EFEKTIFITAS IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING GOOGLE CLASSROOM PADA MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS SARIPUTRA INDONESIA TOMOHON

Apriles Apimus Mandome, Aks Thomas Puasa

Abstract


Abstrak

Pembelajaran daring adalah sebuah bentuk pembelajaran yang saat ini sudah banyak diimplementasikan di dalam cara belajar di Indonesia. Hal ini dilakukan karena beberapa alasan, diantaranya adalah karena faktor kesibukan disamping kemajuan teknologi yang harus diadopsi. Hal ini juga sudah dilakukan di lingkungan Universitas Sariputra Indonesia Tomohon, khususnya pada Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial melalui layanan atau aplikasi yang disediakan Google yaitu Google Classroom. Namun demikian sejauh ini belum diketahui efektifitas pembelajaran daring yang terjadi pada Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial UNSRIT yang sudah dilakukan. Sehingga dapat diputuskan apakah pembelajaran daring akan terus dilakukan atau dihentikan dan apakah pembelajaran daring ini dapat diterapkan secara luas di UNSRIT atau tidak. Oleh karena itu denga menggunakan metode deskriptif penelitian dilakukan untuk mengetahui efektifitas implementasi pembelajaran daring Google Classroom pada mahasiswa Ilmu Komunikasi UNSRIT. Lokasi dan sampel penelitian adalah mahasiswa Ilmu Komunikasi UNSRIT. Teknologi yang dihasilkan melalui penelitian adalah terukurnya secara jelas efektifitas pembelajaran daring google classroom pada mahasiswa maupun dosen sehingga sistem pembelajaran daring dapat dikembangkan secara kontinu di dalam menunjang proses pendidikan di perguruan tinggi.

 

Abstract

Online learning is a form of learning that is currently being implemented in many learning methods in Indonesia. This is done for several reasons, including business as well as technological advances that must be adopted. This has also been done in the Sariputra Indonesia Tomohon University environment, especially in the Communication Science Department of the Faculty of Social Sciences through services or applications provided by Google, namely Google Classroom. However, so far it has not been known the effectiveness of online learning in the Communication Study Program of the Faculty of Social Sciences, UNSRIT. So it can be decided whether online learning will continue or stop and whether this online learning can be widely applied at UNSRIT or not. Therefore, by using a descriptive method, this research was carried out to determine the effectiveness of the implementation of Google Classroom online learning in UNSRIT Communication Science students. The location and research samples were the students of Communication Studies UNSRIT. The technology that is to be produced through this research is a clear measurement of the effectiveness of google classroom online learning for students and lecturers so that the online learning system could be developed continuously to support the education process in higher education.


Keywords


Efektifitas, Pembelajaran daring, Google Classroom

Full Text:

PDF

References


Abdul Barir Hakim, (2016). Efektifitas Penggunaan E-learning Moodle, Google Classroom dan Edmodo. Jurnal I-Statement, Vol. 02, No. 01.

Bungin, B., (2010). Penelitian Kualitatif. 1 ed. Jakarta: Kencana.

Herman, Widya. (2014). Google Classroom Ruang Kelas di Dunia Maya. [online] tersedia:

http://www.widyaherma. com/2014/10/google-classroom-ruang-kelas- di-dunia.html.,

Diakses, Minggu 18 Agustus 2019.

Pamungkas, Heri & Hapsari, Swita, (2019). Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media

Pembelajaran Online Di Universitas Dian Nuswantoro, WACANA, Volume 18 No. 2,

Desember 2019, h. 225-233. ISSN: 2598-7402

Panduan pelaksanaan PJJ, http://spada.ristekdikti.go.id/s/berkas/view/1/panduan/pjj, Diakses,

Jumat 16 Agustus 2019

Panduan pengembangan & penyelenggaraan, http://spada.ristekdikti.go.id/s/berkas/view/1/panduan/pengembangan_dan penyelenggaraan, Diakses, Jumat 16 Agustus 2019

Panduan penjaminan mutu,

http://spada.ristekdikti.go.id/s/berkas/view/1/panduan/penjaminan_mutu, Diakses, Jumat 16 Agustus 2019

Sabran & Edy Sabara, Keefektifan Google Classroom sebagai media pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional lembaga penelitian Universitas Negeri Makassar, h. 122-125. ISBN :

-602-5554-71-1

Vicky Dwi Wicaksono & Putri Rachmadyanti, (2017). Pembelajaran Blended Learning Melalui

Google Classroom di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan PGSD

UMS & HDPGSDI Wilayah Jawa, h. 513-521. ISBN 978-602-70471-2-9

Yusuf Bilfaqih & M. Nur Qomarudin, (2015). Esensi Pengembangan pembelajaran Daring, Ed. 1, Cet. 1. Yogyakarta: Deepublish.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/komunikologi.v4i2.8400

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXING BY :

 

 

======================================

Published by :

Fakultas Ilmu Sosial UIN Sumatera Utara

Medan, Indonesia


Editorial Office :

Jl. Williem Iskandar Psr.V Medan Estate 20371


Creative Commons License

Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial by Program Studi Ilmu Komunikasi UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/KOMUNIKOLOGI/index