Pengaruh Promosi Penjualan 'Free Photo Card Korean Idol Group' Terhadap Perilaku Membeli Pada Produk E-Commerce Tokopedia

Maulida Larasati, Rd Funny Mustikasari Elita, Teddy Kurnia Wirakusumah

Abstract


Abstrak

Promosi merupakan salah satu kegiatan penjualan dan pemasaran untuk memberikan informasi dan mendorong permintaan produk ataupun jasa dengan membuat ide yang memengaruhi konsumen dan setiap e-commerce memiliki strategi promosi masing-masing, dan semakin banyak promo yang diberikan tentu membuat konsumen makin menyadari kehadiran suatu produk. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh adanya PC Korean Idol Gratis pada setiap pembelian di e-commerce Tokopedia. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif deskriptif, dengan mengambil responden melalui teknik accidental sampling dengan jumlah 100 orang yang berada di daerah Jakarta dan menggunakan e-commerce dalam kurun waktu 3 bulan terakhir. Sumber data utama mengumpulkan informasi melalui penggunaan kuesioner yang didasarkan pada skala Likert dan menggunakan SPSS 26 untuk melakukan uji data. Hasil dari temuan peneliti yaitu bawa free photocard Korean Idol Group tidak menjadi salah satu strategi yang diminati. Banyak konsumen yang melakukan pembelian di Tokopedia karena produk serta promo lain yang ditawarkan pada platform tersebut.

 

Abstract

Promotion is one of the sales and marketing activities to provide information and encourage demand for products or services by creating ideas that influence consumers and each e-commerce has its own promotional strategy, and the more promotions given of course make consumers more aware of the presence of a product. This research aims to analyze the influence of the Free Korean Idol PC on every purchase on Tokopedia e-commerce. This type of research is descriptive quantitative, taking respondents using an accidental sampling technique with a total of 100 people who are in the Jakarta area and have used e-commerce in the last 3 months. The main data source collects information through the use of a questionnaire based on a Likert scale and using SPSS 26 to test the data. The findings of the researcher indicate that free photocards of Korean idol groups are not a preferred strategy. Many consumers make purchases on Tokopedia due to the products and other promotions offered on the platform.


Keywords


Promosi Penjualan, Keputusan Pembelian, Minat Beli, E-Commerce

Full Text:

PDF

References


Aldrich, M. (2011). Online Shopping in the 1980s. International Business & Economics Research Journal, 33(4).

Anderson, T., & Wilson, E. (2019). The Impact of Artificial Intelligence on Digital Marketing Strategies. Harvard Business Review, 87(5), 102-115.

Barron's. (2023). Compulsive binge shopping: How technology is fueling the addiction. https://www.barrons.com/articles/compulsive-binge-shopping-tech-addiction-0f5bb99f

Ekonomi Digital Indonesia. (2022). Analisis e-commerce sebagai ekonomi digital dalam mendorong pertumbuhan perekonomian di Indonesia. Jurnal Ekonomi DigitalIndonesia, 6(2), 45–60.

https://e-journal.nalanda.ac.id/index.php/jkpu/article/view/806.

Hidayati, Khairina. 2020. Melaju Pesat, Intip Perkembangan E-Commerce di Indonesia. Diakses dalam https://glints.com/id/lowongan/perkembangan-e-commerce-di-indonesia/#.YHvukWczZPY.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Managemen. 15th Edition, Pearson Education.

Laura, and Djajakusuma. (2023). Analisis Kepuasan Pelanggan Tokopedia dengan Model Analisis Jalur. Jurnal Sistem Informasi Bisnis 01, JSINBIS, p-ISSN: 2502-2377, e-ISSN: 2088-3587

Lestari, D. and Widjanarko, W. (2023). Pengaruh citra merek, persepsi harga dan e-word of mouth terhadap keputusan pembelian produk fashion jiniso.id di marketplace Shopee. Jurnal Economina, 2(3), 753-765. https://doi.org/10.55681/economina.v2i3.398

Mahsa, dkk. (2015). Analyzing the Influence of Sales Promotion on Customer Purchasing Behaviour. International Journal of Economics & Management Sciences, doi:10.4172/2162-6359.1000243

Nisa, Audina. 2021. 13 Tren E-Commerce di Tahun 2021. Diakses dalam https://www.exabytes.co.id/blog/tren-e-commerce-2021/.

Rangkuti, F., 2013. Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Riki, Umar. 2022. Pengaruh E-Commerce dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol. 17 No.1.

Ryan, and Reza. (2024). Dampak Pemasaran Digital, Testimoni, dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna e-commerce Shopee. Jurnal Dimensi Universitas Kepulauan Riau, Vol. 3 No. 2

Taylor, R., & Clark, D. (2021). Email Marketing Best Practices for Maximum Engagement. Journal of Interactive Marketing, 30(4), 512-527.

Wibowo, edwin. 2015. Pemanfaatan Teknologi E-Commerce Dalam Proses Bisnis. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi. Universitas Riau.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/komunikologi.v8i2.22532

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Maulida Larasati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING BY :

 

 

======================================

Published by :

Fakultas Ilmu Sosial UIN Sumatera Utara

Medan, Indonesia


Editorial Office :

Jl. Williem Iskandar Psr.V Medan Estate 20371


 

Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial by Program Studi Ilmu Komunikasi UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/KOMUNIKOLOGI/index