Penggunaan AI sebagai Atribut Kampanye dalam Pengambilan Keputusan Mahasiswa Memilih Capres dan Cawapres

Cicilia Afrilia Afrilia, Siona Geraldine

Abstract


Pemilu 2024 telah selesai diselenggarakan pada tanggal 14 Februari 2024. Pemilu adalah sarana mewujudkan partisipasi politik dalam bentuk pesta demokrasi yang dilaksanakan secara luber dan jurdil. Sebelum pemilu berlangsung tiap paslon melakukan kampanye. Kampanye adalah cara atau upaya yang dilakukan para paslon untuk mempengaruhi masyarakat agar memilih paslon pada saat pemilu berlangsung. Saat ini kampanye dilakukan dengan memanfaatkan teknologi AI. Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan adalah teknologi yang dapat menirukan gaya manusia dan memiliki cara berpikir layaknya seperti manusia. Salah satu paslon memanfaatkan AI untuk berkampanye dengan tujuan menarik perhatian masyarakat dalam memilih. Penggunaan AI tersebut berupa videotron billboard 3D, reklame AI berbentuk kartun serta website yang diluncurkan untuk foto bersama capres dan cawapres yaitu fotober2.ai. Penelitian ini dibuat dengan tujuan mengetahui bahwa kampanye dengan memanfaatkan AI menjadi alasan mahasiswa memilih paslon sebagai presiden dan wakil presiden 2024-2028. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Pendekatan penelitian kualitatif adalah penelitian untuk memahami fenomena pada subjek penelitian seperti perilaku, persepsi, motivasi, dan tindakan yang dialami subjek penelitian melalui deskripsi dalam bentuk kata dan bahasa. Sampel dari penelitian ini yaitu mahasiswa yang sudah memiliki hak suara dengan jumlah empat (4) informan. Sumber data yang diperoleh adalah data sekunder dan data primer. Hasilnya menunjukan bahwa AI memang menarik dan dianggap sebagai atribut kampanye yang unik dan modern. Namun, AI tidak menjadi alasan bagi mahasiswa untuk mengambil keputusan memilih karena disamping itu mahasiswa tetap memperhatikan visi, misi serta program kerja kedepan yang akan dijalankan oleh capres dan cawapres berikutnya.

Keywords: Atribut Kampanye, AI, Pengambilan Keputusan, Memilih


Full Text:

PDF

References


References

Amrurobbi, Azka Abdi. (2021). Problematika Sampah Visual Media Luar Ruang: Tinjauan Regulasi Kampanye Pemilu dan Pilkada. Jurnal Adhyasta Pemilu. 4(2), 66-78.

Dila, N., & Fitri, A. (2020). Peningkatan partisipasi pemilih milenial: Strategi komunikasi dan sosialisasi komisi pemilihan umum pada pemilu 2019. Makna: Jurnal Kajian Komunikasi, Bahasa, dan Budaya, 7(2), 56-84.

Dpp.Fisipol. (2023). Rilis Hasil Survei Opini dan Preferensi Politik Mahasiswa Indonesia

Fahlevi, R. (2022). Kampanye Capres dan Cawapres Pada Pemilu 2019: Efektivitas Penggunaan Buzzer di Media Sosial. Journalism, Public Relation and Media Communication Studies Journal (JPRMEDCOM), 4(1). https://journal.unsika.ac.id/index.php/JPRMEDCOM/article/view/6544

Fatimah, S. (2018). Kampanye sebagai Komunikasi Politik. Resolusi: Jurnal Sosial Politik, 1(1), 5-16. https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/resolusi/article/view/154

Fauzi, I., & Kartiko, A. (2023). Pengaruh Promosi an Produk Terhadap Pengambilan Keputusan Memilih Madrasah. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 242-251. http://pasca.jurnalikhac.ac.id/index.php/munaddhomah/article/view/435

Fitriani, N. (2024). Pemilu 2024: Gen Z dan Milenial Sumbang 55 Persen Suara, ini fakta

Haris, Muhammad & Tantimin. (2022). Analisis Pertanggungjawaban Hukum Pidana Terhadap Pemanfaatan Artifical Intelligence Di Indonesia. Jurnal Komunikasi HukuM, 8(1), 307-316. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/jkh

Kasih, E. (2018). Pelaksanaan Prinsip-Prinsip Demokrasi Dalam Sistem Politik di Indonesia Guna Mewujudkan Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Jurnal Lemhannas RI, 6(2), 49-68. https://jurnal.univrab.ac.id/index.php/jdp/article/view/3386/1584

Kusumawati, R. (2008). Kecerdasan Buatan Manusia (Artificial Intelligence); Teknologi Impian Masa Depan. ULUL ALBAB Jurnal Studi Islam, 9(2), 257-274. https://doi.org/10.18860/ua.v9i2.6218

lengkapnya. Open Data Jabar. https://opendata.jabarprov.go.id/id/artikel/pemilu-2024-gen-z-dan-milenial-sumbang-55-persen-suara-ini-fakta-lengkapnya

