ANALISIS PESAN KAMPANYE #DIRUMAHAJA DI TENGAH PANDEMI COVID-19

Dian Aprianita, Dasrun Hidayat

Abstract


Abstrak

Pesan kampanye #dirumahaja sedang digencarkan di Indonesia. Dengan kepedulian sosial pemutusan mata rantai COVID-19. Program kampanye ini dikeluarkan oleh salah satu perusahaan transportasi online PT. Gojek Indonesia. Penyampaian pesan kampanye dilakukan melalui media sosial instagram dengan memberikan unggahan berupa pesan #dirumahaja yang dikemas melalui foto dan video. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui persepsi customer Gojek terkait pesan kampanye #dirumahaja. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara kepada customer Gojek yang aktif dalam media sosial instagram. Subjek pada penelitian ini adalah customer Gojek dengan usia produktif 18-25 tahun. Dengan dilatarbelakangi profesi yang berbeda meliputi mahasiswa, karyawan, dan videografer. Hasil dari penelitian ini adalah adanya daya tarik customer terhadap program tersebut. Faktor yang menjadi daya tarik meliputi gambar, warna, dan kebaruan konten. Gambar program #dirumahaja dinilai menarik karena mampu memperlihatkan karakter pesan utama tentang aman di rumah saja. Sedangkan dari sisi warna, customer berpendapat menarik karena mampu memperkuat karakter gambar. Untuk kebaruan konten, adanya pesan yang dikemas dengan animasi mengikuti trend masa kini, serta pesan mengenai COVID-19 dengan aman tinggal di rumah. Adanya persepsi positif mengenai program tersebut, adapula perubahan pada pengetahuan, sikap, dan perilaku costumer terhadap bahaya dan cara pemutusan COVID-19.

 

Abstract

The  #dirumahaja  campaign message is being intensified in Indonesia.  With social care breaking the COVID-19 chain. This campaign program was launched by one of the online transportation companies, PT. Gojek Indonesia. Delivery of campaign messages is done through social media Instagram by providing uploads of #dirumahaja messages that are packaged through photos and videos. The purpose of this study was to determine customer perceptions related to the #dirumahaja campaign  message. This research uses a qualitative method with a descriptive approach. The technique of data collection is done by interviewing motorcycle taxi customers who are active on Instagram social media. The subjects in this study were Gojek customers with a productive age of 18-25 years. With different professional backgrounds including students, employees, and videographers.  The results of this study are the attractiveness of customers to the program  Factors of interest include an image, color, and novelty of content. The  #dirumahaja program image is considered attractive because it can show the main message characters about being safe at home. Meanwhile, in terms of color, customers think attractive because it can strengthen the character of the image. For the novelty of content, there are messages that are packaged with animation following current trends, as well as messages about COVID-19 safely staying at home. There is a positive perception of the program, there are also changes in customer knowledge, attitudes, and behavior towards the dangers and ways of terminating COVID-19.


 

 


Keywords


COVID-19; Kampanye #dirumahaja; Customer Gojek

Full Text:

PDF

References


Asih, Wulan Mulya, Khoiruddin Muchtar, and Yusuf Zaenal Abidin, ‘Pengelolaan Digital PR Dalam Mengemas Konten Dakwah Di Instagram @masjidtrans’, Jurnal Riset Komunikasi, 3.1 (2020), 108–19

Effendy, Onong Uchjana, Ilmu, Teori Dan Filsafat Komunikasi, 3rd edn (Bandung: PT. Citra Aditya Bakti, 2003)

Flanagin, Andrew J., ‘Online Social Influence and the Convergence of Mass and Interpersonal Communication’, Human Communication Research, 43.4 (2017), 450–63

Hidayat, Dasrun, Media Public Relations, 1st edn (Yogyakarta: Graha Ilmu, 2014)

Hidayat, Dasrun, Engkus Kuswarno, Feliza Zubair, and Hanny Hafiar, ‘Public Relations Communication Behavior through a Local-Wisdom Approach: The Findings of Public Relations Components via Ethnography as Methodology’, Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication, 34.3 (2018), 56–72

‘INDONESIA The Essentian Headline Data You Need To Understand The State Of Mobile, Internet, and Social Media Use’, We Are Social Dan Hootsuite, 2020

Lestari, Indah, and Solling Hamid, ‘Analisis Tingkat Kepercayaan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Niat Untuk Menggunakan Kembali Layanan Transportasi Online Di Era Pandemi COVID-19’, Equilibrium, 9.1 (2020), 27–35

