PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIP CHART TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMP KELAS VIII PADA MATERI SISTEM RANGKA MANUSIA

Dian Arisetya

Abstract


Pengaruh pemanfaatan media pembelajaran flip chart terhadap hasil belajar biologi siswa SMP kelas VIII pada materi sistem rangka manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar biologi siswa. Penelitian ini menggunakan metoda eksperimen, dimana dalam hal ini desain eksperimen menggunakan non equivalen control group design merupakan metode eksperimen semu (quasi eksperimen). Penelitian dibagi menjadi dua kelompok, kelompok eksperimen menggunakan media pembelajaran flip chart, sedangkan kelompok kontrol (konvensional) tanpa menggunakan media pembelajaran flip chart.  Penelitian ini dilaksanakan di SMP Swasta Abdi Karya Talapeta Deli Serdang. Populasi atau sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII. Data penelitian diperoleh dari nilai pretest dan posttest yang hasilnya menunjukkan bahwa pengaruh pemanfaatan media pembelajaran flip chart  dapat meningkatkan hasil belajar biologi. Hal ini dibuktikan dengan hasil posttest siswa yang menggunakan media pembelajaran flip chart (eksperimen) dengan nilai 81,32 dengan standar deviasi 121,71, dan kelas kontrol (konvensional) dengan nilai posttest 62,24 dengan standar deviasi 122,45. Hal ini menandakan adanya pengaruh pemanfaatan media pembelajaran flip chart terhadap hasil belajar biologi siswa. Hal ini dikarenakan kegiatan belajar mengajar dengan media pembelajaran flip chart menekankan keterlibatan siswa untuk berpikir secara kritis dan analistis untuk mencari dan menentukan sendiri inti dari materi pembelajaran sehingga siswa lebih mudah memahami materi yang sedang dipelajari.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsini. (2011). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta. Jakarta.

Arikunto, suharsini. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Edisi 2. Jakarta : Bumi Aksara.

Dimyati dan Mudjiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. CV. Pustaka Setia. Bandung.

Ihsan, Fuad. (2008). Dasar-dasar Kependidikan. Rineka Cipta Press. Bandung.

Ibrahim, R. Nana Syaodih S. (2010). Perencanaan Pengajaran. Rineka Cipta. Jakarta.

Kadir Abdul. (2014). Pengenalan Sistem Infomasi Edisi Revisi. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Musfiqon. (2012). Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta : PT.Prestasi Pustakaraya.

Sanjaya, Wina. (2012). Media Komunikasi Pembelajaran. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.

Sardiman. (2011). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. PT Rajagrafindo Persada. Jakarta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Sharon, E. S. (2011). Instructional Technology & Media for Learning. Jakarta : Kencana.

Rusman, K. D. dan Riyana C. (2012). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung : Rajawali Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/komunikologi.v3i1.5084

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Dian Arisetya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING BY :

 

 

======================================

Published by :

Fakultas Ilmu Sosial UIN Sumatera Utara

Medan, Indonesia


Editorial Office :

Jl. Williem Iskandar Psr.V Medan Estate 20371


 

Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial by Program Studi Ilmu Komunikasi UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/KOMUNIKOLOGI/index