Gaya Hidup Perempuan Acehi Di Instagram

Hasan Sazali, Fakhrur Rozi, Fina Septiana

Abstract


Penelitian ini merupakan sebuah studi fenomenologi tentang bagaimana representasi gaya hidup perempuan Aceh yang terlihat di akun Instagram selebgram Soraya Ulfa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui fenomena selebgram di kalangan perempuan Aceh IDI Lhokseumawe dalam mempresentasikan gaya hidupnya mengenai konten food, fun dan fashion di Instagram. Data penelitian dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah akun Instagram @sorayaulfa15 yaitu selebgram dari Kota Lhokseumawe yang memiliki follower terbanyak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa informan mengetahui Instagram adalah media sosial yang paling banyak digunakan karena dapat memenuhi kebutuhan informasi pengguna. Informan juga mengetahui dan menguasai fungsi dari segala fitur Instagram dan merupakan pengguna aktif yang juga mengetahui dan mengikuti akun media sosial Instagram @sorayaulfa15. Informan sangat mengetahui mengenai konten apa saja yang terdapat pada akun media sosial Instagram Soraya Ulfa yang dapat mewakili representasi gaya hidup perempuan Aceh

Kata kunci: Fenomenologi, Instagram, Representasi, Selebgram


Full Text:

PDF

References


Danesi, iMarcel. 2012. iPesan, iTanda dan iMakna. iYogyakarta : iJalasutra.

Hall, iStuart. 1997. Culturali Identity and iDiaspora on iBooki of Representationi : iCultural iRepresentation and Signifyingi Practice. iLondon : Sage iPublicationi Ltd.

Kuswarno, iEngkus. 2009. Metodologi iPenelitiani iKomunikasi Fenomenologi iKonsepsi, iPedoman, dan iContohi iPenelitiannya. iBandungi : Widyai iPadjajaran.

Lestari, iDiajeng. 2013. iHijabpreneur. iJakarta : iQultum iMedia.

Mefita, S. dan iYulianto, M. iFenomena iGayai iHidup iSelebgrami (Studi Fenomenologi Selebgram Awkarin). Skripsii iFakultas Ilmu iSosiali dan iIlmui iPolitik Universitasi iDiponegoro, iSemarang.

Merina, iN. 2017. iData iPengguna Interneti di iIndonesiai Tahun 2016, iRiseti APJII.

Mills, iSara. 1995. iFeministi Stylistic. iLondoni : iRoutledge.

Moleong, iLexyi J. 2017. iMetodologi iPenelitiani iKualitatif. Bandungi : PT. Remaja Rosdakarya.

Nurhasanah, iSiti. 2009. iGayai iHidupi dalam iMasyarakat. iJakarta : iInfomedika.

Safril, iMubahi iAhmad. 2015. iIsu-Isu iGlobalisasii iKontemporer. iYogyakarta: iGrahai Ilmu.

Sheldon, iPavicai & iBryant, K. 2015. iInstagram: iMotivesi for its use and iRelationshipi to iNarcissismi and iContextuali Age. iComputersi in iHuman iBehaviour, iElsevieri Journal. Vol 58 (16) : 89-97.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.