Representasi Kecantikan Wanita dalam Iklan Video Wardah Brave Beauties #BergerakHidupkanHarapan

Qoniah Nur Wijayani

Abstract


Iklan merupakan salah satu media massa yang menarik dan banyak disukai banyak orang. Apalagi di dalam iklan tersebut terdapat suatu makna positif yang membuat seseorang untuk bisa menjadi lebih baik. Iklan Wardah selalu memiliki konsep iklan yang menarik untuk ditonton. Salah satunya adalah iklan dengan tema Brave Beauties. Pada tema iklan tersebut menarik untuk dikaji secara dalam agar bisa ditemukan representasi dari makna kecantikan wanita yang dikemas oleh Wardah pada video iklannya. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui representasi kecantikan wanita dalam iklan Wardah tema Brave Beauties #BergerakHidukanHarapan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori representasi dari Struart Hall. Metode penelelitian ini merupakan metodologi kualitatif dengan pendekatan semiotika dari Charles Sanders Pierce. Ditemukan bahwa representasi kecantikan wanita dalam iklan Wardah tema Brave Beauties #BergerakHidupkanHarapan adalah wanita yang memiliki kecantikan luar dan juga dalam. Kecantikan luar berarti wanita harus tetap menjaga penampilannya. Adapun kecantikan dari dalam adalah dengan menjadi pribadi yang memiliki karakter kuat untuk mau berjuang, tidak mudah menyerah, memanfaatkan waktu yang diberikan Tuhan dengan sebaik-baiknya, selalu bersyukur, dan mau berbagi dengan sesama.

Keywords


representasi kecantikan wanita; semiotika Charles Sanders Peirce; iklan video Wardah

Full Text:

PDF

References


Abidin, A. R., & Abidin, M. (2021). Urgensi Komunikasi Model Stimulus Organism Response (S-O-R) dalam Meningkatkan Kualitas Pembelejaran. Al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2), 74–90. doi: http://dx.doi.org/10.33477/alt.v6i2.2525

Albar, M. W. (2018). Analisis Semiotik Charles Sander Pierce tentang Taktik Kehidupan Manusia: Dua KARYA Kontenporer Putu Sutawijaya. Lensa Budaya, 13(2), 123–136. doi: https://doi.org/10.34050/jlb.v13i2.5447

Ayomi, P. N. (2021). Gosip, Hoaks, dan Perempuan: Representasi dan Resepsi Khalayak terhadap Film Pendek “Tilik.” Rekam : Jurnal Fotografi, Televisi, Animasi, 17(1), 51–61. doi: https://doi.org/10.24821/rekam.v17i1.4910

Candra Dewi, M. (2013). Representasi Pakaian Muslimah dalam Iklan (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce pada Iklan Kosmetik Wardah di Tabloid Nova). Profetik: Jurnal Komunikasi, 06(2), 63–82. Diambil dari https://ejournal.uin-suka.ac.id/isoshum/profetik/article/view/1171/1081

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum , 21(1), 33–54. doi: 10.21831/hum.v21i1

Fajar, A., & Iskandar, D. (2021). Analisis Semiotik Pesan Moral dalam Film Sexy Killers. Jurnal Pantarei, 5(3). Diambil dari https://jom.fikom.budiluhur.ac.id/index.php/Pantarei/article/view/765

Giovani. (2020). Representasi “Nazar” dalam Film Insya Allah Syah Karya Benni Setiawan. PROPORSI: Jurnal Desain, Multimedia, dan Industri Kreatif , 5(2), 227–238. doi: http://dx.doi.org/10.22303/proporsi.2.1.2016.59-70

Gusmail, S. (2018). Properti Tari Waktu dalam Lipatan: Analiasis

Semiotika melalui Pendekatan Charles Sanders Pierce. Jurnal Puitika, 19(1), 14–25. doi: http://dx.doi.org/10.25077/puitika.14.1.14--24.2018

Harisah, A., & Masiming, Z. (2008). Persepsi Manusia terhadap Tanda, Simbol dan Spasial. Jurnal Smartek, 6(1), 29–43. Diambil dari http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/SMARTEK/article/view/465

Kriyantono, R. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenamedia Group.

