Pengaruh Penggunaan Multimedia Animasi Untuk Meningkatkan Daya Ingat Terhadap Hasil Belajar Siswa

Siti Fatimah br Ginting, Joni Ahmad Syahputra, Hendra Zulfran

Abstract


Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada pembelajran sejarah kebudayaan Islam untuk meningkatkan daya ingat siswa dengan menggunakan multimedia animasi, mengetahui hasil belajar siswa pada sejarah kebudayaan Islam dengan menggunakan media visual gambar animasi bergerak dan mengetahui peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan multimedia animasi dengan siswa yang menggunakan media visual gambar diam. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode quasi experiment dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Miftahusalam Medan, tepatnya di jalan Darussalam, yang berjumlah 2 kelas dengan jumlah siswa 60 orang. Sampel penelitian ini diambil sebanyak dua kelas, yaitu kelas yang menggunakan multimedia animasi dan kelas yang menggunakan media visual gambar diam. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa soal pre test dan soal post test. Hasil pengolahan data penelitian ini diperoleh rata-rata hasil belajar siswa pada skor post test setelah menggunakan pembelajaran dengan multimedia animasi sebesar 85,74 dan rata-rata hasil belajar siswa pada skor post test setelah menggunakan pembelajaran dengan media visual gambar diam sebesar 75,00. Peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran dengan multimedia animasi sebesar 0,69, sedangkan peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran dengan media visual gambar diam sebesar 0,43. Kesimpulan penelitian ini bahwa peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan multimedia animasi lebih baik dari pada siswa yang menggunakan media visual gambar diam. 

Kata kunci: multimedia ,animasi, hasil belajar


Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada pembelajran sejarah kebudayaan Islam untuk meningkatkan daya ingat siswa dengan menggunakan multimedia animasi, mengetahui hasil belajar siswa pada sejarah kebudayaan Islam dengan menggunakan media visual gambar animasi bergerak dan mengetahui peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan multimedia animasi dengan siswa yang menggunakan media visual gambar diam. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode quasi experiment dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Miftahusalam Medan, tepatnya di jalan Darussalam, yang berjumlah 2 kelas dengan jumlah siswa 60 orang. Sampel penelitian ini diambil sebanyak dua kelas, yaitu kelas yang menggunakan multimedia animasi dan kelas yang menggunakan media visual gambar diam. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa soal pre test dan soal post test. Hasil pengolahan data penelitian ini diperoleh rata-rata hasil belajar siswa pada skor post test setelah menggunakan pembelajaran dengan multimedia animasi sebesar 85,74 dan rata-rata hasil belajar siswa pada skor post test setelah menggunakan pembelajaran dengan media visual gambar diam sebesar 75,00. Peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran dengan multimedia animasi sebesar 0,69, sedangkan peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran dengan media visual gambar diam sebesar 0,43. Kesimpulan penelitian ini bahwa peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan multimedia animasi lebih baik dari pada siswa yang menggunakan media visual gambar diam.

 

Kata kunci: multimedia ,animasi, hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2010). Media pembelajaran. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Asyhar, R. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi.

Djamarah, S.B. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Grivin M. W. (2009). Animasi dalam Media Pembelajaran. Jurnal Animasi Multimedia Pembelajaran, (1), 1-5.

Munadi, Y. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi.

Munir. (2012). Multimedia: Konsep dan Aplikasi dalam pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Nugroho P. S. (2011). Perancangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Untuk DasarDasar Pembuatan Animasi 2D Menggunakan Macromedia Flash MX 2004. Jurnal Dasi 12. (2), 50-53.

Rusman. (2013). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.

Sadiman, A. (2012). Media Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Suheri, A (2006). Animasi Media Pembelajaran. Jurnal Animasi Multimedia Pembelajaran. 2, (1), 27-33.

Wibawa, Basuki & Mukti, F. (1991). Media Pengajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.