Strategi Komunikasi Organisasi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Pemerintah Kota Medan Dalam Pelaksanaan Keterbukaan Informasi Publik
Abstract
Abstrak
Tulisan ini menganalisis strategi komunikasi organisasi yang dilakukan PPID Pemerintah Kota Medan dalam melaksanakan keterbukaan informasi publik. Metodologi penelitiannya menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi partisipasi pasif, wawancara mendalam, dokumentasi dan triangulasi. Untuk menghasilkan data sampai jenuh diperlukan hingga 8 (delapan) orang informan yang terdiri dari seorang PPID Utama dan 7 (tujuh) orang PPID Pembantu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi organisasi yang dijalankan PPID Pemerintah Kota Medan telah dilakukan melalui penetapan PPID dan pemohon informasi sebagai komunikator sekaligus target sasaran serta menggunakan saluran dan media komunikasi secara langsung (tatap muka) maupun melalui surat, SIP-PPID, e-mail dan website, namun belum menggunakan media sosial serta belum dilakukan analisis kebutuhan khalayak dan teknis penyusunan pesan tertentu yang melibatkan partisipasi publik.
Abstract
This article to analyze the organizational communication strategies carried out by the Medan City Government PPID (Document and Information Management Officer) in implementing public information openness. The research uses a qualitative approach with data collection techniques of passive participation observation, in-dept interviews, documentation and triangulation. It takes up to 8 (eight) informants consisting of a Main PPID and 7 (seven) PPID Assistants to produce the data until it is saturated. The results show that the organizational communication strategy implemented by the PPID Medan City Government has been carried out through the stipulation of PPID and information requesters as communicators as well as targets have been using communication channels and media directly (face to face) or through SIP-PPID (Public Information System-PPID), e-mail and the website, however social media application, an anlysis of audience needs and technical preparation of cetain messages have not been carried over the public participation
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Cresswell, John W. (2016). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran Edisi Keempat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hardjana, Andre. (2019). Komunikasi Organisasi: Strategi Interaksi dan Kepemimpinan. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.
Kholil, Syukur. (2016). Metodologi Penelitian Komunikasi. Medan: Perdana Publishing.
Kriyantono, Rachmat. (2014). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Morissan. (2019). Riset Kualitatif. Jakarta: Prenadamedia Group.
Mulyana, Deddy. (2012). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Satori. D dan Komarian. A. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Katalog Dalam Terbitan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara. (2015). Sumatera Utara Bangkit: Mambangun Buday Kerja dengan Berbasis Nilai. Bekasi: Trustco.
Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik http://kip.sumutprov.go.id/?p=524. Diakses pada tanggal 20 Maret 2021, pukul 21.04 WIB.
Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 3 Tahun 2010 tentang Pedoman Pengelolaan Pelayanan Informasi dan Dokumentasi Kementerian Dalam Negeri dan Pemerintah Daerah.
https://komisiinformasi.go.id/?portfolio=permendagri-nomor-3-tahun-2017. Diakses pada tanggal 20 Maret 2021, pukul 21.17 WIB.
Peraturan Komisi Informasi Nomor 1 Tahun 2010 tentang Standar Layanan Informasi Publik. https://luk.staff.ugm.ac.id/atur/PerKI1-2010InformasiPublik.pdf. Diakses pada tanggal 20 Maret 2021, pukul 21.33 WIB.
Peraturan Komisi Informasi Nomor 5 Tahun 2016 tentang Metode dan Teknik Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik. https://ppid.ugm.ac.id/wp-content/uploads/sites/253/2018/08/29e4692eb1aeca8195287f7be1fc5b19ac412f37.pdf. Diakses pada tanggal 20 Maret 21, pukul 22.05 WIB.
Keputusan Wali Kota Medan Nomor 821.2/1079.K/XII/2017 tentang Standar Operasional Prosedur Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Pemerintah Kota Medan. https://www.sumutprov.go.id/images/SOP_PPID_PEMKO_MEDAN.pdf. Diakses pada tanggal 20 Maret 2021, pukul 22.15 WIB.
Keputusan Wali Kota Medan Nomor 182/1078.K/XII/2017 tentang Pengelola Layanan Informasi dan Dokumentasi (PLID) Pemerintah Kota Medan. https://sumutprov.go.id/images/SK_PLID_KOTA_MEDAN.pdf. Diakses pada tanggal 20 Maret 2021, pukul 22.40 WIB.
PPID Pemko Medan. “Laporan Kepuasan Masyarakat”. http://ppid.pemkomedan.go.id/survey-kepuasan. Diakses pada tanggal 23 Maret 2021, pukul 22.43 WIB.
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/komunikologi.v6i1.11638
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Ridha Harahap, Nurbani Nurbani, Dewi Kurniawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEXING BY :
======================================
Published by :
Fakultas Ilmu Sosial UIN Sumatera Utara
Medan, Indonesia
Editorial Office :
Jl. Williem Iskandar Psr.V Medan Estate 20371
Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial by Program Studi Ilmu Komunikasi UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/KOMUNIKOLOGI/index