Wisata Kuliner Pasar KAMU KAWAN LAMA Sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat Di Desa Denai Lama Kabupaten Deli Serdang

Arwina Sufika, Koko Sujatmoko

Abstract


Dinobatkannya desa Denai lama Kecamatan Pantai labu sebagai desa wisata membuat gairah para warga begitu semangat mendukung sekaligus memajukan agar desanya terkenal sebagai desa wisata. seperti yang dilakukan para penggiat wisata kuliner desa Denai lama membuka gerai wisata PASAR KAMU KAWAN LAMA. Perubahan lingkungan bisnis yang sangat cepat dan keadaan dunia usaha yang bersifat dinamis telah memaksa pengelola tempat wisata untuk terus secara aktif dan kreatif dalam mengembangkan lokasi wisata yang ada dan terus menerus melakukan pembaharuan terkait peningkatan kualitas daya tarik wisata tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah : Mendeskripsikan sejarah, kualitas daya tarik Pasar Kamu Kawan Lama sebagai daya tarik wisata di Desa Denai Lama Kabupaten Deli Serdang. Penelitian ini menerapkan metode penelitian kualitatif. Penelitian ini akan menggunakan beberapa teknik-teknik pengumpulan data seperti studi pustaka, wawancara mendalam, dan focus group discussion/FGD. Sehingga diketahui Pasar Kamu atau Pekan Sarapan Karya Muda dengan konsep Pasar Kuliner Tradisional Masyarakat telah berhasil menggali dan memperkenalkan budaya kuliner asli sebagai bentuk aset budaya yang dikembangkan sebagai potensi untuk pemulihan sektor pariwisata dan telah membantu menggeliatkan kembali kondisi perekonomian masyarakat Desa Denai Lama .


Keywords


Pasar Kamu , Daya Tarik Wisata , Pemberdayan Masyarakat

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Daftar Pustaka

Aricindy, A. (2022) Pelestarian Panganan Tradisional Melalui Pasar Kamu Kawan Lama Dalam Mengembangkan Wisata Kuliner Di Daerah Pantai Labu. Buddayah: Jurnal Pendidikan Antropologi, 4(1), 47-54.

Arjana, Gusti Bagus. 2016. Geografi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Jakarta: PTRaja Grafindo.

Dewi, M. H., Fandeli, C., & Baiquni, M. (2013). Pengembangan desa wisata berbasis partisipasi masyarakat lokal di desa wisata jatiluwih tabanan bali. Kawistara, Vol 03 No 02 Hal 177-226.

https://travel.tempo.co/read/1509250/sejarah-pasar-kamu-di-deli-serdang-karya-anak-muda-untuk-kuliner-tradisional

Saeroji, A., & Wijaya, D. A. (2017). Pemetaan Wisata Kuliner Khas Kota Surakarta. Jurnal Pariwisata Terapan, 1(1), 13-27. DOI: https://doi.org/10.22146/jpt.24968

Slamet, Margono. (2003). Pemberdayaan Masyarakat di Era Global. Bandung.Alfabeta

Soekadijo, R. G. 2000. Anatomi Pariwisata, Memahami Pariwisata Sistematik Linkage. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Sutoro Eko, 2002, Pemberdayaan Masyarakat Desa, Materi Diklat Pemberdayaan Masyarakat Desa, yang diselenggarakan Badan Diklat Provinsi Kaltim, Samarinda, Desember 2002.

Zaenuri, Muchamad. 2012. Perencanaan Strategis Kepariwisataan Daerah: Konsep dan Aplikasi. Jogjakarta: e-Gov Publishing




DOI: http://dx.doi.org/10.37064/jpm.v11i2.18220

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Arwina Sufika, Koko Sujatmoko

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.