DIGITALISASI BIROKRASI DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK (PELUANG DAN TANTANGANNYA)

Riris Kusmiyati, Rahmanita Ginting, Muhammad Thariq

Abstract


Abstrak

Digitalisasi birokrasi menjadi sebuah tuntutan yang sangat mendesak untuk dipenuhi, demi untuk meningkatkan kemudahan dan kecepatan proses pelayanan, serta untuk transparansi dan akuntabilitas kualitas pelayanan. Pelayanan publik adalah wajah konkret kehadiran negara dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Ke depannya pemerintah perlu selalu beradaptasi dengan perkembangan teknologi, termasuk mampu memberikan layanan digital yang prima. Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Asahan berupaya memanfaatkan media digital sebagai peluang dalam menyebarluaskan informasi layanan terhadap publik, seperti penggunaan Instagram, Facebook, Website, Tiktok maupun media cetak. Tantangan Dinas Kominfo Kabupaten Asahan yang belum mampu menerapkan dan memenuhi Peran Kehumasan Kominfo pada peningkatan pelayanan publik dalammmemenuhi kebutuhann masyarakat yang semakin besar. 

 

Abstract

Digitalization of the bureaucracy is a very urgent demand to be fulfilled, in order to increase the ease and speed of the service process, as well as for transparency and accountability for service quality. Public service is the concrete face of the state's presence in people's everyday lives. Going forward, the government needs to always adapt to technological developments, including being able to provide excellent digital services. The Asahan District Communication and Informatics Office seeks to utilize digital media as an opportunity in disseminating service information to the public, such as the use of Instagram, Facebook, Website, Tiktok and print media. Challenges The Office of Communication and Informatics of Asahan Regency has not been able to carry out and fulfill the role of Communication and Information Public Relations in improving public services in meeting the growing needs of society.


Keywords


Program Digitalisasi, Media, Pelayanan Publik

Full Text:

PDF

References


Jaka. 2022. Pemkab Asahan Gelar Forum OPD Bidang Digitalisasi Birokrasi http://www.inimedanbung.com/2021/03/18/pemkab-asahan-gelar-forum-opd-bidang-digitalisasi-birokrasi/

Milles, Matthew B and A Michael Huberman. 2005. Qualitative Data Analisis (terjemahan). UI Press, Jakarta

Lisa Adhrianti. (2016). Profesi Humas. Volume 6, No. 2, 2022, Hlm. 286-310 Website: Http://Jurnal.Unpad.Ac.Id/Profesi-Humas

M. S. (2020). View of COVID-19: 20 countries’ higher education intra-period digital pedagogy responses | Journal of Applied Learning and Teaching. Journal of Applied Learning & Teaching ,3 (1)(1). https://journals.sfu.ca/jalt/index.php/jalt/arti cle/view/191/163

Moon, M. J. (2002). The evolution of E-government among municipalities: Rhetoric or reality? Public Administration Review, 62(4), 424–433. https://doi.org/10.1111/0033- 3352.00196

Peraturan Presiden No 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah

Nur Qoudri Wijaya, Syaiful Anwar, Unsul Abra. 2022. Peran Copywriter Dalam Pembuatan Konten Sebagai Sarana Media Informasi Digital Pada Dinas Kominfo bogor. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia Vol 08 No 01.

Nur, Emilsyah. (2021). Peran Media Massa Dalam Menghadapi Serbuan Media Online The Role Of Mass Media In Facing Online Media Attacks. Majalah Ilmiah Semi Populer Komunikasi Massa Vol. 2 No. 1 Juni 2021 Hal : 51 – 64

Theaker,A.(2001) The Public Relations Handbook. New York:

Undang-Undang Nomorr 14 Tahun 2008, tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Yanuar, Ikbar. (2012). Metode Penulisan Sosial Kualitatif. Bandung : PT Refika Aditama.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/komunikologi.v7i1.16596

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING BY :

 

 

======================================

Published by :

Fakultas Ilmu Sosial UIN Sumatera Utara

Medan, Indonesia


Editorial Office :

Jl. Williem Iskandar Psr.V Medan Estate 20371


Creative Commons License

Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial by Program Studi Ilmu Komunikasi UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/KOMUNIKOLOGI/index