KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA TERHADAP MEMBACA INTENSIF SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN STRATEGI PQ4R DI KELAS V SD NEGERI 067952 TITI KUNING MEDAN

Hasni Suciwati

Abstract


Penelitian ini adalah strategi pembelajaran Bahasa Indonesia yang disebut strategi PQ4R untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ketelitian dan rata-rata hasil belajar siswa, serta peningkatan kemampuan siswa yang signifikan setelah menggunakan strategi PQ4R pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Lokasi penelitian ini adalah Titi Kuning 067952 SD Negeri Medan. Hal ini didasari oleh rendahnya tingkat melek huruf dan kurangnya perhatian siswa dalam mengikuti pelajaran Bahasa Indonesia. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 067952 Medan Titi Kuning yang berjumlah 27 orang, dan objeknya adalah penggunaan strategi pengajaran PQ4R dalam Bahasa Indonesia. Instrumen yang digunakan adalah tes lapangan dan lembar observasi. Berdasarkan analisis yang telah dipelajari diperoleh peningkatan hasil siklus I dari 74,07 menjadi 85,19 pada siklus II dan rata-rata hasil belajar siswa pada Siklus I 80,00 dan 67,78 menjadi peningkatan yang signifikan dalam kemampuan siswa setelah menggunakan strategi PQ4R.


Keywords


Strategi PQ4R; kelengkapan; peningkatan kemampuan siswa

Full Text:

PDF

References


Ahmad Susanto. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group

Hamruni. 2013. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani

Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Sardiman. 2014 . Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Suharsimi Arikunto. 2015. Penilitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Sudjana .2013. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosda karya

Tampubolon. 2008. Kemampuan Membaca. Bandung: Angkasa Bandung

Tampubolon Saur. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Penerbit Erlangga

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Wina Sanjaya. 2010. Strategi Pembelajaran. Bandung: Kencana Prenada Media Group

Zainal Aqib, dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV. Rama Widya

Bubun Sihabul Millah, dalam http://alsyihab.blogspot.com/2010/10/penerapan-strategi-pq4r-preview.html. Akses Rabu, 21 Desember 2016

Soelaiman, dalam http:// info dan pengertian.blogspot.co.id/2015/04/ pengertian- kemampuan-ability-menurut.html. Akses Rabu, 21 Desember 2016




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/komunikologi.v2i1.5456

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Hasni Suciwati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING BY :

 

 

======================================

Published by :

Fakultas Ilmu Sosial UIN Sumatera Utara

Medan, Indonesia


Editorial Office :

Jl. Williem Iskandar Psr.V Medan Estate 20371


 

Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial by Program Studi Ilmu Komunikasi UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/KOMUNIKOLOGI/index