Utilization of Digital Technology in Teaching Islamic Religious Education and Ethics
Abstract
Full Text:
PDFReferences
A., H., & Bau, R. T. R. L. (2023). E-Learning Sebagai Komplemen dalam Pembelajaran: Perwujudan Akselerasi Transformasi Digital dalam Pendidikan. Jurnal Studi Kebijakan Publik, 2(1), 69–79. https://doi.org/10.21787/jskp.2.2023.69-79
Aji, B., Kartika, I., Putri, C., Mahestra, R. R., Khasanah, S. U., Putri, L. A., & Industri, F. T. (2023). Mendekonstruksi Pendidikan Digital: Gunawan, G. (2020). Efektivitas Pembuatan Web Masjid Al Amri Medan Berbasis Mobile Dengan Teknologi 2.0. Indonesian Journal of Education and Mathematical Science, 1(1), 75-82.
Gunawan, S. P. I., Surianto, S. P., PMat, M., Dalmi Iskandar Sultani, S. P. I., Ridwan, A., Marisa, S., ... & Asrin, A. Fenomena Pendidikan Abad 21: Responsi dan Antisipasi Isu Memberdayakan Pendidikan Era Global (Vol. 1). Penerbit K-Media.
Murtopo, M., Gunawan, G., Sinaga, R., & Syaniah, D. (2022, December). Making Web-Based Digital Qur’an With Multi Language on The Foundation Mihhajus Sunnah Medan. In Proceedings of the First Jakarta International Conference on Multidisciplinary Studies Towards Creative Industries, JICOMS 2022, 16 November 2022, Jakarta, Indonesia.
Kurikulum the Output of Renewable Innovation is Progressing (OERIP) Sebagai Katalisator Transformasi Pendidikan Berbasis Riset dan Inovasi. Prosiding Seminar Nasional Kemahasiswaan, 1(1), 23–30. Retrieved from https://jurnal.fkip.unismuh.ac.id/index.php/prosidingunimbone/article/view/1449
Antoni, A. (2023). Konsep Aplikasi Mobile Pembelajaran Dan Media Sosial Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal CENDEKIA : Media Komunikasi Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Islam, 15(2), 374–384.
Anzika, M., & Alfurqan, A. (2022). Implementasi E-Learning dalam Pembelajaran PAI pada Masa Covid 19 di SMA Negeri 4 Pariaman. Islamika, 4(1), 1–20. https://doi.org/10.36088/islamika.v4i1.1449
Bechtryanto, I., Pardiman, & Basalamah, R. (2021). Kurikulum Merdeka: Peran Guru PAI Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Era Digital. Jurnal Reflektika, 13(1), 96–126.
Budiman, H. (2017). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2095
Fahrurrazi, F., Setia, S., & Jayawardaya, P. (2024). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD Melalui Metode Pembelajaran Interaktif. Bahasa Dan Budaya, 2(3), 101–110. Retrieved from https://doi.org/10.61132/semantik.v2i3.776
Fitriya, A. P., Rahmawati, N. D., Saadah, K., & Siswanto, J. (2024). Pemanfaatan Multimedia Interaktif Sebagai Inovasi Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas Iv Sekolah Dasar. NUSRA: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 5(3), 1516.
Haniefa, S. M., Mustofa, S. F., Hermawan, T., Studi, P., Agama, P., Islam, U., … Barat, P. J. (2024). Revolusi Digital dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam : Strategi dan Implikasi untuk Masa Depan. 2(2), 1456–1464.
Hanifah Salsabila, U., Rifki, M., Oktavianda, T., Fauzan Abid, D., & Dahlan, A. (2024). Integrasi Teknologi Pendidikan Agama Islam Dalam Kurikulum Merdeka. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 136–147. https://doi.org/10.61104/IHSAN.V2I1.133
Ika, Huddin, I. S., Sardi, & Ainun, S. (2022). Implementasi Pembelajaran E-Learning Pada Mata Pelajaran Pai Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di SDN Kademangan 02. El-Moona, 4(2).
