Merdeka Belajar Dari Rumah: Sebuah Pemberdayaan Masyarakat Di Masa Pandemi COVID-19

Sri Ayu Tiwikrama, Mochammad Najmul Afad, Muhammad Lutfi Hakim

Abstract


Pandemi Covid-19 menjadikan pemerintah mengeluarkan kebijakan pembelajaran sekolah di rumah. Aktivitas peserta didik terpusat di rumah masing-masing. Praktiknya peserta didik justru sibuk bermain gadget yang berdampak pada rendahnya karakter peserta didik. Kegiatan ini dilaksanakan dengan beberapa tahapan diantaranya riset problem masyarakat, perencanaan program, analisis dan penyusunan program, mengorganisasi masyarakat dan menentukan komunitas dampingan dan implementasi serta monitoring. Hasil data yang diperoleh melalui pengamatan dari sekelompok masyarakat sekitar yang menyasar pada anak-anak tingkat sekolah dasar. Pemberdayaan masyarakat melalui Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah (KKN-DR) Angkatan 49 IAIN Pekalongan dilakukan untuk menyelesaikan problematika tersebut diantaranya mengadakan kegiatan peningkatan literasi dan numerasi berupa literasi digital, bimbingan belajar tatap muka dan bimbingan belajar daring, kegiatan pelatihan kreasi kain, dan kegiatan hidroponik mengarahkan pada hasil nyata bentuk pemberdayaan dapat dilakukan dengan pembelajaran sederhana yang mengarah pada asas keterampilan hidup di tengah pandemi Covid-19


Keywords


Covid-19; Pemberdayaan Masyarakat; KKN; Pendidikan

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Abdallah, A., Rana, N. P., Dwivedi, Y. K., & Algharabat, R. (2017). Social Media in Marketing: A Review and Analysis of the Existing Literature. Telematics and Informatics, 34(7), 1177–1190. https://doi.org/10.1016/j.tele.2017.05.008

Analisa. (2016). STUDI KASUS TENTANG DAMPAK KEMUDAHAN AKSES INTERNET PADA SMARTPHONE TERHADAP PENYIMPANGAN PERILAKU SEKSUAL PADA REMAJA TUNAGRAHITA DI SLB N TEMANGGUNG. UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

Dian Puji Raharjo, I. K. S. (2018). Traditional Batik as Education Media of 21 st Century Art in Shaping Creativity. 2nd International Conference on Art and Arts Education (ICAAE 2018), 327(Icaae 2018), 226–228. atlantis-press.com

Fatimah, S. (2020). PENGGUNAAN GAWAI DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENYIMPANGAN PERILAKU SISWA (Studi Kasus Pada Siswa MI Di Kota Salatiga). IAIN Salatiga.

Hendarman. (2020). Penanaman Karakter dalam Masa Belajar Dari Rumah. Webinar Nasional Pendidikan Dengan Tema “Perjuangan Menguatkan Semangat Pendidikan Di Tengah Pandemi Covid 19”, Diselenggarakan Oleh LPMP Provinsi Nusa Tenggara Barat, Selasa 19 Mei 2020, 1–12.

Kemendikbud, P. A. dan P. (2020). Adaptasi Pembelajaran Berorientasi Literasi dan Numerasi (Issue September).

Kependidikan, D. J. G. dan T., & Dan, K. P. K. (2020). Panduan Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Guru selama Sekolah Tutup dan Pandemi Covid-19 dengan semangat Merdeka Belajar.

Layaman, Nasichah, N. A., & Hanim, T. F. (2020). Pemberdayaan Remaja Melalui Budidaya Tanaman Hidroponik Kampung. Dimasejati, 2(2), 191–203.

Mahrani, Nana; Ritonga, Anton; Hasibuan, Misri Kholidah; Harahap, S. E. (2020). ANALISIS SISI NEGATIF MORALITAS SISWA PADA MASA PEMBELAJARAN JARAK JAUH (Studi Kasus Pada Masa Pandemi Covid-19 Di MTs Zia Salsabila Bandar Setia). Thoriqotuna Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 56–63.

Pusat Asesmen dan, & Pembelajaran Kemendikbud, B. P. dan P. dan. (2020). Modul Numerasi Jenjang SD.

Widayanti, S. (2012). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT : Pendekatan Teoritis. WELFARE, Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial, 1(1), 87–102.

Zulfarosda, R. &, & Fibriyani, V. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Terdampak Pandemi Covid-19 Melalui Penerapan Budidaya Hidroponik. Jurnal Masyarakat Merdeka, 3(November), 21–24.




DOI: http://dx.doi.org/10.37064/jpm.v9i1.8827

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Mochammad Najmul Afad

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.