Pola Asuh Orang Tua dalam Membentuk Karakter Religius Anak di Dusun 3 Desa Dogang

Sri Rahayu, Natasya Husna, Adila Umniati Aufa, Albaiyah Albaiyah, Hikmal Akbar, Reni Agustina Hrp

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi jenis dan implementasi pola asuh orang tua dalam membentuk karakter religius anak, serta menggambarkan karakter religius anak yang mengalami pola asuh tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian adalah seorang ibu berinisial SA yang tinggal di Dusun 3 Desa Dogang. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pola asuh yang diterapkan oleh orang tua adalah Pola Asuh Demokratis, di mana anak diberikan kebebasan dalam pengambilan keputusan terkait ibadah dan aktivitas religius. Orang tua juga memberikan pengajaran agama dan contoh positif. Hasil dari pola asuh tersebut adalah anak menunjukkan karakter religius yang ditandai dengan ketaatan dalam beribadah, perilaku jujur, dan kecenderungan untuk berbagi. Penelitian ini memberikan wawasan tentang bagaimana pola asuh orang tua dapat membentuk karakter religius anak dan mengilustrasikan pentingnya peran orang tua dalam membentuk nilai-nilai agama dan moral pada generasi muda. 
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi jenis dan implementasi pola asuh orang tua dalam membentuk karakter religius anak, serta menggambarkan karakter religius anak yang mengalami pola asuh tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian adalah seorang ibu berinisial SA yang tinggal di Dusun 3 Desa Dogang. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pola asuh yang diterapkan oleh orang tua adalah Pola Asuh Demokratis, di mana anak diberikan kebebasan dalam pengambilan keputusan terkait ibadah dan aktivitas religius. Orang tua juga memberikan pengajaran agama dan contoh positif. Hasil dari pola asuh tersebut adalah anak menunjukkan karakter religius yang ditandai dengan ketaatan dalam beribadah, perilaku jujur, dan kecenderungan untuk berbagi. Penelitian ini memberikan wawasan tentang bagaimana pola asuh orang tua dapat membentuk karakter religius anak dan mengilustrasikan pentingnya peran orang tua dalam membentuk nilai-nilai agama dan moral pada generasi muda

Keywords


Pola asuh orang tua, Pola asuh demokratis, karakter religius anak

Full Text:

PDF

References


Ali, M., Prasetiya, B., & Halili, H. R. (2021). Pengaruh Pola Asuh Dan Motivasi Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Religius Anak Mi Miftahul Jannah. AL-QALAM: Jurnal Kajian Islam & Pendidikan, 13(20–29).

Aslan, A. (2019). Peran pola asuh orangtua di era digital. Jurnal Studia Insania, 7(1), 20–34.

Devi, D. A. (2020). Toleransi beragama. Alprin.

Nasihatun, S. (2019). Pendidikan karakter dalam perspektif islam dan strategi implementasinya. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan, 7(2), 321–336.

Nurfitri, T. (2021). Pola Asuh Demokratis Dalam Menumbuhkan Kemandirian Anak. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 7(1), 31–36.

Putra, I. A., Darmawan, C., & Syam, S. (2018). Pola asuh Otoriter-Demokratis Dalam Menanamkan Pendidikan Anti Korupsi. Sosietas, 8(1).

Rahmat, S. T. (2018). Pola asuh yang efektif untuk mendidik anak di era digital. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 10(2), 143–161.

Rahmawati, N. R., Oktaviani, V. D., Wati, D. E., Nursaniah, S. S. J., Anggraeni, E., & Firmansyah, M. I. (2021). Karakter religius dalam berbagai sudut pandang dan implikasinya terhadap model pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 10(4), 535–550.

Sari, O. R., & Handayani, T. (2022). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Religius Anak Sekolah Dasar Islam Terpadu. JCP: Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4).




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/adzkia.v4i1.17397

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Abdi Mas Adzkia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

Creative Commons License

Jurnal Abdi Maz Adzkia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.