Manueke, Manuela, Gustaaff Buddy Tampi, and Very Y Londa, ‘Persepsi Masyarakat Tentang Jasa Transportasi Berbasis Aplikasi Online Di Kota Manado (Studi Kasus Di PT. Go-Jek)’, Jurnal Administrasi Publik, 4.51 (2018)

Moleong, Lexy J, Metodelogi Penelitian Kualitatif, 29th edn (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011)

Nurfebiaraning, Sylvie, ‘Persepsi Mengenai Jasa Pelayanan (Studi Pada Konsumen Garuda Indonesia Yang Menonton Iklan TV Versi Layanan Terbaik)’, Jurnal Komunikasi, 3.1 (2014), 17–25

Pfattheicher, Stefan, Laila Nockur, Robert Böhm, Claudia Sassenrath, and Michael Bang Petersen, ‘The Emotional Path to Action: Empathy Promotes Physical Distancing During the COVID-19 Pandemic’, PsyArXiv [Working Paper], i, 2020, 1–8

Prawanto, Edy, ‘Virus Corona (2019-NCoV) Penyebab COVID-19’, Nature Structural and Molecular Biology, 3.1 (2020), 1–2

Rakhmat, Jalaluddin, Psikologi Komunikasi, ed. by Tjun Surjaman, 26th edn (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2008)

Salsabila, Nadiah Viora, and Niken Febrina Ernungtyas, ‘Berkabung Di Media Sosial : Persepsi Pemberitaan Kasus Kematian Artis Kpop Di Instagram’, Jurnal Ilmiah Dinamika, 4.62 (2020), 176–90

Setiadi, Nugroho J, Perilaku Konsumen, ed. by Willy Mahabi, 5th edn (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2013)

Setiawan, Budi, and Dini Salmiyah Fithrah, ‘Kampanye Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik Dalam Membentuk Persepsi Masyarakat Bandung’, Jurnal Manajemen Komunikasi, 2.2 (2019), 102

Shao, Meixuan, Jun Yin, Huichao Ji, Yisong Yang, and Fangfang Song, ‘Distance Perception Warped By Social Relations: Social Interaction Information Compresses Distance’, Acta Psychologica, 202.616 (2020), 102948

Suseno, Novie Susanti, ‘Tanggapan Pengunjung KFC Bandung Terhadap Pelaksanaan Kampanye #Nostrawmovement’, Journal Komunikasi Universitas Garut, 5.2 (2019), 286–303

Toni, Ahmad, ‘Dimensi Persepsi Kepuasan Pelayanan Driver Gojek Dalam Perspektif “Branding Strategy”’, Journal Avant Garde, 6.1 (2018), 1–17

Ulfa, Ghina Shabrina, and Anna Fatchiya, ‘Efektivitas Instagram “Earth Hour Bogor” Sebagai Media Kampanye Lingkungan.’, Jurnal Komunikasi Pembangunan, 16.1 (2017), 144–57

Utami, Dessy Nurul, and Berlian Putri, ‘Pengaruh Pesan Iklan Clean & Clear Versi 1000 Suku Indonesia, Warna Kulit Berbeda Di Youtube Terhadap Respon Kognitif Khalayak’, Jurnal Komunikologi, 3.1 (2019), 85–91

WHO, ‘Covid19 Coronavirus Disease 2019: Situational Report 72’, DroneEmprit, 2019.April (2020), 1–19

Wicaksana, Rheza Ramadhyan, and Atwar Bajari, ‘Kampanye Produk Minuman Kesehatan Melalui Games Interaktif (Studi Kasus Go Sweat Go Ion Game Sebagai Media Kampanye Pemasaran Produk Pocari Sweat)’, Jurnal Kajian Komunikasi, 3.1 (2015), 81–92

Yayu, Neng, Dasrun Hidayat, and Mahardiansyah Suhadi, ‘Pendekatan Intercultural Communication Pada Public Relations PT Santos Dalam Membangun Komunikasi Empati’, 4.1 (2019), 1–22

Yunus, Nur Rohim, and Annissa Rezki, ‘Kebijakan Pemberlakuan Lock Down Sebagai Antisipasi Penyebaran Corona Virus Covid-19’, Salama: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7.3 (2020)




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/komunikologi.v4i2.7910

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXING BY :

 

 

======================================

Published by :

Fakultas Ilmu Sosial UIN Sumatera Utara

Medan, Indonesia


Editorial Office :

Jl. Williem Iskandar Psr.V Medan Estate 20371


Creative Commons License

Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial by Program Studi Ilmu Komunikasi UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/KOMUNIKOLOGI/index