Pengaruh Transparansi Dan Akuntabilitas Pengelolaan Dana Infaq Terhadap Minat Masyarakat Berinfaq Di Yayasan India Muslim SUMUT (Studi Kasus Pada Masjid Ghaudiyah Kelurahan Petisah Tengah, Kecamatan Medan Petisah, Kota Medan)

P. Govinda, M. Ridwan, Rahmat Daim Harahap

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Transparansi Dan Akuntabilitas Pengelolaan Dana Infaq Terhadap Minat Masyarakat Berinfaq Di Yayasan India Muslim SUMUT (Studi Kasus Pada Masjid Ghaudiyah Kelurahan Petisah Tengah, Kecamatan Medan Petisah, Kota Medan). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan pendekatan asosiatif, teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner serta populasi sebanyak 3.838 dan sampel sebanyak 106 orang dari Masyarakat yang tinggal di sekitaran Masjid Ghaudiyah. Data dianalisis dengan metode regresi linear berganda. Hasil dari penelitian berdasarkan dari hipotesis uji parsial dengan angka signifikan 5% dengan nilai thitung adalah 5,073 > ttabel 1,98326 dengan Sig. 0,000 < 0,05 yang menunjukkan bahwa variabel Transparansi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Masyarakat Berinfaq. Dan variabel Akuntabilitas dengan nilai thitung adalah 8,368 > ttabel 1,98326 dengan Sig. 0,000 < 0,05 yang menunjukkan bahwa variabel Akuntanbilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Masyarakat Berinfaq. Hasil penelitian dari hipotesis uji simultan dengan angka signifikan 5% dengan nilai Fhitung 63,111 > Ftabel 3,08 dengan Sig. 0,000 < 0,05 yang menunjukkan bahwa Transparansi dan Akuntabilitas berpengaruh terhadap Minat Masyarakat Berinfaq. Dengan demikian kesimpulannya adalah terdapat pengaruh signifikan antara Transparansi dan Akuntabilitas Pengelolaan Dana Infaq berpengaruh terhadap Minat Masyarakat Berinfaq di Masjid Ghaudiyah. Koefisien determinasi Adjusted R Square secara parsial menunjukkan variabel Transparansi sebesar 0,238 dan variabel Akuntabilitas sebesar 0,433, yang artinya variabel Transparansi dapat menjelaskan sebesar 23,8% dan variabel Akuntabilitas dapat menjelaskan sebesar 43,3% variasi variabel Minat Masyarakat Berinfaq, lalu sisanya dijelaskan oleh variabel dan faktor lainnya. Kemudian koefisien determinasi Adjusted R Square secara berganda sebesar 0,542, yang artinya variabel Transparansi dan Akuntabilitas dapat menjelaskan sebesar 54,2% variasi variabel Minat Masyarakat Berinfaq, sedangkan sisanya 45,8%  dijelaskan oleh variabel dan faktor lainnya.

Keywords


Transparansi, Akuntabilitas, Minat Masyarakat Berinfaq.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ariyanto, M. (2021). Pengaruh Akuntabilitas Dan Transparansi Laporan Keuangan Terhadap Kepercayaan Donatur Di Dana Sosial Al Jihad Surabaya. Skripsi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Ampel Surabaya.

Athifah., Bayinah. A. N., & Bahri, E. S. (2018). Pengaruh Akuntabilitas Publik Dan Transparansi Laporan Keuangan Terhadap Kepercayaan Donatur Pada Yayasan PPPA Daarul Qur’an Nusantara. PERISAI : Islamic Banking and Finance Journal, 2, 54–74.

Auditya, Lucy., Husaini., & Lismawati. (2013). Analisis Pengaruh Akuntabilitas Dan Transparansi Pengelolaan Keuangan Daerah Terhadap Kinerja Pemerintah Daerah. Jurnal Fairness, 3, 21–42.

Cahyono, D. (2020). Pengantar Akuntansi Keperilakuan. Jember: Taman Kampus Pressindo.

Elmi, N. F. (2020). Pengaruh Manajemen Zakat, Transparansi Laporan Keuangan Dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepercayaan Muzakki pada Badan Amil Zakat Nasional Provinsi Sumatera Utara. Skripsi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN-SU.

Efferin, S., Darmadji, S. H., & Tan, Y. (2008). Metode Penelitian Akuntansi ; Mengungkap Fenomena dengan Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Fitrah, M., & Luthfiyah. (2017). Metodologi Penelitian: Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas dan Studi Kasus. Sukabumi: CV Jeja.

Fitriyah, N., Alamsyah., & Bambang. (2020). Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Masjid Melalui Penggunaan Buku Kas Dan Formulir Bernomor Urut Tercetak. Jurnal PEPADU, 1, 90–94.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gozali, Y. Y. (2021). Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Masjid (Studi Al-Ikhlas Manna Kabupaten Bengkulu Selatan). Skripsi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Bengkulu.

