HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN MEMAHAMI ISI BACAAN DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SD NEGERI 067690 MEDAN JOHOR TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Eka Oksani Harahap

Abstract


Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimanakah kemampuan membaca siswa ada mata pelajaran Bahasa Iandonesia di kelas IV SD Negeri 067690 Medan Johor Tahun Pelajaran 2017/2018. (2) Bagaimana  hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD Negeri 067690 Medan Johor Tahun Pelajaran 2017/2018 (3) Apakah ada hubungan kemampuan membaca dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD Negeri 067690 Medan Johor Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 067690 Medan Johor pada tanggal 4 Mei 2018.Populasi seluruh siswa IV SD Negeri 067690 Medan Johor. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IVA SD Negeri 067690 Medan Johor yang berjumlah 25 siswa. Alat Pengumpulan data yang digunakan Memberi siswa test bacaan. Sedangkan nilai belajar siswa diambil dari wali kelas IVA SD Negeri 067690 Medan Johor. Hasil penelitian menyimpulan bahwa rata-rata hasil test kemampuan membaca diperoleh (80,4). Rata-rata Nilai hasil belajar siswa yang di peroleh siswa Kelas IV (79,68). Hasil yang diproleh dari koefisien korelasi sebesar 0,955 atau 9,55% dengan tingkat signifikan lebih kecil dari 0,05. Hasil dari 15,5 sedangkan 2,07. lebih besar dari pada sehingga ditolak diterima. Sehingga Adanya Hubungan Antara Kemampuan Membaca Dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV SD Negeri 067690 Medan Johor Tahun Pelajaran 2017/2018.

Full Text:

PDF

References


Ahmad Susanto. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group Hamruni. 2013. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka PelajarSardiman. 2014 .Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta Suharsimi Arikunto. 2015. Penilitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara Sudjana .2013.Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosda karya Tampubolon. 2008. Kemampuan Membaca. Bandung: Angkasa Bandung Tampubolon Saur. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Penerbit Erlangga Trianto.2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif.Jakarta: Kencana Prenada Media Group Wina Sanjaya. 2010. Strategi Pembelajaran. Bandung: Kencana Prenada Media Group Zainal Aqib, dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV. Rama Widya Bubun Sihabul Millah, dalam http://alsyihab.blogspot.com/2010/10/penerapan-strategi-pq4rpreview.html. Akses Rabu, 21 Desember 2016 Soelaiman, dalam http:// info dan pengertian.blogspot.co.id/2015/04/ pengertian- kemampuan-ability-menurut.html. Akses Rabu, 21 Desember 2016




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/komunikologi.v3i1.5314

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Eka Oksani Harahap

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING BY :

 

 

======================================

Published by :

Fakultas Ilmu Sosial UIN Sumatera Utara

Medan, Indonesia


Editorial Office :

Jl. Williem Iskandar Psr.V Medan Estate 20371


 

Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial by Program Studi Ilmu Komunikasi UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/KOMUNIKOLOGI/index