COMMUNITY RELATIONS CAFE KOMUNITAS BOBER CAFE TERHADAP KOMUNITAS DI KOTA BANDUNG

Ela Rahayu, Sri Dewi Setiawati

Abstract


Abstrak

Community relations berpengaruh terhadap terbentuknya ruang komunikasi yang dapat mempererat hubungan, membangun kepercayaan dan mendapatkan dukungan antara cafe dan komunitas. Sebagai cafe ruang komunitas, Bober cafe bekerja sama dengan komunitas dalam mengembakan usahanya. Bober cafe melakukan beberapa cara dalam membangun relationship yang dapat mempererat hubungan dengan komunitas. Dengan adanya relationship antara Bober cafe dengan komunitas maka banyak kegiatan yang komunitas lakukan di Bober cafe yang dapat membuat komunitas tersebut berkembang dan tumbuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara Bober Cafe dalam membangun relationship dengan para komunitas. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil dari penelitian ini adalah dalam membangun hubungan kedekatan antara Bober Cafe dengan Komunitas upaya yang dilakukan oleh Bober Cafe dan komunitas dalam membangun relationship dilakukan dengan cara simetris dan asimetris. cara menjalin relationship yang dilakukan diantaranya dengan memberikan kemudahan akses informasi kontak dan juga kemudahan akses fasilitas, saling terbuka mengenai hubungan yang dijalin, bersikap positif dalam menerima saran dan masukan, terlibat dalam memberikan ide dan masukan kepada satu sama lain,memberikan fasilitas untuk komunitas berkegiatan di Bober cafe secara free juga dalam cara asimetris pembinaan hubungan dengan memperhatikan keseimbangan kepentingan bober cafe dengan komunitas sehingga tercipta hubungan yang saling menguntungkan.

 

Abstract

Community relations affects the formation of communication spaces that can strengthen relationships, build trust and gain support between the cafe and the community. As a community space cafe, Bober Cafe collaborates with the community in developing its business. Bober Cafe does several ways to build relationships that can strengthen relationships with the community. With the relationship between the Bober Cafe and the community, there are many activities that the community does at Bober Cafe that can make the community develop and grow. This study aims to determine how Bober Cafe builds relationships with communities. The method used is qualitative with a case study approach. The results of this study are in building a close relationship between Bober Cafe and the Community, the efforts made by Bober Cafe and the community in building relationships are done in a symmetrical and asymmetric way. how to establish a relationship that is carried out, among others, by providing easy access to contact information and also easy access to facilities, being open to each other about relationships, being positive in receiving suggestions and input, engaging in providing ideas and input to one another, providing facilities for community activities in Free bober cafe also builds an asymmetrical relationship by paying attention to the balance of bober cafe's interests with the community so as to create mutually beneficial relationships.


Keywords


Community relations, Cafe, Komunitas

Full Text:

PDF

References


Astrini. “Jurnal Ilmu Komunikasi.” Universitas Sriwijaya vol8 no 1 (2017): 239–258.

Ayobandung.com. “Kafe Di Bandung Ini Banyak Lahirkan Pelaku Hiburan Hits Tanah Air.” Ayobandung.Com.

balipost.com. “Gak Selalu Negatif, Ini Sejumlah Dampak Positif Nongkrong Di Cafe.” Balipost.Com.

beritabaik.id. “15 Tahun Tetap Eksis, Kafe Ini Banyak Lahirkan Pelaku Hiburan.” Beritabaik.Id.

Bisnis.com. “Bober Cafe : Bertahan Karena Manjakan Komunitas.” Bisnis.Com.

Disperkimta. “Pentingnya Sopan Santun Dalam Kehidupan Sehari-Hari.” Disperkimta.Buleleng.Go.Id.

Galamedianews.com. “Jadi Wadah Komunitas, Bober Cafe Ingin Ciptakan Talenta Baru.” Galamedianews.Com.

Hidayat, Feri. “Fery Hidayat , 2014 PENGARUH CELEBRITY ENDORSER TERHADAP BRAND IMAGE BOBER CAFE BANDUNG Universitas Pendidikan Indonesia | Repository.Upi.Edu | Perpustakaan.Upi.Edu” (2014): 1–13.

Indonesia, Universitas, Riris Novalisa Indriyani, Fakultas Ilmu, Sosial Dan, Ilmu Politik, Departemen Ilmu Komunikasi, and Peminatan Hubungan Masyarakat. “Universitas Indonesia” (2012).

indozone.id. “Akibat Virus Corona, Industri Kuliner Terkena Dampak Paling Signifikan.” Indozone.Id.

Iriantara, Yosal. Community Relations:Konsep Dan Aplikasinya. Bandung: Simbiosa rekatama Media, 2004.

Kriyantoro, Rachmat. Teori Public Relations Perspektif Barat Dan Lokal Aplikasi Penelitian Dan Praktik. Jakarta: Kencana, 2014.

Naimah, Rahmatul Jannatin, Ahmad Rifani, and Riza Firdaus. “Analisis Penerapan Relationship Maintenance Strategy Melalui Penggunaan Media Sosial ( Studi Pada Twitter Perbankan Di Indonesia ).” Jurnal Wawasan Manajemen vol.1 (2013): 153–166.

Novitha, adiratna suzka. “STRATEGI KOMUNIKASI KOMUNITAS KRDE DALAM MEMBANGUN KEPERCAYAAN PT KERETA API INDONESIA UNTUK MENDAPATKAN INFORMASI PELAYANAN PUBLIK” (2017).

Petra, Universitas Kristen, Marcella Stephanie, Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen, and Petra Surabaya. “Pemimpin Partai Politik Peserta Pemilihan Umum 2014 Melalui Website,” no. 2011 (2014): 1–12.

Saefi. “Pengaruh Akses Informasi, Dukungan Orang Tua Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Minat Siswa Kelas Xii Jurusan Administrasi Perkantoran Melanjutkan Ke Perguruan Tinggi Di Smk Negeri 1 Kebumen” (2015).

Sitopu, Agnes Christine ; Wahyuni, Itca Istia. “Strategi Pembentukan Branding Bober Cafe Bandung Sebagai Ruang Komunitas” 6, no. 1 (2020): 1–11.

Soyusiawaty, Dewi, and Choirul Fajri. “Strategi Humas Dalam Menjalin Good Relationship Dengan Stakeholder Eksternal.” Jurnal Komuniti VIII, no. 2 (2016): 102–111.

Suryanto. Pengantar Ilmu Komunikasi. pustaka setia, 2015.

Wardhana, Aditya. “Aditya Wardhana,” no. September 2016 (2018).

Wedyahusada, Dito. “Costumer Relations Cafe Houtenhand Coffee & Beer Dalam Membangun Brand Loyalty Terhadap Penikmat Br” (2018).




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/komunikologi.v4i2.8525

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXING BY :

 

 

======================================

Published by :

Fakultas Ilmu Sosial UIN Sumatera Utara

Medan, Indonesia


Editorial Office :

Jl. Williem Iskandar Psr.V Medan Estate 20371


Creative Commons License

Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial by Program Studi Ilmu Komunikasi UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/KOMUNIKOLOGI/index