Kadir Ahmad, A., Mardiwati Rahayu, K., & Lisnawati, S. (2023). Pembelajaran Berbasis E-Learning di Madrasah Dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan: Kasus MTsN AL AZHAR E-Learning Based Learning In Madrasah To Improve The Quality Of Education: The Case Of MTsN AL AZHAR. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 21(3), 275–287. Retrieved from http://jurnaledukasikemenag.org
Khoiriyatin, V. Z., & Rahmawati, A. D. (2024). Pemanfaatan Teknologi Informasi Untuk Meningkatkan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MI/SD. … Learning Journal …, 4(1), 236–245. Retrieved from https://ojs.cahayamandalika.com/index.php/teacher/article/view/2883
Kurniawanto, E. (2023). PEMANFAATAN TEKNOLOGI DIGITAL DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI CALON GURU SD. SISTEMA: Jurnal Pendidikan, 4(2), 63–73. https://doi.org/10.24903/SJP.V4I2.1599
Kusuma, J. W., Hamidah, H., Umalihayati, U., & Rini, P. P. (2024). Mengurai Benang Kusut Kebijakan Pendidikan Indonesia: Sebuah Literature Review Analitik. Jurnal Ilmiah Global Education, 5(2), 1810–1826. https://doi.org/10.55681/jige.v5i2.2772
Lisyawati, E., Mohsen, M., Hidayati, U., & Taufik, O. A. (2023). Literasi Digital Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada MA Nurul Qur’an Bogor. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 21(2), 224–242. https://doi.org/10.32729/edukasi.v21i2.1618
Mardiyah, N. A., Safira, V., & Saefudin, A. (2024). Sosial Media Ruang Belajar: Pemanfaatan Platform Digital, Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 3 Jepara. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1251–1260. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.913
Ningsih, E. P. (2024). Implementasi Teknologi Digital dalam Pendidikan: Manfaat dan Hambatan. EduTech Journal, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.62872/qbp1fg61
Nurqozin, M., & Putra, D. (2023). Pembelajaran Berbasis Media Digital dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Menengah Kejuruan Islam Terpadu Tebuireng III Indragiri Hilir Riau. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(4), 637–646. Retrieved from https://jurnaldidaktika.org
Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374
Rizkan. (2023). Dalam Mendukung Pelaksanaan Pembelajaran PAI Berbasis Digital Di SMP Negeri 5 Sibolga. Analysis: Journal of Education, 1(1), 119–133.
Salsabila, U. H., Ramadhan, P. L., Hidayatullah, N., & Anggraini, S. N. (2022). Manfaat Teknologi Dalam Pendididkan Agama Islam. TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 5(1), 1–17. https://doi.org/10.52166/talim.v5i1.2775
Sihotang, A., & Pohan, S. (2024). Implementasi Taksonomi Bloom dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk Membentuk Perilaku Teladan Siswa Pendahuluan. Jurnal Kependidika, 13(3), 3353–3364.
Ule, M. Y., Kusumaningtyas, L. E., & Widyaningrum, R. (2023). Studi Analisis Kemampuan Membaca dan Menulis peserta Didik Kelas II. Widya Wacana, 1(1), 1–28.
Wahyudi, D., Alfiyanto, A., Mailizar, M., Jannah, M., & Badaruddin, M. (2024). Sosial Media dan Pembelajaran Kolaboratif dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Tarbawiyah : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(1), 70. https://doi.org/10.32332/tarbawiyah.v8i1.8084
Yahya, A. (2022). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pendidikan Agama Islam. Jurnal Teknologi Dan Bisnis, 4(2), 155–162. https://doi.org/10.37087/jtb.v4i2.105
Yunita, S., Pratama, D. E., Silalahi, M. M., & Sembiring, T. (2023). Implikasi Teknologi Era Digital Terhadap Transformasi Pendidikan Di Siderejo Hilir Kacamatan Medan Tembung Sumatera Utara. Jurnal Darma Agung, 31(1), 745. https://doi.org/10.46930/ojsuda.v31i1.3083
Zam Zam Hariro, A., Rahmadani Harahap, N., Puspitasari, P., Ardiyani, F., Melisa, W., Juliani, J., … Tarbiyah dan Keguruan, F. (2024). Mengatasi Kesenjagan Digital dalam Pendidikan: Sosial dan Bets Practices. Bahasa Dan Ilmu Sosial, 2(4), 187–193. Retrieved from https://doi.org/10.61132/nakula.v2i4.954
Refbacks
- There are currently no refbacks.
_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________
Proceeding International Seminar and Conference on Islamic Studies (ISCIS)
Ruang Jurnal
Pascasarjana UIN Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia
Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"
ISCIS by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ISCIS/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.