Pengaruh Terpaan Media Aplikasi Noice Dan Kredibilitas Sumber Pada Podcast Horor “Scariest Case Of Ghost Ranger Indonesia” Terhadap Kepuasan Subscriber

Athalla Putra, Yeni Nuraeni

Abstract


Penelitian ini mengkaji pengaruh terpaan media aplikasi Noice dan kredibilitas sumber pada podcast horor “Scariest Case Of Ghost Ranger Indonesia” terhadap kepuasan subscriber. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei, penelitian ini melibatkan penggunaan kuesioner untuk mengumpulkan data. Hasil analisis menunjukkan bahwa baik terpaan media maupun kredibilitas sumber secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan subscriber. Terpaan media diukur dari frekuensi, durasi, dan atensi, sementara kredibilitas sumber dinilai dari keahlian, kepercayaan, dan daya tarik. Nilai koefisien regresi terpaan media adalah 0,487, yang berarti peningkatannya akan meningkatkan kepuasan subscriber sebesar 0,487 satuan. Sementara itu, kredibilitas sumber memiliki nilai koefisien regresi 6,974, dengan narator yang berpengalaman, jujur, dan menarik terbukti meningkatkan kepercayaan pendengar. Secara simultan, kedua variabel tersebut mampu menjelaskan 76,6% variasi kepuasan subscriber. Temuan ini sejalan dengan Media Richness Theory, di mana podcast “Scariest Case Of Ghost Ranger Indonesia” dinilai sebagai media yang kaya karena adanya isyarat yang beragam, umpan balik yang cepat, variasi bahasa, dan sumber yang personal. Penelitian ini menegaskan bahwa popularitas dan konsistensi konten horor di Noice berkorelasi positif dengan kepuasan audiens, serta mengisi celah penelitian yang sebelumnya lebih berfokus pada media sosial atau iklan.


Keywords


Terpaan Media, Kredibilitas Sumber, Kepuasan Subscriber, Podcast Horor

Full Text:

PDF

References


Farida, N., Purwitasari, E., & Taufik, I. (2022). Pengaruh kredibilitas influencer terhadap minat beli subscribers pada channel youtube otomotif Ridwan Hanif. BroadComm, 4(1), 36-44.

Karunia, H., Ashri, N., & Irwansyah, I. (2021). Fenomena Penggunaan Media Sosial: Studi Pada Teori Uses and Gratification. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 92-104.

Kotler, P., Keller, K. L., Brady, M., Goodman, M., & Hansen, T. (2016). Marketing Management 3rd edn PDF eBook. Pearson Higher Ed.

Kriyantono, R. (2020). Efektivitas website perguruan tinggi negeri sebagai penyedia informasi bagi mahasiswa. Jurnal Studi Komunikasi, 4(1), 117-142.

Kurnia, A., Kharisbrossmerry, P., & Jessica, M. (2024). Optimalisasi Konten Podcast di Aplikasi Noice sebagai Preferensi Gen Z Mendapatkan Informasi dan Hiburan. ARUNIKA: Bunga Rampai Ilmu Komunikasi, 34-45.

Noice. (2023). Tentang Noice. Retrieved from Noice: https://www.noice.id/tentang-noice/

Negara yang Paling Sering Mendengarkan Podcast, Ada Indonesia? - GoodStats Data

Nur, E. (2021). Peran media massa dalam menghadapi serbuan media online. Majalah Semi Ilmiah Populer Komunikasi Massa, 2(1).

Pohan, D. D., & Fitria, U. S. (2021). Jenis jenis komunikasi. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies, 29-37.

Safira, N. W., & Zurani, I. (2022). Pengaruh Terpaan Media Instagram@ Pekanbarukuliner Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers. Jurnal Ilmu Komunikasi (JKMS), 11(2), 77-85.

Sugiyono. (2024). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukma, P. B. (2020). Penggunaan Aplikasi Pada Smartphone Sebagai Media Pemasaran Startup Digital Pada Brand Noice.

Syafrina, A. E. (2022). Komunikasi Massa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/komunikologi.v9i1.26120

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Athalla Putra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING BY :

 

 

======================================

Published by :

Fakultas Ilmu Sosial UIN Sumatera Utara

Medan, Indonesia


Editorial Office :

Jl. Williem Iskandar Psr.V Medan Estate 20371


 

Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial by Program Studi Ilmu Komunikasi UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/KOMUNIKOLOGI/index