Konten Edukasi Pengasuhan Anak Melalui Media Online Komunitas Parenting Keluargakita.Com

Swita Amallia Hapsari, Mutia Rahmi Pratiwi, Heni Indrayani

Abstract


Kehadiran media online menjadi salah satu cara mudahnya mengakses informasi guna memenuhi kebutuhan. Namun, kebutuhan orangtua untuk mendapatkan konten edukasi pengasuhan anak yang bisa didapatkan pada media online tidak banyak. Maka saat media online komunitas parenting muncul dan memberikan pemenuhan informasi tentang pengasuhan anak menjadi media yang dicari. Salah satunya yang disediakan oleh media online komunitas parenting KeluargaKita.com dengan berbagai konten dengan kategori usia anak 0 bulan hingga 18 tahun. Konten yang disajikan antara lain terkait dengan pola asuh pengawasan orangtua dengan kategori berdasarkan usia dan topik. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah literasi media digital, dimana media online sebagai wadah produksi kreatif menyampaikan informasi kepada publik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi dari konten website Keluargakita.com. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konten dalam website media online komunitas Keluargakita.com terbagi dalam hubungan reflektif, disiplin positif dan belajar efektif. Dalam tiga kanal topik yang ditampilkan memberikan edukasi seperti perhatian, pengawasan, kegiatan anak, pendekatan orangtua dan pengungkapan diri. Namun, website Keluargakita.com belum menyediakan forum secara online sehingga tidak terjalin interaktivitas antar anggota komunitas. Penelitian selanjutnya direkomendasikan untuk membahas mengenai pengalaman orangtua memanfaatkan media online komunitas parenting

Kata kunci: analisis konten, edukasi, komunitas parenting, literasi media digital



Full Text:

PDF

References


Afrilia, A. M. (2017). Penggunaan New Media Di Kalangan Ibu Muda Sebagai Media Parenting Masa Kini. Jurnal Komunikasi Dan Kajian Media, 1(1), 31–42. https://doi.org/10.31002 /JKKM.V1I1.389.

Dwi Puji, L. (n.d.). Ibu Milenial Cenderung Cari Informasi Parenting di Internet. Vivanews.co.id. https://www.viva.co.id/gaya-hidup/parenting/1189881-ibu-milenial-cenderung-cari-informasi-parenting-di-internet.

Fikri, C. (n.d.). Orami Luncurkan Aplikasi Parenting Berbasis Komunitas. Beritasatu.Com. https://www.beritasatu.com/digital/600084/digital/600084-orami-luncurkan-aplikasi-parenting-berbasis-komunitas.

Giantika, G. G. (2019). Pemanfaatan Blog Pribadi Di Instagram Sebagai Media Komunikasi Parenting (Studi Deskriptif Kualitatif Akun Instagram @annisast). Jurnal Komunikasi, 10(1), 1–9. https://doi.org/10.31294/jkom.v10i1.4707.

Koerner, A. F. (2006). Family Communication Pattern : A Social Cognitive Approach. In Theories Originating in Communication (Issue January). https://doi.org/10.4135 /9781452204420.n4.

Ludwianto, B. (n.d.). Riset: 64% Penduduk Indonesia Sudah Pakai Internet. Kumparan.Com. https://kumparan.com/kumparantech/riset-64-penduduk-indonesia-sudah-pakai-internet-1ssUCDbKILp.

Mauludi, S. (2018). Socrates Cafe : Bijak,Kritis & Inspiratif Seputar Dunia & Masyarakat Digital,UU ITE,hingga CyberCrime. Kompas Gramedia.

Mayring, P. (2014). Qualitative Content Analysis : theoretical foundation, basic procedures and software solution.

Sempurna, Y. (2019). Program Pendidikan Keluarga.

Tren Pola Konsumsi Media Di Indonesia Tahun 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.