Pengenalan Konsep Moderasi Beragama di Desa Garunggang dalam Membangun Sikap Toleransi Diantara Umat Beragama
Abstract
Sebagai negara multikultural, penerapan konsep moderasi beragama sangat dibutuhkan dalam kehidupan bermasyarakat. Moderasi beragama sangat perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari mengingat keberagaman agama yang ada di Indonesia. Penerapan moderasi beragama dalam kehidupan juga dapat mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, diantaranya adalah mencegah masuknya paham radikalisme dan liberalisme dalam tatanan sosial. Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk menggambarkan bagaimana mahasiswa KKN 111 UINSU mengenalkan konsep moderasi beragama di desa Garunggang, Kabupaten Langkat. Pendekatan dalam penulisan artikel adalah dengan menggunakan pendekatan kualitatif dimana sumber data berasal dari observasi dan wawancara lapangan serta studi pustaka. Adapun beberapa kegiatan yang dilakukan untuk mengenalkan serta mengimplementasikan konsep moderasi beragama pada masyarakat desa Garunggang adalah; pertama, mengenalkan konsep moderasi beragama pada peserta didik melalui seminar; kedua, mengajarkan konsep moderasi beragama dalam wirid Ibu-ibu yang dilakukan setiap jumat sore; ketiga, mengajar ngaji yang dilakukan setiap hari sehabis magrib; keempat, nonton Bersama film yang berkaitan dengan moderasi beragama, dan lain sebagainya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).
Anggriawan, K. (2024). THE PRECEPTS OF INDONESIAN UNITY AS MATERIAL FOR REFLECTION ON IMPLEMENTING HUMAN RIGHTS VALUES. Cakrawala: Journal of Citizenship Teaching and Learning, 2(1), 21–29.
Arsana, D. H. A. I. W. (2023). Implementasi Moderasi Beragama pada Masyarakat Desa Balonggarut Kecamatan Krembung Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Magister Hukum PERSPEKTIF, 14(1), 48–59.
Awaliyah, F., & Arif, M. (2024). THE POSITION OF THE AL-QUR’AN AND HADITH AS A BASIS FOR EDUCATION. SYAHADAT: Journal of Islamic Studies, 1(2), 40–45.
Aziz, A. A., Masykhur, A., Anam, A. K., Muhtarom, A., Masudi, I., & Duryat, M. (2019). Implementasi Moderasi Beragama Dalam Pendidika Islam.
Aziz, T. A. (2024). THE ROLE OF PANCASILA AS THE NATION’S IDEOLOGY IN DEVELOPING EDUCATION IN FAVOR OF STUDENTS. Cakrawala: Journal of Citizenship Teaching and Learning, 2(1), 40–46.
Aziz, T. A., & Handayani, A. F. (2024). Learning Readiness Profile of 10th Grade SMK Students in Civic Education with Social-Emotional Worksheets. Cakrawala: Journal of Citizenship Teaching and Learning, 2(1), 1–7.
Dalimunthe, M. A., Syam, A. M., Suhendar, A., & Al-Mujtahid, N. M. (2024). Deconstructing Islamic Cyberculture: Mitigating Inferiority and Cancel Culture in Virtual Space. OPINI: Journal of Communication and Social Science, 1(2), 12–26.
Dodego, S. H. A., & Witro, D. (2020). The Islamic moderation and the prevention of radicalism and religious extremism in Indonesia: Moderasi Islam sebagai solusi menangkal gerakan radikalisme dan ekstrimisme agama di Indonesia. Dialog, 43(2), 199–208.
Ginting, L. D. C. U., Nasution, V. A., Suhendar, A., Nasution, A. R., & Ramadhan, A. R. (2023). Women in the Public Sphere: Gender Equality in Islamic Theology.
Hefni, W. (2020). Moderasi beragama dalam ruang digital: Studi pengarusutamaan moderasi beragama di perguruan tinggi keagamaan Islam negeri. Jurnal Bimas Islam, 13(1), 1–22.
Hidayatulloh, T., & Saumantri, T. (2023). The Harmony of Islam and Pancasila in Religious Discourse in Indonesia. Jurnal Studi Sosial Keagamaan Syekh Nurjati, 3(1), 1–25.
Kholil, S., Ismail, I., Dalimunthe, M. A., Suhendar, A., & Rambe, R. F. A. K. (2024). Strengthening Religious Moderation through PTKIN and SIT Collaboration to Build Social Harmony. JIPI (Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi), 9(2), 228–236.
Ma’arif, S. (2020). Sekolah Harmoni Restorasi Pendidikan Moderasi Pesantren. Semarang: CV. Pilar Nusantara.