Lubis, M. S. Y. (2021, August). Implementasi Artificial Intelligence Pada System Manufaktur Terpadu. In Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK) (Vol. 4, No. 1, pp. 1-7). https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/semnastek/article/view/4134

Lubis, Novia Amia Azizah. (2021). Penggunaan Videotron Sebagai Media Promosi Perpustakaan. 19 Januari 2021. Perpustakaan Universitas Andalas. https://pustaka.unand.ac.id/makalah-pustakawan/item/235-penggunaan-videotron-sebagai-media-promosi-perpustakaan

Masrichah, Siti. (2023). Ancaman Dan Peluang Artificial Intelligence (AI). Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora. 3(3), 83-101. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v3i3.1860

Mirza, I. M. M. (2023). Implementasi Artificial Intelligence Dalam Iklan Politik Menuju Masyarakat Indonesia 5.0. VISUALIDEAS, 3(2), 65-82.

Moleng, L, J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Moleong, j, Lexy. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja. Rosdakarya.

Nurrahmi, F. (2017). Pengaruh Terpaan Media dan Sosialisasi Politik melalui Primary Groups terhadap Proses Pengambilan Keputusan Pemilih. Jurnal Komunikasi Global, 6(1), 39-55. https://jurnal.usk.ac.id/JKG/article/view/9186/7196

Oktoyanti, G. T., Yamin, A., & Firmansyah, J. (2024, January). PENGARUH KOMUNIKASI, KEBIJAKAN DAN CITRA POLITIK PARTAI NASDEM TERHADAP KEPUTUSAN MEMILIH MASYARAKAT. In Prosiding Seminar Nasional Manajemen Inovasi (Vol. 7, No. 001, January, pp. 167-176).

pada Pemilu 2024. Departemen Politik & Pemerintahan Fisipol UGM. https://dpp.fisipol.ugm.ac.id/rilis-hasil-survei-opini-dan-preferensi-politik-mahasiswa-indonesia-pada-pemilu-2024/

Pasolong, H. (2023). Teori Pengambilan Keputusan. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Putri, A. D., & Kom, M. (2017). Sistem Pakar Mendeteksi Tindak Pidana Cybercrime Menggunakan Metode Forward Chaining Berbasis Web Di Kota Batam. Edik Informatika, 3(2), 197-210. https://doi.org/10.22202/ei.2017.v3i2.2244

Rusjumawan, S. E., Asmara, U. H., & Sindju, H. B. Kontribusi Keterampilan Komunikasi dan Pengambilan Keputusan Kepala Sekolah terhadap Motivasi Kerja Guru di Sman Jalur Lintas Malindo Kabupaten Sanggau Propinsi Kalimantan Barat. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 3(3).

Shelyana, S., & Prasetyawan, Y. Y. (2019). Pengalaman Informasi Remaja Terhadap Alat Peraga Kampanye Pemilu 2019 di Kota Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 8(4), 1-10.

Sihotang, R. (2012). Hubungan Antara Komunikasi Dan Pengambilan Keputusan Dengan Kinerja Kepala Sekolah Dasar Negeri Di Wilayah Jakarta Timur. Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2).

Tumangkeng, S. Y. L., & Maramis, J. B. (2022). Kajian Pendekatan Fenomenologi: Literature Review. Jurnal Pembangunan Ekonomi Dan Keuangan Daerah, 23(1), 14-32.

WEBSITE

Michaella, S. (2024, 16 Januari). Gibran Pamer Tayangan Iklan Videtron Prabowo-Gibran Kartun 3D. 18 Maret 2024. https://www.idntimes.com/news/indonesia/sonya-michaella/gibran-pamer-tayangan-iklan-videotron-prabowo-gibran-kartun-3d?page=all

Muliawati, F. (2024, 8 Februari). Media Asing Sorot Pilpres 2024, Ada Keterlibatan AI. 18 Maret 2024. https://www.cnbcindonesia.com/tech/20240208133842-37-512853/media-asing-sorot-pilpres-2024-ada-keterlibatan-ai

Putra, K. (2024, 2 Januari). TKN Meluncurkan Aplikasi Fotober2.ai, Cara Baru Dukung Prabowo-Gibran. Diakses pada 20 Maret 2024. https://m.jpnn.com/news/tkn-meluncurkan-aplikasi-fotober2ai-cara-baru-dukung-prabowo-gibran




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/komunikologi.v8i2.19854

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Cicilia Afrilia Afrilia, Siona Geraldine

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING BY :

 

 

======================================

Published by :

Fakultas Ilmu Sosial UIN Sumatera Utara

Medan, Indonesia


Editorial Office :

Jl. Williem Iskandar Psr.V Medan Estate 20371


 

Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial by Program Studi Ilmu Komunikasi UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/KOMUNIKOLOGI/index