PENGGUNAAN KOMUNIKASI ISLAMI DALAM KUALITAS PELAYANAN PUBLIK
Abstract
Abstrak
Penelitian ini mengangkat permasalahan komunikasi islami dalam meningkatkan kualitas pelayanan pada lembaga publik. Tujuan penelitian ini menjelaskan adanya peranan komunikasi yang islami dalam peningkatan kualitas pelayanan publik. Penelitian ini dilakukan untuk menguji secara empirik dan menemukan fakta-fakta serta menguji secara ilmiah implikasi komunikasi yang islami dalam meningkatkan kualitas pelayanan pada lembaga-lembaga publik, dengan menggunakan Prinsip-prinsip dari Komunikasi Islam dan teori Pelayanan Publik. Metode penelitian yang digunakan adalah explanatory survey method, dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengguna atau konsumen dari lembaga publik. Lembaga publik dalam penelitian di wakil dari yaitu sekolah islam terpadu, UIN Sumatera utara , dan PT Taspen Persero dikota Medan. Penarikan sampel penelitian ini menggunakan teknik teknik purposive sampling dan Cluster Random Sample, untuk menghitung ukuran sampel dari populasi peneliti memakai cara, cross sectional. Pengumpulan data penelitian menggunakan angket yang dikumpulkan dari responden dengan ukuran sampel sebanyak 250 responden. Analisis data menggunakan analisi deskripsi Regresi Sederhana. Hasil penelitian terungkap bahwa adanya komunikasi yang islami dalam meningkatkan kualitas pelayanan pada lembaga publik. Konsep baru yang dikemukakan dari hasil penelitian ini, terungkap bahwa komunikasi yang Islami sangat berpengaruh terhadap kualitas pelayanan pada lembaga publik di Kota Medan.
Abstract
This research raises the issue of Islamic communication in improving the quality of service in public institutions. The purpose of this study is to explain the role of Islamic communication in improving the quality of public services. the principles of the theory of Islamic Communication and Public Service. The research method used is an explanatory survey method, with a quantitative approach. The population in this study are all users or consumers from public institutions. The public bodies in this study were represented by Islamic boarding schools, UIN North Sumatra, and PT Taspen Persero in Medan City. Sampling of this study used purposive sampling technique and Cluster Random Sample, to calculate the sample size of the research population using cross sectional method. Collecting research data using a questionnaire collected from respondents with a total sample of 250 respondents. Data analysis using Simple Regression description analysis. The results of the study reveal that there is Islamic communication in improving the quality of services in public institutions. The new concept put forward from the results of this study revealed that Islamic Communication greatly influences the quality of service in public institutions in the city of Medan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amir, Mafri. (1999) Etika Komunikasi Massa dalam pandangan Islam. Logo.
Muis.A. (2001). Komunikasi Islami. Remaja Rosdakarya.
Al-Rasyid, Harun. (1994). Dasar-dasar Statistik Terapan dalam Meningkatkan Pelayanan Publik, Penyunting Teguh Kismantoroadji, dkk. PPS-Unpad.
Al-Jauziyah (2011) Ibnu Qoyim Ighatsanu lahfan min Mushahidis Syetan, Kairo:tp, 1320 H, Juz 1.
Beekun. Rafik Issa (2004) Etika Bisnis Islam. Pustaka Pelajar.
Barry Berman dan Joel R. Evans,Retail Management (2007) A Strategic Approach, Tenth Edition. Pearson Prentice Hall.
Bhote, Keki R. (1996). Beyond Customer Satisfaction to Customer Loyalty. American Management Association.
Coleman, James S. (2008). Dasar-Dasar Teori Sosial. Nusa Media.
Drajat, Amroeni. (2008). Komunikasi Islam dan Tantangan Modenitas. Perdana Mulia Sarana
Duncan, Tom..(2005). Principles of Advertising & IMC, Second Edition. McGraw-Hill, Inc.
Donaldson, Dwight M. (1953). Studies in Muslim Ethics, London: S.P.C.K.
Edwar III, George C. (1980). Implementing Public Policy. Caongressional Quartery Press.
Faridhian A, Jane Evangelin, Syafira U.F.T. (2022) Commodifiaction Of Workers On Esports Athletes In Digital Sports Industry. Jurnal Untar. Vol. 14 No. 2 : Jurnal Komunikasi. DOI: https://doi.org/10.24912/jk.v14i2.17153
Rani P. Megasari Noer F. (2022). Ketika Fakta Bukanlah Kebenaran: Peran Media Daring dalam Amplifikasi Misinformasi Kesehatan di Era Pandemi Covid-19, Jurnal komunikasi UII. https://doi.org/10.20885/komunikasi.vol18., 2022,iss2.art4
Pepi Zulvia, Niko Dwi H,Anas Alrasyid P. (2022). Pengukuran Kepuasan Pelanggan Melalui Perbaikan Kualitas Informasi Di Kompas.Com. Vol. 26 No. 2. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, DOI: https://doi.org/10.17933/jskm.2022.4734
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/komunikologi.v7i1.15179
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Fifi Hasmawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEXING BY :
======================================
Published by :
Fakultas Ilmu Sosial UIN Sumatera Utara
Medan, Indonesia
Editorial Office :
Jl. Williem Iskandar Psr.V Medan Estate 20371
Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial by Program Studi Ilmu Komunikasi UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/KOMUNIKOLOGI/index