Peranan Iklim Komunikasi Organisasi Pada Organisasi dan Perusahaan dalam Kondisi Bonus Demografi

Ahmad Abadi Saiful Hilal, Asep Suryana, Uud Wahyudin

Abstract


Asbtrak

Saat ini Indonesia sedang mengalami bonus demografi dimana jumlah penduduk dengan usia produktif lebih banyak dibandingkan dengan usia nonproduktif. Hal tersebut tentunya perlu dimanfaatkan guna meningkatkan produktivitas serta kualitas di dunia organisasi/ kerja di Indonesia. Generasi milenial sebagai salah satu generasi yang saat ini cukup dominan, dianggap memiliki kecenderungan untuk cepat dalam berpindah pekerjaan sehingga bukan tidak mungkin mengganggu stabilitas perusahaan/ organisasi. Sehingga penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui peranan iklim komunikasi organisasi pada organisasi guna menghindari/ menyelesaikan permasalahan kecenderungan cepatnya pegawai dalam melakukan perpindahan pekerjaan terutama pada masa bonus demografi dimana supply & demand tenaga kerja tergolong banyak. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan metode studi kepustakaan dimana data yang diperoleh dari berbagai sumber literatur yang ada kemudian dianalisis guna menyelesaikan permasalahan penelitian. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa iklim komunikasi organisasi memiliki peranan yang cukup penting guna menjaga kenyamanan, mencegah keinginan pegawai untuk keluar dari pekerjaan, meningkatkan kinerja pegawai, serta memberikan motivasi kepada pegawai. Temuan tersebut didukung dengan penelitian-penelitian sebelumnya dimana menunjukkan bahwa iklim komunikasi organisasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai dan kepuasan kerja pegawai, serta memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap motivasi pegawai.

 

Abstract

Indonesia currently experiencing a demographical bonus where the number of productive age people is greater than non-productive age. Then, it needs to be utilized to increase the productivity and quality in the world of organization and workplace in Indonesia. However, millenials as one of the dominant generations is considered to have tendency to change jobs so quickly, this problem might disrupt the stability of companies/ organizations. This reasearch conducted to findout the role of organizational communication climate in organizations to resolve the problem of the tendency for employees to quickly move jobs, especially during this demographical bonus. This research was carried out using a descriptive qualitative approach and a literature study method where the data obtained from various existing literature sources then analyzed to solve the research problem. The result of the study shows that the organizational communication climate has an important role in maintaining comfort, preventing employees from leave, and improving employee performance, and providing motivations to employees. These findings are supported by previous studies which show that organizational communication climate has a positive and significant influence on employee performance and employee job satisfaction, also has a positive and insignificant impact on employee motivation.


Keywords


Organizational Communication Climate; Employee Performance; Employee Motivation; Employee Job Satisfaction

Full Text:

PDF

References


Ahmad Abadi Saiful Hilal, A. S. (2021). Pengaruh Iklim Komunikasi Organisasi dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Motivasi Pegawai. In M. I. Padjajaran, Komunikasi, Adaptasi, dan Peluang Organisasi (p. 287). Jatinangor: Unpad Press.

Anita, G. (2021). Pengaruh Iklim Komunikasi Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Kantor BPKP Maluku. In M. I. Padjajaran, Komunikasi, Adaptasi, dan Peluang Organisasi (p. 98). Jatinangor: Unpad Press.

Dharma, R. (2019). Pengaruh Iklim Organisasi dan Kounikasi Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Dalam Meningkatkan Komitmen Organisasi Pada PT. Batanghari Barisan Padang. Benefita, 348-362.

Inge Hutagalung, d. R. (2018). Pengaruh Iklim Komunikasi dan Komitmen Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Kecamatan XYZ Bekasi. Jurnal Kajian Komunikasi, 72-84.

Kusnandar, V. B. (2022, September 30). Era Bonus Demografi, 69% Penduduk Indonesia Masuk Kategori Usia Produktif pada Juni 2022. Retrieved from databoks.katadata.co.id: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/09/30/era-bonus-demografi-69-penduduk-indonesia-masuk-kategori-usia-produktif-pada-juni-2022

Melia, H. D. (2018). Pengaruh Iklim Komunikasi Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai. Koneksi, 441-448.

Mulyana, D. (2018). Komunikasi Organisasi (Strategi meningkatkan Kinerja Perusahaan). Bandung: Rosdakarya.

Nurlaela, E. (2022, December 6). Ternyata Ini Alasan Kenapa Milenial Sering Berpindah Tempat Kerja. Retrieved from Kumparan: https://kumparan.com/millennial/ternyata-ini-alasan-kenapa-milenial-sering-berpindah-tempat-kerja-1zNVmR4sKse/full

Silviani, I. (2020). Komunikasi Organisasi. Surabaya: PT. Scopindo Media Pustaka.

Simamora, H. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: SIE YKPN.

Wirawan. (2015). Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia: Teori Aplikasi dan Penelitian. Jakarta: Salemba Empat.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/komunikologi.v7i1.15550

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ahmad Abadi Saiful Hilal, Asep Suryana, Uud Wahyudin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING BY :

 

 

======================================

Published by :

Fakultas Ilmu Sosial UIN Sumatera Utara

Medan, Indonesia


Editorial Office :

Jl. Williem Iskandar Psr.V Medan Estate 20371


 

Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial by Program Studi Ilmu Komunikasi UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/KOMUNIKOLOGI/index