Pemanfaatan Media Instagram sebagai Alat Diseminasi Informasi Kegiatan Ekonomi Kreatif di Kota Palembang

Stefani Anindita Waraningtyas, Dadang Sugiana, Wawan Setiawan

Abstract


Abstrak

Media sosial menjadi alat penyebaran informasi yang dapat menjangkau masyarakat dimanapun dan kapanpun. Media sosial Instagram saat ini tidak hanya berfungsi sebagai wadah untuk mengunggah dan berbagi foto kepada pengguna lainnya namun kini Instagram mampu menyebarkan informasi sehingga memenuhi kebutuhan informasi penggunanya. Hal tersebut dimanfaatkan oleh Kota Palembang yang mendapatkan Penghargaan Kota Kreatif pada tahun 2019 oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia untuk menyebarkan informasi yang berkaitan dengan kegiatan Ekonomi Kreatif di Kota Palembang. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pemanfaatan Instagram sebagai alat diseminasi informasi kegiatan ekonomi kreatif di Kota Palembang dengan metode penelitian yaitu deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Instagram bermanfaat dnegan baik dan memanfaatkan fitur-fitur yang ada seperti Instagram Story dan Reels dalam menyebarkan informasi tentang kegiatan ekonomi kreatif di Kota Palembang ditunjukkan dengan keterlibatan pelaku ekonomi kreatif pada salah satu kegiatan ekonomi kreatif yaitu Beli Kreatif dan kenaikan omset para pelaku ekonomi kreatif setelah mengikuti kegiatan tersebut yang menjadi bukti adanya perolehan informasi bagi masyarakat Kota Palembang berkaitan dengan kegiatan ekonomi kreatif.

 

Abstract

Social media is a means of disseminating information that can reach people anywhere and anytime. Instagram social media currently not only functions as a place to upload and share photos with other users, but now Instagram is able to disseminate the information so as to meet the information needs of its users. This was utilized by the City of Palembang, which received the Creative City Award in 2019 from the Ministry of Tourism and Creative Economy of the Republic of Indonesia, to disseminate information related to Creative Economy activities in Palembang City. The purpose of this study was to determine the use of Instagram as a means of disseminating information on creative economic activities in the city of Palembang using descriptive research methods with a qualitative approach. The results of the study show that Instagram media is useful and makes use of existing features such as Instagram Stories and Reels in disseminating information about creative economic activities in the city of Palembang as indicated by the involvement of creative economy actors in one of the creative economic activities, namely Creative Buying and increasing the turnover of the creative economy actors after participating in these activities which is evidence of obtaining information for the people of Palembang City related to Creative Economic activities.


Keywords


Media Sosial; Ekonomi Kreatif; Kebutuhan Informasi

Full Text:

PDF

References


Cahyono, A. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat di Indonesia. Jurnal Publiciana, 140-157.

Damaiyanti, C., & Fatmawati, E. (2014). Pemenuhan Kebutuhan Informasi Pemustaka Nonkaryawan di Perpustakaan Bank Indonesia Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 1-9.

Dennis, M. (2011). Teori Komunikasi Massa McQuail. Jakarta: Salemba Humanika.

Gamble, T. K., & Gamble, M. (2012). Communication works. New York: McGraw-Hill Higher Education.

Gumilar, G. (2015). Pemanfaatan Instagram Sebagai Sarana Promosi Oleh Pengelola Industri Kreatif Fashion di Kota Bandung. Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi, 77-82.

Hootsuite. (2022). Indonesian Digital Report 2022. We Are Social.

Howkins, J. (2002). The Creative Economy: How People Make Money from Ideas. Penguin Books.

Kemenparekraf. (2020). Jejaring Nasional Ekonomi Kreatif Indonesia. Jakarta: Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Kemenparekraf. (2022). Tentang Beli Kreatif Sumatera Selatan. Retrieved from Beli Kreatif Sumatera Selatan: https://belikreatifsumateraselatan.belikreatiflokal.id/tentang-bkss/

Kriyantono, R. (2014). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Penerbit Kencana.

Kurniawati, W. D. (2016). Pemanfaatan Instagram oleh Komunitas Wisata Grobogan dalam Mempromosikan Potensi Pariwisata Daerah. Jurnal Komuniti, 127-143.

Landry, C. (2006). The Art of City-Making. London: Earthscan.

Novianti, E., Nugraha, A. R., Komalasari, L., Komariah, K., & Rejeki, D. S. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Dalam Penyebaran Informasi Program Pemerintah (Studi Kasus Sekretariat Daerah Kabupaten Pangandaran). Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 48-59.

Palembang, D. K. (2022, November 19). Pameran Beli Kreatif Sumatera Selatan. Retrieved from Dinas Pariwisata Palembang: https://www.instagram.com/p/ClJE602y1ho/?igshid=YmMyMTA2M2Y=

Rosana, D. (2022, November 19). Ratusan UMKM di Sumsel alami kenaikan omset ikuti program Beli Kreatif. Retrieved from Antara Sumsel: https://sumsel.antaranews.com/berita/685017/ratusan-umkm-di-sumsel-alami-kenaikan-omset-ikuti-program-beli-kreatif

SPADA. (2021, March 10). Kota Kreatif - SPADA INDONESIA. Retrieved from SPADA INDONESIA: https://lmsspada.kemdikbud.go.id/pluginfile.php/80212/mod_resource/content/1/20210310%20KOTA%20KREATIF%20LapKegKKL2013%20Merged.pdf

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Tjiptasari, F., & Ridwan, M. M. (2017). Kebutuhan Informasi Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pustakaloka, 57-68.

Yusup, P. M. (2010). Teori dan Praktik Penelusuran Informasi (Information Retrieval). Jakarta: Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/komunikologi.v6i2.13536

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING BY :

 

 

======================================

Published by :

Fakultas Ilmu Sosial UIN Sumatera Utara

Medan, Indonesia


Editorial Office :

Jl. Williem Iskandar Psr.V Medan Estate 20371


Creative Commons License

Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial by Program Studi Ilmu Komunikasi UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/KOMUNIKOLOGI/index