Haryanti, S., & Kaubab, M. E. (2019). Analisis Transparansi Dan Akuntabilitas Laporan Keuangan Masjid Di Wonosobo (Studi Empiris Pada Masjid Yang Terdaftar Di KEMENAG Kabupaten Wonosobo Tahun 2019). Journal of Economic, Business and Engineering (JEBE), 1, 140–149.

Indonesia, I. A. (2018). ISAK 35 Penyajian Laporan Keuangan Entitas Berorientasi Nonlaba. Jakarta: Dewan Standar Akuntansi Keuangan Ikatan Akuntan Indonesia.

Kabib, Nur., Umar, A. U. A. A., Fitriani, A., Lorenza, L., & Mustofa, M. T. L. (2021). Pengaruh Akuntabilitas Dan Transparansi Terhadap Minat Muzakki Membayar Zakat Di BAZNAS Sragen. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7, 341–349.

Karaing, S. (2021). Analisis Membangun Akuntabilitas Dan Transparansi Pengelolaan Zakat Terhadap Minat Muzakki Membayar Zakat (LAZISMU Kota Makassar). Skripsi: Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Makassar.

Khairaturrahmi., & Ibrahim, R. (2018). Akuntabilitas dan Transparansi Pengelolaan Keuangan Masjid Di Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi (JIMEKA), 3, 111–119.

Nazir, M. (2011). Metodologi Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Nisa, A. K. (2017). Penerapan Akuntabilitas Dan Transparansi terhadap Laporan Keuangan dalam Mengelola Organisasi Nirlaba (Studi Kasus Masjid Agung Al-Umaraini Dan Partai Keadilan Sejahtera). Skripsi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin Makassar.

Novianti, S. (2019). Pengaruh Kualitas Informasi Akuntansi, Akuntabilitas, Transparansi Pelaporan Keuangan Dan Aksesibilitas Terhadap Tingkat Penerimaan Dana Zakat Pada BAZNAS Pekanbaru. Skripsi: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial UIN SUSKA Riau.

Priyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif. Surabaya: Zifatama Publishing.

Rahayu, S. B., Widodo, S., & Binawati, E. (2019). Pengaruh Akuntabilitas Dan Transparansi Lembaga Zakat Terhadap Tingkat Kepercayaan Muzakki (Studi Kasus pada Lembaga Amil Zakat Masjid Jogokariyan Yogyakarta). Journal of Business and Information System, 1, 103–114.

Rahmani, N. A. B. (2016). Metodologi Penelitian Ekonomi. Medan: FEBI UIN-SU Press.

Rasyid, A. A., & Harmain. H. (2018). Analisis Penerapan Prinsip Akuntansi dalam Meningkatkan Akuntabilitas Laporan Keuangan Masjid di Indonesia. UIN SUMUT: LP2M.

Rendi, A. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Lembaga Terhadap Minat Masyarakat Berinfaq di BAZNAS DPU DT cabang Palembang. Skripsi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Fatah Palembang.

Retnowati, N. (2020). Pengaruh Transparansi Laporan Keuangan, Akuntabilitas, Pengelolaan Dana Dan Religiutas Muzaki Terhadap Tingkat Kepercayaan Muzaki Untuk Membayar Zakat Pada Lembaga Amil Zakat. Skripsi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Surakarta.

Ritonga, M. S. A. (2022). Pengaruh Transparansi Dan Akuntabilitas Pengelolaan Zakat, Infaq, Shodaqoh Terhadap Minat Masyarakat Berdonasi Di LAZISMU Kota Medan. Skripsi: Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Shaleh, A. R. (2004). Psikologis Suatu Pengantar. Jakarta: Prenada Media.

Siregar, R. D. F. (2018). Pengaruh Transparansi Dan TanggungJawab (Responsibility) Terhadap Minat Masyarakat Berinfaq Di Yayasan Masjid Al-Jihad. Skripsi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sumatera Utara.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Susanti, M. N. I. (2010). Statistika Deskriptif dan Induktif. Jakarta: Graha Ilmu.

Syafina, L., & Harahap. N. (2019). Metode Penelitian Akuntansi Pendekatan Kuantitatif. Medan: FEBI UIN-SU Press.

Tarigan, A. A. (2015). Tafsir Ayat-Ayat Ekonomi. Medan: FEBI UIN-SU Press.

Timotius, C. H. (2017). Pengantar Metodologi Penelitian. Yogyakarta : Andi.

Yuesti, A., & Merawati. L. K. (2019). Akuntansi Keperilakuan. Badung: CV. Noah Aletheia.




DOI: http://dx.doi.org/10.37064/jpm.v12i1.21347

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 P. Govinda, M. Ridwan, Rahmat Daim Harahap

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.