Pemberdayaan Kelompok Tani Dalam Meningkatkan Hasil Panen Padi di Dusun Kaloang Desa Lerang Sulawesi Selatan

Rustriningsih Rustriningsih, Septia Sekar Mutiara, Tsania Frisca Ulya, Slamet Muliono Redjosari

Abstract


Penelitian ini membahas tentang pemberdayaan kelompok tani di Dusun Kaloang Desa Lerang. Hal tersebut untuk mengetahui upaya yang dilakukan pemerintah dalam mengoptimalkan kelompok tani dalam mengelola lahan, serta mengetahui kendala-kendala yang dihadapi para petani. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Wawancara dilakukan dengan Kepala Dusun Kaloang, petani dan pemilik lahan pertanian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberdayaan kelompok tani sudah berjalan, akan tetapi belum efektif karena masih terdapat upaya yang belum terealisasikan. Selain itu, kondisi sebagian petani di Dusun Kaloang tidak semuanya tergolong sejahtera (mampu) dalam masalah ekonomi. Hal ini dapat dilihat masih ada di antara para petani yang kurang mampu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Tulisan menyimpulkan bahwa peningkatan hasil produksi dalam meningkatkan perekonomian kelompok tani, pemerintah setempat serta kelompok tani mempunyai peran yang sangat penting. Maka dari itu, pemberdayaan terhadap kelompok tani sangat diperlukan untuk meningkatkan hasil produksi pertanian

Keywords


Pemberdayaan Petani, Upaya Pemerintah, Dusun Kaloang, Perekonomian

Full Text:

PDF

References


Ahmar, Mappamiring, & Parawangi, A. (2016). Ahmar. Kolaborasi: Jurnal Administrasi Publik, 2 (2).

Badan Pusat Statistika Kabupaten Pinrang. (2021). Kecamatan Lanrisang dalam Angka 2021. BPS Kabupaten Pinrang.

Dekasari, D. A. (2016). Pemberdayaan Petani dalam Meningkatkan Ketahanan Pangan di Desa Sambiroto, Kecamatan Padas, Kabupaten Ngawi. Jurnal Analisa Sosiologi, 5(1).

Fiantika, F. R., Wasil, M., Jumiyati, S., Honesti, L., Wahyuni, S., Mouw, E., Jonata, Mashudi, I., Hasanah, N., Maharani, A., Ambarwati, K., Noflidaputri, R., Nuryami, & Waris, L. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Global Eksekutif Teknologi.

Majid, A. (2017). Analisis Data Penelitian Kualitatif. Aksara Timur.

Mamik. (2015). Metodologi Kualitatif. Zifatama Publisher.

Mutmainna. (2019). Kondisi Sosial Ekonomi Petani Padi di Desa Leppangang Kabupaten Pinrang. Eprints UNM.

Mutmainna, I., Hakim, L., & Saleh, D. (2016). Pemberdayaan Kelompok Tani di Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng. Kolaborasi: Jurna Administrasi Publik, 2(3).

Prasetia, I. (2022). Metodologi Penelitian Pendekatan Teori dan Praktik. Umsu Press.

Sari, I. N., Lestari, L. P., Kusuma, D. W., Mafulah, S., Brata, D. P. N., Karwanto, Supriyono, Iffah, J. D. N., Widiatsih, A., Utomo, E. S., Maghfur, I., Sofiyana, M. S., & Sulistiana, D. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. Unisma Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.37064/jpm.v10i2.10713

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 rustri ningsih, Septia Sekar Mutiara, Tsania Frisca Ulya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.