Kemampuan Komunikasi Membaca Puisi Siswa Kelas IV SD Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think, Talk, Write (TTW)

Hasni Suciwati

Abstract


Abstrak

Keterampilan membaca puisi ditentukan dari kemampuan atas pemahaman terhadap penguasaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Model pembelajaran kooperatif tipe TTW (Think, Talk, Write) merupakan salah satu model pembelajaran yang dianggap efektif. Tulisan ini akan membahas tentang pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe TTW (Think, Talk, Write) terhadap keterampilan komunikasi membaca Puisi siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV SD Negeri 023905 Binjai Utara. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas, IV SD Negeri 023905 Binjai Utara Tahun Ajaran 2018/2019 yang berjumlah 30 orang siswa yang terbagi dari 2 kelas yaitu kelas IV-A dan Kelas IV-B. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh anggota populasi atau sampel total yang berjumlah 30 orang siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian inia dalah quasi eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe TTW (Think, Talk, Write) dengan alat pengumpulan data yaitu Tes berupa LKS yang telah disiapkan oleh peneliti. Dari hasil penelitian yang dilakukan pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Konvensional memperoleh nilai rata-rata 59,50 dan pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe TTW (Think, Talk, Write) memperoleh nilai rata-rata78,68. Berdasarkan analisis data hasil pengujian hipotesis menggunakan uji t diperoleh thitung= -0,61613 < ttabel= 1,7061 karena thitung <  ttabel sehingga Ho diterima dan H1 ditolak, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Kooperatif tipe TTW (Think, Talk, Write) tidak terdapat pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan keterampilan menulis siswa dikelas IV SD Negeri 023905 Binjai Utara.

 

Abstract

Poetry reading skills are determined from the ability to understand the mastery of good and correct Indonesian. The TTW (Think, Talk, Write) type of cooperative learning model is one of the learning models that is considered effective. This paper will discuss the effect of the TTW type cooperative learning model (Think, Talk, Write) on students' poetry reading communication skills in Indonesian subjects in fourth grade students of SD Negeri 023905 Binjai Utara. The population in this study were all fourth grade students of Public Elementary School 023905  Binjai, which amounted to 30 students divided into 2 classes namely class IV-A and Class IV-B. The sample in this study were all members of the population or a total sample of 30 students. The type of research used in this study is quasi-experimental using the TTW cooperative learning model (Think, Talk, Write) with a data collection tool that is a test in the form of LKS prepared by the researcher. From the results of the research carried out the implementation of learning using the conventional learning model obtained an average value of 59,50 and the implementation of learning using the TTW cooperative learning model (Think, Talk, Write) obtained an average value of 78,68. Based on the analysis of the results of hypothesis testing using t test obtained tcount= -0,61613<ttable= 1,7061 because tcount<ttableso that Ho is accepted and H1 is rejected, it can be concluded that the TTW cooperative learning model (Think, Talk, Write) is not there is a significant effect on improving writing skills of students in class IV 023905 Binjai  Public Elementary School Binjai.



Keywords


Communication; Read; Poetry; Model; Cooperative type TTW

Full Text:

PDF

References


Asih, Wulan Mulya, Khoiruddin Muchtar, and Yusuf Zaenal Abidin. (2020). Pengelolaan Digital PR dalam Mengemas Konten Dakwah Di Instagram @masjidtrans, Jurnal Riset Komunikasi, 3.1 (2020), 108–19 https://doi.org/10.24329/jurkom.v3i1.87

Abidin, Yunus. (2012). Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.

Brata, HR. (2009). Permainan Dalam Pembelajaran Bahasa di Kelas Awal.http://hrbrata.blog.plasa.com. Diakses tanggal 30 Oktober 2020.

Damayanti, D. (2013). Buku Pintar Sastra Indonesia: Puisi, Sajak, Syair, Pantun, dan Majas. Yogyakarta: Araska. (54-55).

Kariesma, I Km., Zulaikha, S. & Ganing, N. N. (2014). “Pengaruh Model Pembelajaran CIRC Bermedia Powerpoint terhadap Keterampilan Membaca pada Bahasa Indonesia Kelas IV SD Gugus 1 Kuta Badung.” eJournal PGSD, 2 (2).

Mulyati, Yetti dkk. (2005). Materi Pokok Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jakarta: Universitas Terbuka.

Ngatiyem. (2011). Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Bebas dengan Menggunakan Media Video pada Kelas VII MTSN Banjar Selatan 1 Kota Banjarmasin. Jurnal Meretas, 4 (1).

Ngalimun. (2017). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Parama Ilmu. (31-32).

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisasi Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. 10.

Salad, Hamdy. (2014). Panduan Wacana dan Apresiasi Seni Baca Puisi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Shoinim, Aris. (2016). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Tampubolon. (2008). Kemampuan Membaca Teknik Membaca Efektif dan Efisien

Tarigan, Henry Guntur. (2007). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Waluyo, H. J. (2010). Pengkajian dan Apresiasi Puisi. Salatiga: Widya Sari Press Salatiga.

Wulan, Ratna. (2010). The Role Of Intelligence, Vocabulary Knowledge, Attitudes, and Interest on Children’s Reading Comprehension. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pembelajaran. Volume 14 Nomor 2. Hal. 166-185




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/komunikologi.v5i1.9410

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXING BY :

 

 

======================================

Published by :

Fakultas Ilmu Sosial UIN Sumatera Utara

Medan, Indonesia


Editorial Office :

Jl. Williem Iskandar Psr.V Medan Estate 20371


Creative Commons License

Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial by Program Studi Ilmu Komunikasi UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/KOMUNIKOLOGI/index