PENGETAHUAN LOKAL NELAYAN TRADISIONAL DI DESA KOTA PARI KECAMATAN PANTAI CERMIN

Teti Rosalina, Sulian Ekomila

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk pengetahuan lokal yang digunakan oleh nelayan tradisional di Desa Kota Pari. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan metode penelitian etnografi dengan teknik pengumpulan data melalui observasi partisipasi, wawancara mendalam (indeep interview) dengan 9 orang informan, dokumentasi, dan setiap kegiatan penelitian diceritakan dalam bentuk catatan lapangan. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwasanya terdapat bentuk-bentuk pengetahuan lokal nelayan tradisional di Desa Kota Pari dalam melaksanakan aktivitas melaut yang meliputi pengetahuan sebelum melaut, sedang melaut, dan sesudah melaut. Adapun bentuk-bentuk pengetahuan sebelum melaut yaitu terlebih dahulu nelayan menentukan musim penangkapan, mempersiapkan alat tangkap dan transportasi berupa sampan serta yang terpenting membaca tanda-tanda bahaya dilaut. Berikutnya, pengetahuan saat melaut yaitu menentukan lokasi penangkapan yang terdiri dari lundang, beting, dan tuasan serta menyesuaikan teknik penangkapan yang terdiri dari melaboh dan melingkong setelah melaut nelayan akan menggunakan gala-gala untuk merawat sampan agar tetap awet.


Keywords


Pengetahuan Lokal, Nelayan Tradisional, Desa Kota Pari

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Amu, H., Salam, A., & Hamzah, S. N. (2016). Kearifan Lokal Masyarakat Nelayan Desa Olele. Nikè: Jurnal Ilmiah Perikanan dan Kelautan, 4(2), 38-44.

Budiyanti, D., Iskandar, J., & Partasasmita, R. (2018). Pengetahuan lokal nelayan tradisional Pangandaran, Jawa Barat,Indonesia tentang cara penangkapan ikan dengan jaring arad, jenis-jenis ikan yang ditangkap, dan penentuan musim penangkapan ikan.

Perikanan, K. K. (n.d.). https://statistik.kkp.go.id/. Retrieved from https://statistik.kkp.go.id/: https://statistik.kkp.go.id/home.php?m=nelayan&i=6

Pratama, O. (2020). Konservasi Perairan Sebagai Upaya menjaga Potensi Kelautan dan Perikanan Indonesia. Retrieved from https://kkp.go.id/djprl/artikel/21045-konservasi-perairan-sebagai-upaya-menjaga-potensi-kelautan-dan-perikanan-indonesia

Retnowati, E. (2011). Nelayan Indonesia dalam Pusaran Kemiskinan Struktural (Perspektif Sosial, Ekonomi, dan Hukum). Perspektif, 16(3), 149-159.

Rohman, F. A. (2022, July 10). Gramedia Blog. Retrieved from gramedia.com: https://www.gramedia.com

Rosni. (2017). Analisis Tingkat Kesejahteraan Masyarakat Nelayan di Desa. Jurnal Geografi, 9(1), 53-66.

Spradley. (2021). Metode Etnografi. Yogyarakarta: Tiara Wacana.

Steward, J. H. (1955). Theory of Culture Change. London: Univ of Illinois Pr.

Windasai, Said, M. M., & Hayat. (2021). Peran Pemerintah Daerah dalam Pemberdayaan Masyarakat Nelayan (Studi Kasus Kepulauan Masalembu Kabupaten Sumenep). JIP (Jurnal Inovasi Pendidikan), 2(3), 793-804.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/jisa.v6i2.15598

Copyright (c) 2023 Teti Rosalina, Sulian Ekomila

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by