Penggunaan Whatsapp Grup Dan Email Dalam Media Pembelajaran

Tonna Balya

Abstract


Awalnya internet dan media sosial digunakan sebagai sarana penunjang akademik diluar Proses belajar mengajar langsung (tatap muka). Namun saat ini adanya wabah pandemi Covid-19 yang melanda dunia termasuk negara Indonesia membuat proses belajar mengajar dialihkan secara daring (online) melalui grup whats app dan email. Begitu juga dengan proses belajar dan mengajar di kampus Universitas Potensi Utama Medan sejak medio Maret 2020 sudah menerapkan sistem pembelajaran daring dengan menggunakan portal Universitas Potensi Utama, grup whatsapp dan email untuk mendukung anjuran pemerintah dalam menerapkan social dan physical distance untuk mencegah penyebaran virus corona. Penelitian ini bertujuan untuk (a) mengetahui bagaimana pemanfaatan grup Whatsapp dan Email mahasiswa dalam pembelajaran (b) mengetahui tingkat literasi media sosial pada grup Whatsapp dan Email mahasiswa (c) untuk mengetahui kendala dalam memanfaatkan grup Whatsapp dan Email mahasiswa dalam media pembelajaran (d) untuk mengetahui bagaimana mengatasi kendala dalam memanfaatkan grup Whatsapp dan Email mahasiswa dalam media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik analisa deskriptif dan observatory participant. Penelitian kualitatif adalah tata cara penelitian yang menghasilkan data deskriptif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Desain Komunikasi Visual yang menjadi anggota grup whatsapp. Hasil dari penelitian ini diharapkan bermanfaat memberikan masukan mengenai pemanfaatan grup whatsapp dan email mahasiswa dalam media pembelajaran, mengetahui tingkat literasi mahasiswa, mengetahui kendala dan bagaimana mengatasi kendala dalam memanfaatkan grup Whatsapp dan Email mahasiswa dalam media pembelajaran.

Kata kunci: whatsapp grup, email, media pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Burhan Bungin, S.Sos, M,Si, Prof, Dr. H.M Penelitian Kualitatif Edisi Kedua, Kencana: Cetakan ke-9 Februari 2017. Jakarta.

Gubukmaya, 2013, pemanfaatan internet dan email, diakses tanggal 1 Juli 2020.

Mulyana, Deddy, 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Prajana, Andika. 2017, Pemanfaatan aplikasi WhatsApp dalam Media Pembelajaran di UIN AR Raniry, Jurnal Pendidikan Informasi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raniry, Banda Aceh, Oktober 2017.

Singarimbun, Masri, 1999. Metode Penelitian Survey. LP3ES Jakarta.

Sutopo, H.B. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif: Dasar Teori dan Terapannya Dalam Penelitian. Edisi -2. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Today line, 2020, dampak pandemi covid-19 di sektor pendidikan, diakses tanggal 1 Juli 2020.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.