Peranan Komunikasi Negosiasi Dalam Menyelesaikan Kredit Macet Di PT. BNI Syariah Cabang Medan

Ali Amran Tanjung, Sri Pratiwi

Abstract


Penggunaan komunikasi negosiasi pada dasarnya bukan hanya bisa digunakan oleh pihak kreditur sebagai lembaga peminjam tetapi perlu untuk digunakan juga oleh pihak debitur, agar keduanya mencapai kesepakatan yang saling menguntungkan melalui win-win solition maka dibutuhkan komunikasi negosiasi. Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan data tentang bagaimana komunikasi negosiasi menjadi sarana dan menjadi teknik komunikasi dalam menyelesaikan kredit macet di PT. BNI Syariah Cabang Kota Medan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah informan, teknik pengambilan informan menggunakan teknik snowball. Metode Pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari dua, yakni penelitian lapangan (Field Research) dan penelitian kepustakaan (Library research). Tindakan penyelesaian kredit macet dapat diselesaikan melalui beberapa langkah seperti yang telah disebutkan di atas, yakni; rescheduling, reconditioning ataupun restructuring. Penyelesaian masalah pada kredit macet paling tepat bentuk komunikasi yang digunakan adalah bentuk komunikasi empati, dan komunikasi persuasi

Full Text:

PDF

References


Abdul kadir, M. (2005). Lembaga Keuangan dan Pembiayaan. Bandung: Pt. Citra Aditya Bakti.

Anom, E. (2004). Komunikasi dalam Negosiasi Bisnis. Jurnal Komunikologi, 77-78.

Ardianto, S. P. (2009). Tujuh Pilar Strategi Komunikasi Bisnis. Bandung: Widya Padjajaran.

Covey, S. R. (1989). The Seven Habits of Highly Effective People. Newyork: Simon and Schuster.

Dewi, S. (2008). Komunikasi Bisnis. Yogyakarta: Andi Offset.

Fitriani, E. (2010). Analisis Penyelesaian Kredit Bermasalah Pada PT. BPR Supra Bandung. STIE Ekuitas Bandung, 7-8.

Foss, S. W. (2016). Encyclopedia of Communication Theory. Jakarta: Kencana.

Fuady, M. (2006). Hukum Perkreditan Kontemporer. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.

Spoelstra, M. a. (1996). Negotiation Theories, Strategies and Skills Second Edition. Juta: Co. Ltd.

Suyanto, T. (1995). Dasar-Dasar Perkreditan, edisi keempat. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.