparatif Hukum Islam ). 3, 37–44.
Qudamah, Ibn. Al-Mughni. Juz 8. Kairo: Maktabah al-Qahirah, 1968, 242–243.
Qushayrī, Muslim ibn al-Ḥajjāj. Ṣaḥīḥ Muslim, Kitāb al-Zakāh, no. 995, (Beirut: Dār Iḥyāʾ al-Turāth al-ʿArabī, n.d.).692.
Sarakhsī, Muḥammad ibn Aḥmad. al-Mabsūṭ, vol. 5 (Beirut: Dār al-Maʿrifah, 1993), 190.
Siddiq, A. (2022). Pemikiran Fikih Sosial Kh. Sahal Mahfudh Dan Dan Kh. Ali Yafie Tentang Relasi Mayoritas-Minoritas Di Indonesia. Al-Mazaahib: Jurnal Perbandingan Hukum, 2(2). https://doi.org/10.14421/al-mazaahib.v2i2.2857
Suhaili, A. (2025). INTEGRASI MAQĀṢID AL-SYARĪ‘AH DALAM PRAKTIK PERADILAN AGAMA DI INDONESIA: STUDI ALTERNATIF PENYELESAIAN SENGKETA KELUARGA. 06.
Syakur, A., Yuswadi, H., Sunarko, B. S., & Wahyudi, E. (2018). Tata Kelola Wakaf dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat di Kabupaten Jember. AL-IHKAM: Jurnal Hukum & Pranata Sosial, 13(1), 73. https://doi.org/10.19105/al-ihkam.v13i1.1187
Zakaria, S. (2020). Nafkah dan Ketimpangan Gender (Analisis Nafkah dalam Kompilasi Hukum Islam). Ijtihad, 36(2), 51–66.
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/jhki.v2i1.24905
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEXED BY
This work is licensed under Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International