Pengaruh Endorsement Influencer Instagram Terhadap Keputusan Pembelian pada Generasi Z
Abstract
Abstrak
Bentuk memasarkan pengiklanan yang melibatkan pihak lain untuk mendukung dan mempromosikan sebuah produk atau jasa disebut endorse. Endorse adalah salah satu bentuk digital marketing yang marak diminati dan dinilai lebih besar pengaruhnya dibandingkan dengan pemasaran melalui media televisi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh endorsement influencer Instagram terhadap keputusan pembelian pada generasi Z, yang kami fokuskan pada faktor kepercayaan, faktor citra merek, dan faktor influencer. Variabel citra merek, influencer Instagram, dan kepercayaan adalah variabel independen dan variabel keputusan pembelian adalah variabel dependen. Penelitian dilakukan pada generasi Z di Kota Batam dengan menggunakan metode pengambilan sampel Cluster-Dispropotional-Random dengan total sampel sebanyak 149 responden. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengambilan data dilakukan dengan membagikan kuesioner secara online dengan platform yaitu Google Form. Semua analisis data dilakukan menggunakan aplikasi SPSS 25. Untuk uji hipotesis digunakan uji regresi. Ketiga faktor yaitu kepercayaan, faktor citra merek, dan faktor influencer mempengaruhi endorsement influencer Instagram terhadap keputusan pembelian pada generasi Z. Penelitian membuktikan bahwa generasi Z tetap mempertimbangkan faktor kepercayaan, faktor citra merek, dan faktor influencer dalam keputusan pembeliannya walaupun telah dilakukan endorsement oleh influencer Instagram. Dengan mengetahui hasil penelitian ini, kami harap penelitian ini dapat dijadikan pengetahuan dan bahan pertimbangan bagi pemilik usaha untuk mengatur strategi bisnis, sasaran konsumen, dan memaksimalkan keuntungannya.
Abstract
One type of advertising promotion that uses other parties to support and market a product or service is called endorsement. Endorsement is a form of digital marketing that is in great demand and is considered to be more effective than advertisements through television. The purpose of this study was to discover the influence of Instagram influencer endorsement on purchase decision in generation Z, which we focused on trust factor, brand image factor, and influencer factor. The variables of brand image, Instagram influencer, and trust are the independent variables and the purchase decision variable is the dependent variable. The research was conducted on generation Z in Batam City using the Cluster-Dispropotional-Random sampling method with a total sample of 149 respondents. The research was conducted using a quantitative approach. The data collection method is done by distributing online questionnaires using Google Form. All data analyzes were performed using the SPSS 25 application. To test the hypothesis, regression test was used. The three factors, which were trust, brand image, and influencer affect Instagram influencer endorsement of purchase decision in generation Z. Research shows that generation Z still considers trust factor, brand image factor, and influencer factor in their purchase decisions even though Instagram influencer have endorsed the product. By finding the results of this study, we hope that this research can be used as knowledge and material for consideration for business owners to manage business strategies, target consumers, and maximize profits
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amalia, A. C., & Sagita, G. (2019). Analisa Pengaruh Influencer Social Media Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Generasi Z di Kota Surabaya. JURNAL SOSIAL : Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 20(2), 51–59. https://doi.org/10.33319/sos.v20i2.42
Cahya, I. (2019). Ini Media Sosial Terpopuler di Kalangan Gen Z, Aplikasi Favoritmu Masuk? Merdeka.Com. https://www.merdeka.com/teknologi/ini-media-sosial-terpopuler-di-kalangan-gen-z-aplikasi-favoritmu-masuk.html
Cholifah, N., Suharyono, & Hidayat, K. (2016). PENGARUH CELEBRITY ENDORSER TERHADAP BRAND IMAGE ( Survei pada Konsumen Kosmetik Wardah di Counter Wardah Kota Malang ). 36(1).
Dahono, Y. (2021). Data: Ini Media Sosial Paling Populer di Indonesia 2020-2021. Beritasatu. https://www.beritasatu.com/digital/733355/data-ini-media-sosial-paling-populer-di-indonesia-20202021
Indriana, D. S., Sampurno, & Derriawan. (2019). Jimea-Jurnal Inovasi Manajemen Ekonomi Dan Akuntasi. 1(2).
Kansha, D. R. (2017). Efektivitas Penggunaan Endorsement Oleh Online Shop Giyomi Di Media Sosial Instagram. “Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik > Komunikasi,” 071311533012.
Kotler, P. (2011). Reinventing Marketing to Manage the Environmental Imperative. Journal of Marketing, 75(July)
Krisdyahayu, M. R. (2018). Sejarah Internet dan Perkembangan Media Sosial di Indonesia, Dari Friendster hingga Snapchat. Kompasiana. https://www.kompasiana.com/mariarosarikrisdyahayu6905/5b981cd312ae9437ca69f295/sejarah-internet-dan-perkembangan-media-sosial-di-indonesia-dari-friendster-hingga-snapchat
Nisa, F. K., Viratama, A. B., & Hidayanti, N. (2020). Analisis Pencarian Informasi Remaja Generasi z dalam Proses Pengambilan Keputusan Belanja Online ( Analisis pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Tidar ). 4(2).
Putri, V. M. (2019). Instagram Jadi Medsos Favorit Gen Z, Kamu Bagaimana? Detikinet. https://inet.detik.com/cyberlife/d-4472571/instagram-jadi-medsos-favorit-gen-z-kamu-bagaimana
Rahayu, M. I. (2018). Endorse Artis VS Endorse Selebgram, Mana yang Lebih Menguntungkan? Berikut Ulasannya! Beautynesia. https://www.beautynesia.id/berita-celebrity/endorse-artis-vs-endorse-selebgram-mana-yang-lebih-menguntungkan-berikut-ulasannya/b-90442
Riadi, Y. (2021). Jumlah Pengguna Media Sosial di Dunia Mencapai 4,2 Miliar. Selular.Id. https://selular.id/2021/02/jumlah-pengguna-media-sosial-di-dunia-mencapai-42-miliar/#:~:text=Berdasarkan Survei Hootsuite tahun 2021,juta selama 12 bulan terakhir
Setiawan, B., & Rabuani, C. C. (2019). Pengaruh Iklan dan Endorser terhadap Brand Awareness Serta Dampaknya pada Keputusan Pembelian. Riset, 1(1), 001–015. https://doi.org/10.35212/277621
Susantio, R., & Candraningrum, D. A. (2019). Pengaruh Brand Image Oi-Dakk dengan penggunaan Endorser untuk promosi di Instagram terhadap Minat Beli Konsumen. Prologia, 3(1), 238. https://doi.org/10.24912/pr.v3i1.6246
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/komunikologi.v5i1.9272
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Afandi Afandi, Jimmy Prawira Samudra, Sherley Sherley, Veren Veren, Wisely Liang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEXING BY :
======================================
Published by :
Fakultas Ilmu Sosial UIN Sumatera Utara
Medan, Indonesia
Editorial Office :
Jl. Williem Iskandar Psr.V Medan Estate 20371
Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial by Program Studi Ilmu Komunikasi UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/KOMUNIKOLOGI/index