Implementasi Layanan Mediasi Dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa
Abstract
Layanan mediasi menjadi hal yang sangat penting disuatu lembaga pendidikan, hal ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan madrasah menjadi lebih tertib kreatif. Dalam penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana implementasi layanan mediasi dalam meningkatkan kreativitas siswa Madrasah Aliyah Negeri 3 Medan. Hasil penelitian mendiksripkan bahwa layanan mediasi merupakan layanan konseling yang dilaksanakan konselor terhadap dua pihak atau lebih yang sedang dalam keadaan saling tidak menemukan kecocokan, dengan layanan mediasi juga secara tidak langsung sangat mendukung peningkatan kreatifitas siswa di MAN 3 Medan. Terdapat gambaran keberhasilan layanan mediasi dalam peningkatan kreatifitas siswa MAN 3 Medan diantaranya, gambaran keberhasilan dalam proses belajar yang kondusif, gambaran keberhasilan dalam menjalankan misi MAN 3 Medan.
Kata Kunci: Layanan Mediasi: Kreatifitas
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. (2003). Manajemen Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Hallen A. (2002). Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Ciputat Press.
Sihab. R.S. (2016). Kreativitas dalam Psikologi Pendidikan, https://sites.google.com/a/mhs.uinjkt .ac.id/rezafathurahman/kreativitas, diakses tanggal 13 Juli 2020.
Suhertina. (2008). Pengantar Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Suska Press.
Titin Indah Pratiwi. (2013). Modul PLPG Materi Bimbingan dan Konseling. Surabaya: Tim BK UNESA.
Tohirin. (2007). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Tohirin. (2013). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
Undang-Undang Republik Indonesia. (2009). Bandung: Citra Umbara
Refbacks
- There are currently no refbacks.