Analisis Pencarian Informasi Remaja Generasi z dalam Proses Pengambilan Keputusan Belanja Online (Analisis pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Tidar)
Abstract
Abstrak
Berdasarkan survey, salah kegiatan berinternet yang paling sering dilakukan adalah belanja online sebanyak 44.6%. Sedangkan generasi yang mendominasi penggunaan internet adalah generasi z. Generasi z merupakan generasi yang akrab dengan dunia digital dan berani mengambil resiko. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana generasi z melakukan proses pencarian informasi dalam melakukan belanja online dengan menyebarkan angket serta melakukan wawancara mendalam. Penelitian ini menggunakan mix method. Adapun subjek dari penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Tidar. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ulasan produk di e-commerce merupakan sumber utama remaja generasi z dalam mencari informasi yakni sebesar 80.7%. Sumber informasi lainnya adalah ulasan produk di sosial media dan bertanya kepada teman. Adapun alasannya adalah untuk mencari trend terkini serta ulasan produk dapat dipercaya dan generasi z peduli dengan pendapat orang sekitar.
Abstract
Based on the survey, one of the most frequently carried out internet activities was online shopping which is 44.6%. Meanwhile, the generation that dominates internet usage is z generation. Z generation z is a generation that is familiar with the digital world and is willing to take risks. This study aims to see how generation Z performs the information search process in online shopping. This study uses a mix method by distributing questionnaires and conducting in-depth interviews. Subject of this research is the students of communication in Tidar University. The results of this study indicate that product reviews on e-commerce is the main source of z generation adolescents in seeking information, which is 80.7%. Other sources of information are product reviews on social media and asking friends. The reasons for those are they look for the newest trend and product reviews are trustworthy and z generation cares what people think about them.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azizah, Sabila Hanifan dan Februadi, Agustinus C. (2019). Motivasi Belanja Fesyen Online: Perspektif Generasi Y Wanita. 10th Industrial Research Workshop and National Seminar. Universitas Padjajaran. Hal. 789-799
Bisnis.com. (2020, Juli 12). Survei Alvara: Puncak Aktivitas internet Masayarakat Pukul 8 Malam. Bisnis.com.
https://teknologi.bisnis.com/read/20200712/101/1264941/survei-alvara-puncak-aktivitas-internet-masyarakat-pukul-8-malam
Chua, A. Y., & Banerjee, S. (2015). Understanding Review Helpfulness as a Function of Reviewer Reputation, Review Rating, and Review Depth. Journal of the Association for Information Science & Technology, vol. 66(2), hal. 354-362.
Dian, N. F., dan Artanti, Y. (2013). Pengaruh Kelompok Acuan dan Atmosfir Restoran Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Starbucks Coffee. Jurnal Ilmu Manajemen. Universitas Negeri Surabaya. Vol. 1(2), hal. 414-427.
Hidvégi, Anna dan Kelemen-Erdős, Anikó. (2016). “Assessing the Online Purchasing Decisions of Generation Z”. FIKUSZ ’16 Symposium for Young Researchers. Óbuda University. hal. 173-181
Kamila, Korina Tasya dkk. (2019). Pengaruh Online Consumer Review terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Mahasiswa Universitas Brawijaya Ta 2015/2016 – 2018/2019 Yang Pernah Membeli Dan Menggunakan Xiaomi Smartphone). Jurnal Administrasi Bisnis. Universitas Brawijaya. Vol.7(01) hal. 202-211.
Kardon, B. (2007), They’re saying nasty things. Marketing News, Vol. 41(20), hal. 30
Ketto, Paskalis Ferdinan Bereket dan Murti, Desideria Cempaka Wijaya. (2014). Proses Pengambilan Keputusan dalam Membeli Sepatu Olahraga. Jurnal Ilmu Komunikasi. Universitas Atma Jaya Yojyakarta, hal 1-10
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. (2012). Marketing Management: 14th Edition. New Jersey: Pearson Education.
McCrindle, Mark. (2009). The ABC of XYZ: Understanding the global generations. Bella Vista: McCrindle Research Pty.
Pramudi, R. Y. (2015). Pengaruh gaya hidup konsumtif dan kelompok referensi terhadap keputusan pembelian kosmetik lokal. Jurnal Riset Ekonomi dan Manajemen, 15(2), hal. 280-301
Ramadhan, Andre Fachrun dan Simanjuntak, Megawati. (2018). “Perilaku Pembelian Hedonis Generasi z: Promosi Pemasaran, Kelompok Acuan, Dan Konsep Diri”. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen. Institut Pertanian Bogor. Vol. 11(3) hal. 243 - 254.
Santoso, Giovani dan Triwijayati, Anna. (2018). “Gaya Pengambilan Keputusan Pembelian Pakaian Secara Online pada Generasi z Indonesia”. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen. Institut Pertanian Bogor. Vol. 11(3) hal. 231 - 242.
Stillman, David. dan Stillman, Jonah. (2017). Gen Z Work: How the Next Generation Is Transforming the Workplace. New York: HarperCollins Publishers.
Tapscott, Don. (2009). Grown Up Digital: How the Net Generation is Changing Your World. New York: McGraw Hill.
Thomas, M. R., Kavya, V., & Monica, M. (2018). “Online websites cues influencing the purchase intention of generation Z mediated by trust”. Indian Journal of Commerce & Management Studies, 9 (1), hal. 13-23.
We are Social. (2020). Digital 2020: July Global Statshot Report. https://datareportal.com/reports/digital-2020-july-global-statshot
Wijoyo, Hadion dkk. (2020). Generasi z dan Revolusi Industri 4.0. Banyumas: CV. Pena Persada.
Yang, Jiaqin dkk. (2007). Social Reference Group Influence on Mobile Phone Purchasing Behavior: A Aross Nation Comparative study”. Journal Mobile Communications. InderScience Publishers. Vol. 5(3) hal. 319-338
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/komunikologi.v4i2.8377
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Fitria Khairum Nisa, Arief Bregas Viratama, Nurul Hidayanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEXING BY :
======================================
Published by :
Fakultas Ilmu Sosial UIN Sumatera Utara
Medan, Indonesia
Editorial Office :
Jl. Williem Iskandar Psr.V Medan Estate 20371
Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial by Program Studi Ilmu Komunikasi UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/KOMUNIKOLOGI/index