KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA TERHADAP MEMBACA INTENSIF SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN STRATEGI PQ4R DI KELAS V SD NEGERI 067952 TITI KUNING MEDAN
Abstract
Penelitian ini adalah strategi pembelajaran Bahasa Indonesia yang disebut strategi PQ4R untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ketelitian dan rata-rata hasil belajar siswa, serta peningkatan kemampuan siswa yang signifikan setelah menggunakan strategi PQ4R pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Lokasi penelitian ini adalah Titi Kuning 067952 SD Negeri Medan. Hal ini didasari oleh rendahnya tingkat melek huruf dan kurangnya perhatian siswa dalam mengikuti pelajaran Bahasa Indonesia. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 067952 Medan Titi Kuning yang berjumlah 27 orang, dan objeknya adalah penggunaan strategi pengajaran PQ4R dalam Bahasa Indonesia. Instrumen yang digunakan adalah tes lapangan dan lembar observasi. Berdasarkan analisis yang telah dipelajari diperoleh peningkatan hasil siklus I dari 74,07 menjadi 85,19 pada siklus II dan rata-rata hasil belajar siswa pada Siklus I 80,00 dan 67,78 menjadi peningkatan yang signifikan dalam kemampuan siswa setelah menggunakan strategi PQ4R.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad Susanto. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group
Hamruni. 2013. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani
Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Sardiman. 2014 . Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta
Suharsimi Arikunto. 2015. Penilitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Sudjana .2013. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosda karya
Tampubolon. 2008. Kemampuan Membaca. Bandung: Angkasa Bandung
Tampubolon Saur. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Penerbit Erlangga
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Wina Sanjaya. 2010. Strategi Pembelajaran. Bandung: Kencana Prenada Media Group
Zainal Aqib, dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV. Rama Widya
Bubun Sihabul Millah, dalam http://alsyihab.blogspot.com/2010/10/penerapan-strategi-pq4r-preview.html. Akses Rabu, 21 Desember 2016
Soelaiman, dalam http:// info dan pengertian.blogspot.co.id/2015/04/ pengertian- kemampuan-ability-menurut.html. Akses Rabu, 21 Desember 2016
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/komunikologi.v2i1.5456
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Hasni Suciwati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEXING BY :
======================================
Published by :
Fakultas Ilmu Sosial UIN Sumatera Utara
Medan, Indonesia
Editorial Office :
Jl. Williem Iskandar Psr.V Medan Estate 20371
Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial by Program Studi Ilmu Komunikasi UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/KOMUNIKOLOGI/index