Kurniadi, O. (2007). Perempuan dalam Tayangan Televisi. Mediator: Jurnal Komunikasi, 8(1), 103–112. doi: https://doi.org/10.29313/mediator.v8i1.1230

Nurasih, P. (2022). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Minat Beli Produk Wardah Exclusive Matte Lipcream pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung (Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah ). Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah , Tulungagung. Diambil dari http://repo.uinsatu.ac.id/29539/4/BAB%20I.pdf

Nurginaya, Lukman, & Said, M. I. (2020). Representasi Ideologi Dibalik Mitos dalam Mengemas Makna Subjektif Iklan Media Cetak dan Media Elektronik: Sebuah Alternatif Semiotika. Nady Al-Adab: Jurnal Bahasa Arab, 17(2), 31–46. doi: https://doi.org/10.20956/jna.v17i2.12201

Nurhadi, Z. F., & Kurniawan, A. W. (2017). Kajian tentang Efektivitas Pesan dalam Komunikasi. Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran dan Penelitian, 3(1), 90–95. doi: ttp://dx.doi.org/10.10358/jk.v3i1.253

Pahlevi, R. (2022). 10 Merek Kosmetik Lokal Favorit Masyarakat, 3 Punya Paragon. Diambil 29 Juni 2023, dari databoks.katadata.co.id website: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/09/03/10-merek-kosmetik-lokal-favorit-masyarakat-3-punya-paragon

Patria, F. (2020). Memahami Interaksi Media dengan Teori Stuart Hall _ kumparan.com. Diambil 25 Juni 2023, dari Kumparan.com website: https://kumparan.com/farhandiah-patria/memahami-interaksi-media-dengan-teori-stuart-hall-1uitEsIc80P/full

Putri, P. K. (2016). Aplikasi Pendekatan-Pendekatan Persuasif Pada Riset Komunikasi Pemasaran Iklan Melibatkan Penciptaan dan Penerimaan Pesan Komunikas. Jurnal The Messenger, 8(1), 1–16. doi: http://dx.doi.org/10.26623/themessenger.v8i1.313

Putri, Y. A. (2022). Peran Label Halal dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah di Kota Palembang. Jurnal Bisnis Terapan, 6(2), 197–206. doi: https://doi.org/10.24123/jbt.v6i2.5202

Rachman, R. F. (2020). Representasi Dalam Film. Jurnal Paradigma Madani , 7(2), 10–18. Diambil dari http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/PAR/article/view/832

Rajab, R. (2014). Pertarungan Makna pada Konvernsi Partai Demokrat dalam Mencari Calon Presiden Republik Indonesia. Jurnal Komunikasi Malaysian Journal of Communication, 30(2), 201–220. Diambil dari http://www.dahlaniskan.net/biografi/

Solihin, O. (2015). Terpaan Iklan Mendorong Gaya Hidup Konsumtif Masyarakat Urban. Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi, 5(2), 41–50. doi: 10.34010/JIPSI.V5I2.225

Supandi, M. (2017). Perempuan dalam Novel Dakwah: Kajian Karya Asma Nadia dalam Perspektif Hall (Women in Da’wah Novel: The Study of Asma Nadia’s Works in Hall’s Perspective). LAKON : Jurnal Kajian Sastra dan Budaya, 6(1), 1–12. doi: https://doi.org/10.20473/lakon.v6i1.6789

Wardah. (2021). Wardah Ajak Perempuan Indonesia Menjadi Brave Beauties Lewat Beauty Moves You _ Wardah Indonesia. Diambil 25 Juni 2023, dari https://www.wardahbeauty.com/en/news/wardah-ajak-perempuan-indonesia-menjadi-brave-beauties-lewat-beauty-moves-you

Wardah. (2023). Wardah Inspiring Movement. Diambil 25 Juni 2023, dari https://inspiringmovement.wardahbeauty.com/about#:~:text=Wardah%20merupakan%20brand%20kosmetik%20halal,perempuan%20tampil%20cantik%20sesuai%20karakternya.

Winarni, R. W. (2010). Representasi Kecantikan Perempuan. Journal Details, 2(2), 134–152. doi: http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v2i02.399

Yuliaswir, P., & Abdullah, A. (2019). Representasi Budaya Jawa dalam Video Klip Tersimpan di Hati (Analisis Semiotika Charles Sanders Pierce). Jurnal Riset Mahasiswa Dakwah dan Komunikasi (JRMDK), 1(5), 336–345. doi: http://dx.doi.org/10.24014/jrmdk.v1i5.8762




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/komunikologi.v8i1.16570

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING BY :

 

 

======================================

Published by :

Fakultas Ilmu Sosial UIN Sumatera Utara

Medan, Indonesia


Editorial Office :

Jl. Williem Iskandar Psr.V Medan Estate 20371


Creative Commons License

Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial by Program Studi Ilmu Komunikasi UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/KOMUNIKOLOGI/index