Meningkatkan Nilai Religius Pada Anak-Anak Melalui Kegiatan Keagamaan Di Pondok Tahfiz Qur’an Pinta Saroha Desa Binanga

Fikrah Khairani Siregar, Putri Fadilah Hasibuan, Fatma Zuhro Gaja, Nea Andriani, Ahmad Suryadi, Mara Samin

Abstract


Pendidikan agama Islam mempunyai tujuan  untuk  membentuk serta meningkatkan iman, penghayatan serta mengamalkan seluruh syariat yang diperintahkan dan dilarang dalam agama Islam, sehingga akan menciptakan  seorang  islam yang bertaqwa serta beriman kepada Allah SWT dan berakhlakul mulia dalam kehidupan pribadi masyarakat. Salah satu TPQ yang terdapat di desa Binanga ialah Pondok Tahfiz Qur’an Pinta Saroha. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk menanamkan, meningkatkan serta memperdalam pemahaman  nilai - nilai keagamaan tersebut terdiri dari keimananan, ibadah serta akhlak pada anak Pondok Tahfiz Qur’an Pinta Saroha. Pelaksanaan pengabdian tersebut dilakukan berjumlah 26 mahasiswa peserta KKN Kelompok 157 UINSU Tahun 2023 yang diantaranya terdiri dari  4 orang mahasiswa dari Fakultas Dakwah dan Komunikasi dan 1 mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama Islam. Hasil pengabdian ini berupa mengajarkan Tahsin Al-Qur’an,pembinaa,sholat, pelatihan pidato, melatih mengumandangkan adzan, pembinaan fardhu kifayah dan memberikan tips dan trik menghal Al-Qur’an.

Keywords


Anak-Anak, Kegiatan Keagamaan, Nilai Religius dan Pendidikan Agama

Full Text:

Untitled PDF

References


Abdurrahman, A. (2018). Upaya Meningkatkan Perkembangan Nilai Agama

dan Moral Melalui Metode Keteladanan pada Anak Usia Dini. Jurnal

Penelitian Keislaman, 14(2), 101–107.

https://doi.org/10.20414/jpk.v14i2.698

Astuti, H. K. (2022). Penanaman Nilai-nilai Ibadah di Madrasah Ibtidaiyah

dalam Membentuk Karakter Religius. Mumtaz, 1(2), 62–70.

Dr. H. Zuchri Abdussamad, S.I.K., M. S. (2021). metode penelitian kualitatif.

Frastica, A., Sari, M., & Elfiadi, E. (2021). Peningkatan Kemampuan Praktik

Ibadah Shalat Melalui Metode Demonstrasi pada Anak Usia 4-5 Tahun

di SBB Al-Hikmah Aceh Utara. Seulanga : Jurnal Pendidikan Anak, 2(2),

–109. https://doi.org/10.47766/seulanga.v2i2.173

Hakim, L. (2012). Internalisasi Nilai-nilai Agama Islam dalam Pembentukan

Sikap dan Perilaku Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Muttaqin

Kota Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 10(1), 67–77.

Mufidah, N., & Nurfadilah, N. (2021). Menanamkan Nilai Agama Pada

Anak Usia Dini Di Keluarga Arab. Jurnal Anak Usia Dini Holistik

Integratif (AUDHI), 2(2), 58. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v2i2.581

Syahrum, S. (2012). METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF.pdf.

Umar, M. (2019). Urgensi Nilai-Nilai Religius Dalam Kehidupan

Masyarakat Heterogen Di Indonesia. Jurnal Civic Education: Media Kajian

Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(1), 71.

https://doi.org/10.36412/ce.v3i1.909

Wati, D. C., & Arif, D. B. (2017). Penanaman Nilai-nilai Religius di Sekolah

Dasar untuk Penguatan Jiwa Profetik Siswa. November.

Widodo, W. (2022). Peningkatan nilai religius dan aplikasinya melalui

program tahfidz al- qur’an di pondok pesantren tahfidz al- qur’an

ahmad dahlan siman ponorogo. Skripsi IAIN Ponorogo, 11.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/adzkia.v5i2.17516

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Abdi Mas Adzkia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

Creative Commons License

Jurnal Abdi Maz Adzkia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.