Efektifitas Teknik Logoanalisis Dalam Membentuk Pribadi Unggul di Masa Pandemi Covid-19

Sri Ngayomi Yuda Wastuti, Jamila Jamila, Lahmuddin Lahmuddin

Abstract


Tujuan artikel ini adalah untuk memberikan informasi tentang peran teknik Logoanalisis dalam pelayanan bimbingan dan konseling yang digunakan guru Bimbingan dan Konseling dalam menghadapi situasi krisis pada masa pandemi dan wabah covid-19 untuk membentuk kepribadian siswa menjadi pribadi unggul siap dan sigap dalam menjaga dan melindungi diri baik secara kesehatan fisik maupun psikologis dalam menghadapi pandemi ini. Pelayanan Bimbingan dan Konseling dengan teknik Logoanalisis lebih menekankan pada memiliki kajian yang berfokus pada praktikal teknik konseling melalui upaya memperluas kesadaran diri (expanding conscious awareness) dan merangsang imajinasi kreatif (stimulating creative imagination). Metode pelaksanaan penelitian ini adalah dengan tindakan secara langsung melalui metode eksperimen dengan memanfaatkan program pengabdian masyarakat yang menjadi program unggulan yang secara rutin dilakukan oleh Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara dan pada artikel ini akan dijelaskan hasil program pengembangan kemuhammadiyahan yang bermitra dengan SMP Muhammadiyah 21 Serbelawan dan SMA Muhammadiyah 07 Serbelawan

Keywords


Guru BK; Logoanalisis; Pribadi; Unggul; Pandemi

Full Text:

PDF

References


Awalya, dkk. (2016). Bimbingan dan Konseling. Semarang: UNNES Press.

Alwisol. (2014). Psikologi Kepribadian (Revisi). Malang: UMM Press.

Barlow, D. H. (2002). Anxiety and Its Disorders The Nature and Treatment of Anxiety and

Panic (2 ed.). New York: The Guilford Press.

Bertens, K. 2006. Filsafat Barat Kontemporer Prancis. Jakarta: Gramedia.

Corey, G. (2012). Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy (9 ed.). Canada: Brooks Cole.

Dister, Nico Syukur. Filsafat Kebebasan. Yogyakarta: Kanisius.

Hadiwijono, Harun. (1980). Sari Sejarah Filsafat Barat 2. Yogyakarta: Kanisius.

Kierkegaard, Sören Aabye (Johannes De Silentio), (1983), Fear and Trembling, Terj. Howard V. Hong dan Edna H. Hong, Princeton University Press: Princeton

Palmer, Donald, D. (2003). Sartre Untuk Pemula. Yogyakarta: Kanisius.

Nietzsche, Frederich, (2010), Sabda Zarathustra, diterjemahkan oleh Sudarmadji dan Ahmad Santoso, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Nursalim, Mochammad. (2003), Strategi dan Intervensi Konseling, Jakarta: Akademia Permata.

Parson, M & Stephenson, M. (2005). Developing reflective in student teachers: collaboration and critical partnerships.




DOI: http://dx.doi.org/10.37064/jpm.v9i1.9109

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sri Ngayomi Yuda Wastuti, Jamila Jamila, Lahmuddin Lahmuddin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.