PENGARUH PESAN IKLAN CLEAN & CLEAR VERSI 1000 SUKU INDONESIA, WARNA KULIT BERBEDA DI YOUTUBE TERHADAP RESPON KOGNITIF KHALAYAK
Abstract
Perempuan dan kecantikan adalah dua hal yang sangat sulit untuk dipisahkan. Dalam kehidupan kita saat ini representasi cantik dibangun atas persepsi yang dibentuk oleh industri kecantikan. Bagi masyarakat Indonesia, salah satu simbol cantik adalah identik dengan wajah putih, bersih dan mulus. Salah satu contoh,kini banyak perusahaan kosmetik yang menggunakan wanita yang berkulit putih untuk memasarkan produknya. Namun berbeda dengan iklan kecantikan pada umumnya, Clean & Clear membuat konsep iklan yang berbeda. Clean & Clear mengangkat pesan menarik, yaitu mengkampanyekan cantik itu tidak harus berkulit putih dengan menggunakan media sosial Youtube sebagai salah satu media periklanan nya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pesan iklan Clean & Clear di Youtube terhadap respon kognitif khalayak. Yang mana penelitian ini melibatkan satu variabel independen dan satu variabel dependen. Variabel independen adalah pesan iklan (X) dan variabel dependen adalah respon kognitif (Y). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan teknik analisis data deskriptif dan regresi linear sederhana. Pengambilan sampel dengan menggunakan metode non-probability sampling sebanyak 400 responden terhadap perempuan berusia 12-22 tahun, yang pernah menonton iklan Clean & Clear Versi 1000 Suku Indonesia, Warna Kulit Berbeda di Youtube. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pesan Iklan pada Iklan Clean & Clear Versi 1000 Suku Indonesia, Warna Kulit Berbeda di Youtube berpengaruh signifikan terhadap Respon Kognitif Khalayak sebesar 68,3% dan sisanya sebesar 31,7% dipengaruhi oleh faktor variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A.M, Morissan. Periklanan komunikasi pemasaran terpadu, Jakarta: Penerbit Kencana. 2010
____________. Periklanan komunikasi pemasaran terpadu, Jakarta: Penerbit Kencana. 2014
Belch & Belch. “Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communication Perspective” Mc Graw.Hill, New York. 2012.
Effendy, Onong Uchjana. Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset. 2009.
Kotler, Philip and Gary Armstrong. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1. Jakarta: Erlangga. 2008.
Kotler, Philip. Manajamen Pemasaran Edisi Kesebelas Jilid 2. Jakarta: PT INDEKS Kelompok Gramedia. 2005.
Soemanagara, Rd. Strategic Marketing Communication: Konsep Strategis dan Terpadu. Bandung: Alfabeta. 2008.
Sugiono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2017
Zarella, Dan . 2010. The Social Media Marketing Book. Oreilly Media. USA
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/komunikologi.v3i1.5315
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Dessy Nurul Utami, Berlian Primadani Satria Putri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEXING BY :
======================================
Published by :
Fakultas Ilmu Sosial UIN Sumatera Utara
Medan, Indonesia
Editorial Office :
Jl. Williem Iskandar Psr.V Medan Estate 20371
Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial by Program Studi Ilmu Komunikasi UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/KOMUNIKOLOGI/index