Mahyuddin032, M. (2020). Peran Strategis IAIN Ambon dan IAKN Ambon Dalam Merawat Toleransi Sosial dan Moderasi Beragama di Ambon Maluku. KURIOSITAS: Media Komunikasi Sosial Dan Keagamaan, 13(1), 103–124.
Maimun, N., & Mohammad Kosim, K. (2019). Moderasi Islam di Indonesia. LKiS.
Massoweang, A. K. (2020). Merajut moderasi beragama dari tradisi pesantren. Pusaka, 8, 211–226.
Miftah, Z., & Ni’mah, R. (2023). Moderasi Beragama di Kawasan Pedesaan. CENDEKIA, 15(01), 14–29.
Nashohah, I. (2021). Internalisasi Nilai Moderasi Beragama melalui Pendidikan Penguatan Karakter dalam Masyarakat Heterogen. Prosiding Nasional, 4, 127–146.
Noerafifah, D. W., & Chusni, M. M. (2024). RELEVANCE OF PHILOSOPHY OF EDUCATION AS A SYSTEM AND ITS RELATIONSHIP WITH PHILOSOPHY AND ISLAM IN FORMING NATIONAL CHARACTER. SYAHADAT: Journal of Islamic Studies, 1(1), 1–6.
Pratiwi, P. S., Seytawati, M. P., Hidayatullah, A. F., Ismail, I., & Tafsir, T. (2021). Moderasi Beragama dan Media Sosial (Studi Analisis Konten Instagram & Tik-Tok). Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 6(1), 83–94.
Purbajati, H. I. (2020). Peran Guru Dalam Membangun Moderasi Beragama di Sekolah. FALASIFA: Jurnal Studi Keislaman, 11(2), 182–194.
Qasim, M. (2020). Membangun Moderasi Beragama Umat Melalui Integrasi Keilmuan. Alauddin University Press.
Qomar, M. (2021). Moderasi Islam Indonesia. IRCiSoD.
Ritonga, R. H. (2024). THE APPLICATION OF DIFFERENTIATED LEARNING IN IMPROVING STUDENTS’LEARNING ACTIVENESS AND CREATIVITY. Cakrawala: Journal of Citizenship Teaching and Learning, 2(1), 31–39.
Rukajat, A. (2018). Pendekatan penelitian kuantitatif: quantitative research approach. Deepublish.
Suhendar, A., Halimi, M., Taufika, R., Batubara, T., & Rawanoko, E. S. (2024). Fostering environmental responsibility among students: Collaborative strategies between village heads and school principals. Education, Environmental and Society Research, 1(1), 33–45.
Suhendar, A., Ridayani, Azis, D., Mohd Yusoff, M. Z., & Rini Utami, A. (2024). Optimizing citizenship education for ecological awareness: Analysis of the effectiveness of the lihat sampah ambil (LISA) program in environmental conservation. Journal of Professional Learning and Sustainable Education, 1(1), 17–26. https://doi.org/10.62568/jplse.v1i1.50
Suhendar, A., Syam, A. M., & Ritonga, A. R. (2023). Efektivitas Instagram Sebagai Ruang Motivasi Hijrah Mahasiswa IAIN Lhokseumawe. KomunikA, 19(02), 12–20.
Suhendar, A., Taufika, R., Rachmatsyah, R., Yusuf, R., Fajri, I., Mohd Yusoff, M. Z., & Adawiah, R. (2023). Eco-literacy and sustainable citizenship: The role of the school environment in shaping responsible environmental behavior. Sekumpul: Journal of Multidisciplinary Education Sciences, 1(1), 12–19. https://doi.org/10.62568/jomes.v1i1.13
Susanti, P. D., Wibowo, M., & ... (2019). The effectiveness of acceptance and commitment therapy counseling and mindfulness-based cognitive counseling to reduce school burnout. Jurnal Bimbingan …. https://journal.unnes.ac.id/sju/jubk/article/view/34352
Susanti, S. (2022). Moderasi Beragama Dalam Masyarakat Multikultural. TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 6(2), 168–182.
Syam, A. M., Dalimunthe, M. A., Suhendar, A., & Rambe, R. F. A. K. (2024). Islamic Philosophy: A Comparative Perspective Between Ibnu Khaldun And Karl Marx. SYAHADAT: Journal of Islamic Studies, 1(2), 55–72.
Wiratama, G. P. (2024). APPLICATION OF THE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) COOPERATIVE LEARNING MODEL IN IMPROVING CIVICS LEARNING RESULTS. Cakrawala: Journal of Citizenship Teaching and Learning, 2(1), 8–20.
Zainuri, M. F. A. (2019). Moderasi Beragama di Indonesia. Intizar, 25(2), 95–101.
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/adzkia.v5i2.22243
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Abdi Mas Adzkia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Abdi Maz Adzkia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.