KOMUNIKASI PENDIDIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (KELAS IV SD NEGERI NO.14 SIMBOLON PURBA)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa di kelas IV SD Negeri No.14 Simbolon Purba pada kompetensi dasar menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan waktu, panjang dan berat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri No.14 Simbolon Purba Kabupaten Samosir yang berjumlah 20 siswa. Persentase observasi aktivitas guru mengalami peningkatan dari 72,36% pada siklus I menjadi 85,52% pada siklus II. Persentase observasi aktivitas siswa mengalami peningkatan dari 70% pada siklus I menjadi 85% pada siklus II. Hasil penelitian pada persentase ketuntasan belajar klasikal mengalami peningkatan dari 65% pada siklus I menjadi 95% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa di kelas IV SD Negeri No.14 Simbolon Purba.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, M. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Arikunto, S. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Bumi Aksara
Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Rusmono. 2012. Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning Itu Perlu untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Jakarta: Ghalia Indonesia
Sanjaya, W. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Pada Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
Slameto, (2003), Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, Penerbit: Rineka cipta, Jakarta.
Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/komunikologi.v2i1.5459
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 pindo hutauruk
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEXING BY :
======================================
Published by :
Fakultas Ilmu Sosial UIN Sumatera Utara
Medan, Indonesia
Editorial Office :
Jl. Williem Iskandar Psr.V Medan Estate 20371
Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial by Program Studi Ilmu Komunikasi UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/KOMUNIKOLOGI/index