PENGGUNAAN KOMUNIKASI ISLAMI DALAM KUALITAS PELAYANAN PUBLIK

Fifi Hasmawati

Abstract


Abstrak

Penelitian  ini mengangkat permasalahan komunikasi islami dalam meningkatkan kualitas pelayanan pada lembaga publik. Tujuan penelitian ini  menjelaskan  adanya peranan komunikasi yang islami dalam peningkatan kualitas pelayanan publik. Penelitian ini dilakukan untuk menguji secara empirik dan menemukan fakta-fakta serta menguji secara ilmiah implikasi komunikasi yang islami dalam meningkatkan kualitas pelayanan pada lembaga-lembaga publik, dengan menggunakan  Prinsip-prinsip dari Komunikasi Islam dan  teori Pelayanan Publik. Metode penelitian yang digunakan adalah explanatory survey method, dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengguna atau konsumen dari lembaga publik. Lembaga publik dalam penelitian di wakil dari  yaitu sekolah  islam terpadu, UIN Sumatera utara , dan PT Taspen Persero  dikota Medan.  Penarikan sampel penelitian ini menggunakan teknik teknik  purposive sampling dan Cluster Random Sample, untuk menghitung ukuran sampel dari populasi  peneliti memakai  cara, cross sectional. Pengumpulan data penelitian  menggunakan angket yang dikumpulkan dari responden dengan ukuran sampel sebanyak 250 responden. Analisis data menggunakan analisi deskripsi Regresi Sederhana. Hasil penelitian terungkap bahwa adanya komunikasi yang islami dalam meningkatkan kualitas pelayanan pada lembaga publik. Konsep baru yang dikemukakan dari hasil penelitian ini, terungkap bahwa komunikasi yang  Islami sangat berpengaruh terhadap kualitas pelayanan pada lembaga publik di Kota Medan.

 

Abstract

This research raises the issue of Islamic communication in improving the quality of service in public institutions. The purpose of this study is to explain the role of Islamic communication in improving the quality of public services. the principles of the theory of Islamic Communication and Public Service. The research method used is an explanatory survey method, with a quantitative approach. The population in this study are all users or consumers from public institutions. The public bodies in this study were represented by Islamic boarding schools, UIN North Sumatra, and PT Taspen Persero in Medan City. Sampling of this study used purposive sampling technique and Cluster Random Sample, to calculate the sample size of the research population using cross sectional method. Collecting research data using a questionnaire collected from respondents with a total sample of 250 respondents. Data analysis using Simple Regression description analysis. The results of the study reveal that there is Islamic communication in improving the quality of services in public institutions. The new concept put forward from the results of this study revealed that Islamic Communication greatly influences the quality of service in public institutions in the city of Medan.


Keywords


Islamic Communication; Service Quality

Full Text:

PDF

References


Amir, Mafri. (1999) Etika Komunikasi Massa dalam pandangan Islam. Logo.

Muis.A. (2001). Komunikasi Islami. Remaja Rosdakarya.

Al-Rasyid, Harun. (1994). Dasar-dasar Statistik Terapan dalam Meningkatkan Pelayanan Publik, Penyunting Teguh Kismantoroadji, dkk. PPS-Unpad.

Al-Jauziyah (2011) Ibnu Qoyim Ighatsanu lahfan min Mushahidis Syetan, Kairo:tp, 1320 H, Juz 1.

Beekun. Rafik Issa (2004) Etika Bisnis Islam. Pustaka Pelajar.

Barry Berman dan Joel R. Evans,Retail Management (2007) A Strategic Approach, Tenth Edition. Pearson Prentice Hall.

Bhote, Keki R. (1996). Beyond Customer Satisfaction to Customer Loyalty. American Management Association.

Coleman, James S. (2008). Dasar-Dasar Teori Sosial. Nusa Media.

Drajat, Amroeni. (2008). Komunikasi Islam dan Tantangan Modenitas. Perdana Mulia Sarana

Duncan, Tom..(2005). Principles of Advertising & IMC, Second Edition. McGraw-Hill, Inc.

Donaldson, Dwight M. (1953). Studies in Muslim Ethics, London: S.P.C.K.

Edwar III, George C. (1980). Implementing Public Policy. Caongressional Quartery Press.

Faridhian A, Jane Evangelin, Syafira U.F.T. (2022) Commodifiaction Of Workers On Esports Athletes In Digital Sports Industry. Jurnal Untar. Vol. 14 No. 2 : Jurnal Komunikasi. DOI: https://doi.org/10.24912/jk.v14i2.17153

Rani P. Megasari Noer F. (2022). Ketika Fakta Bukanlah Kebenaran: Peran Media Daring dalam Amplifikasi Misinformasi Kesehatan di Era Pandemi Covid-19, Jurnal komunikasi UII. https://doi.org/10.20885/komunikasi.vol18., 2022,iss2.art4

Pepi Zulvia, Niko Dwi H,Anas Alrasyid P. (2022). Pengukuran Kepuasan Pelanggan Melalui Perbaikan Kualitas Informasi Di Kompas.Com. Vol. 26 No. 2. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, DOI: https://doi.org/10.17933/jskm.2022.4734




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/komunikologi.v7i1.15179

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING BY :

 

 

======================================

Published by :

Fakultas Ilmu Sosial UIN Sumatera Utara

Medan, Indonesia


Editorial Office :

Jl. Williem Iskandar Psr.V Medan Estate 20371


Creative Commons License

Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial by Program Studi Ilmu Komunikasi UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/KOMUNIKOLOGI/index