Implementasi Pembelajaran Matematika Dan Ipa (MIPA) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Atas Dengan Pengendalian Motivasi Belajar Di Sdn 096125 Tobasari

Tri Suci Handayani, Muhammad Putra Dinata Saragih

Abstract


Pendidikan merupakan hal terpenting dalam kehidupan setiap orang sehingga dalam pendidikan memerlukan dasar nilai-nilai ideal yang dapat menjadi sumber kebenaran dan kekuatan yang dapat mengantarkan pada apa yang dicita-citakan. Kurangnya motivasi belajar siswa di sekolah tersebut dikarenakan biaya ataupun sarana prasarana yang masih minim untuk menunjang proses pembelajaran. Melihat situasi ini salah satu alternatif yang dapat dilakukan untuk meningkatkan motivasi siswa adalah dengan mengadakan kegiatan lomba cerdas cermat (LCC). Metode pelaksanaan kegiatan ini adalah melibatkan siswa SD kelas atas yaitu kelas 4 SD, 5 SD dan 6 SD untuk melakukan kegiatan lomba cerdas cermat (LCC). Kegiatan LCC ini dilaksanakan bertujuan untuk menarik motivasi belajar siswa pada kemampuan berhitung dan mempelajari tentang alam sekitar beserta isinya. Tiap kelas mengirimkan 9(sembilan) siswa untuk mewakilkan tiap kelas nya.


Keywords


Cerdas Cermat, Pendidikan dan Siswa

Full Text:

PDF

References


Andhika, M. R. (2021). Peran Orang Tua Sebagai Sumber Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini. At-Ta’Dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 13(1), 73. https://doi.org/10.47498/tadib.v13i01.466

Elyani, O., Vidayanti, M. P., Rahmadani, D., Riyani, Putri, R. D., & Nugroho, P. B. (2022). 済無No Title No Title No Title. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 7(1), 14–15.

Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93–97. http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/1084/660

Hamim, A. H., Muhidin, M., & Ruswandi, U. (2022). Pengertian, Landasan, Tujuan dan Kedudukan PAI Dalam Sistem Pendidikan Nasional. Jurnal Dirosah Islamiyah, 4(2), 220–231. https://doi.org/10.47467/jdi.v4i2.899

Hasan, M., Nasution, N., Sofyan, S., Guampe, F. A., & ... (2023). Pendidikan Dan Sumber Daya Manusia: Menggagas Peran Pendidikan Dalam Membentuk Modal Manusia. In Penerbit Tahta …. http://tahtamedia.co.id/index.php/issj/article/view/322

Pradina, N. R., Reka Pradina, N., Insan, ;, Azyfah, E., Yuliningsih, ;, & Kurniawati, W. (2024). Analisis Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Pada Materi Sistem Tata Surya di Sekolah Dasar. Jurnal Matematika Dan Ilmu Pengelatuan Alam, 2(1), 270–283. https://doi.org/10.59581/konstanta.v2i1.2409

Prasasti, D., Awalina, F. M., & Hasana, U. U. (2020). PERMASALAHAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 3 SEMESTER 1. 2, 45–53.

Putra, D. J., & Putra, B. M. (2019). Penyelenggaraan Lomba Cerdas Cermat Guna Meningkatkan Motivasi Dalam Belajar Siswa Kelas Iv Dan Kelas V Sdn Ngumbul 1 Tahun Pelajaran 2018/ 2019. J-S-E: Journal of Social Empowerment, 4(1), 482–486.

Putra, P. D. J. dan B. M. (2019). 2) 1) 2). 04(April).

Rikawati, K., & Sitinjak, D. (2020). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa dengan Penggunaan Metode Ceramah Interaktif. Journal of Educational Chemistry (JEC), 2(2), 40. https://doi.org/10.21580/jec.2020.2.2.6059

Sa’idah, N., & Anwar, A. (2024). Rumpun Ilmu Agama/Humaniora dalam Perspektif Islam dan Barat. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(3), 2398–2403. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.3675

Saragih, E. M., Harahap, D. A., Ginting, D., Asahan, U., & Inggris, B. (2020). MELALUI CERDAS CERMAT. 2(1).

Syaifuddin, M. (2017). Implementasi Pembelajaran Tematik di Kelas 2 SD Negeri Demangan Yogyakarta. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 2(2), 139. https://doi.org/10.24042/tadris.v2i2.2142

Zulfikar, M. F., & Dewi, D. A. (2021). Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Membangun Karakter Bangsa. JURNAL PEKAN : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(1), 104–115. https://doi.org/10.31932/jpk.v6i1.1171




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/adzkia.v5i2.17520

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Abdi Mas Adzkia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

Creative Commons License

Jurnal Abdi Maz Adzkia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.